Menghabiskan waktu untuk makan bersama keluarga atau orang terkasih menjadi momen menyenangkan bagi sebagian besar orang. Biasanya kamu akan memilih suatu restoran dengan menu yang kamu inginkan. Saat memesan makanan, kamu akan dihadapkan dua pilihan yakni dine in atau take away. Kedua istilah tersebut memiliki arti yang bertolak belakang. Dine in adalah makan di tempat dan take away artinya dibungkus. Ulasan kali ini akan membahas lebih lanjut terkait pengertian dine in, kekurangan, serta kelebihannya dalam sistem restoran. Simak informasi selengkapnya yuk!

Pengertian Dine In Adalah

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, dine in adalah istilah yang digunakan untuk makan di tempat. Dimana pelayan akan mempersiapkan meja untuk menghidangkan menu yang dipesan. Makanan yang dipesan ini akan disajikan di atas meja tamu. Selain itu, penyajian ini juga akan dilengkapi dengan peralatan makan, seperti sendok, garpu, dan tisu. 

Dari pengertian dine in di atas tentu kamu sudah paham bukan? Selanjutnya, mari kita bahas terkait kelebihan dan kekurangan dari dine in itu sendiri. Simak selengkapnya!

Kelebihan Dine In

Banyak dipilih orang saat memesan makanan, ternyata dine in memilih beberapa kelebihan yang dapat dirasakan oleh pengunjung. Kelebihan dine in adalah sebagai berikut:

BACA JUGA : 5 Kreasi Kekinian Masakan Tahu Ala Restoran

  1. Pembeli Tidak Perlu Repot Mencuci Alat Makan

Dine in memang secara singkat berarti makan di tempat. Pelayan akan mempersiapkan meja untuk menghidangkan menu yang sudah pembeli pesan sebelumnya lengkap dengan peralatan makan yang dibutuhkan. Ketika pembeli memilih untuk dine in, maka pembeli pun sudah tidak perlu repot lagi untuk mencuci alat makannya tersebut.

  1. Menawarkan Tempat Makan yang Lebih Menarik

Sebagian besar orang memutuskan untuk dine in adalah untuk mencari suasana baru. Selain menu makanan yang sangat bervariasi dengan cita rasa terbaik, makan secara dine in juga akan menciptakan atmosfer yang berbeda pada pembeli yang datang.  Oleh karena itu, pelaku usaha tempat makan harus bisa menyediakan tempat dengan suasana yang nyaman dan menyenangkan. Untuk apa? Tentunya, supaya pembeli bisa nyaman dan betah makan di tempat.

  1. Makanan dan Minuman yang Lebih Fresh

Kelebihan lain dari dine in adalah semua menu makanan dan minuman disajikan secara fresh. Bahkan, para pembeli pun bisa melihat proses pembuatan hingga penyajiannya di atas meja. Kelebihan ini tentunya akan sangat membuat pembeli merasa senang.  Karena, tidak hanya kualitas makanan dan minuman saja yang didapatkan, melainkan juga kualitas pelayanan yang memuaskan. 

Kekurangan Dine In

Selain memiliki banyak sekali kelebihan, konsep penjualan dine in juga memiliki beberapa kekurangan. Nah, berikut ini adalah beberapa kekurangan dine in yang perlu kamu ketahui. 

  1. Waktu Tunggu Pembeli 

Saat pelanggan memutuskan untuk dine in artinya pelanggan akan menghabiskan waktu tunggu lebih lama. Sehingga kamu harus menyesuaikan dengan ketersediaan tempat dan pelayan di restoran. Bayangkan saja, jika karyawanmu tidak mencukupi untuk memberikan pelayanan yang efisien, sehingga pesanan yang dipesan tidak kunjung datang atau mengalami keterlambatan. Semua itu tentu akan membuat pembeli merasa kecewa dan kesal. Bahkan, tidak sedikit pembeli yang memutuskan untuk meninggalkan tempat makan sebelum pesanannya datang.  Tentu kamu tidak menginginkan hal ini terjadi bukan? 

  1. Waktu Makan yang Terlalu Lama

Yang satu ini merupakan salah satu dari kekurangan sistem dine in yang sering terjadi. Resiko dari dine in adalah pelanggan akan menikmati makan dan minum di tempat, ini bisa memakan waktu yang sangat lama, berjam-jam atau bahkan seharian penuh. Apalagi jika restoranmu didukung dengan akses wifi dan tempat yang nyaman untuk mengerjakan tugas atau belajar. Tentunya ini akan membuat tempatmu penuh dan mengurangi peluang mendapatkan pelanggan baru.

  1. Tempat Menjadi Kotor

Selain waktu tunggu pembeli dan waktu makan yang terlalu lama, ternyata masih ada kekurangan lain dari dine in lainnya, yakni tempat makan menjadi kotor. Hal ini tentunya sudah sangat wajar terjadi. Perlu memberikan awareness kepada pengunjung untuk menjaga kebersihan. Begitu pula dengan karyawan di tempatmu harus selalu peka dan menjaga kebersihan. Agar pengunjung selalu nyaman dan betah untuk menyantap makanan mereka di restoranmu.

Saat ini, sistem restoran dengan layanan dine in dapat lebih efisien dan efektif dengan bantuan sistem aplikasi yang menjadikan proses pemesanan, penerimaan order, proses memasak, hingga pembayaran dapat menjadi rangkaian sistem yang cepat, mudah, dan praktis. Salah satunya dengan ESB Order yang merupakan teknologi pemesanan untuk dine in, take away, hingga delivery yang sangat efisien serta mampu memberikan kenyamanan langsung kepada pelanggan. ESB Order mempermudah pelanggan melakukan pemesanan dalam rangkaian proses yang sangat cepat. Pemesanan dan pembayaran dapat dilakukan secara digital dengan aman.

Leave a comment