Bukan hanya berdasarkan hoki alias keberuntungan, faktor keberhasilan wirausaha pun dipengaruhi oleh berbagai macam hal. Siapapun dapat berhasil dan memiliki kesempatan yang sama untuk memperolehnya, bergantung pada pribadi masing-masing. Namun tanpa mengetahui faktor-faktor yang dapat menentukan keberhasilan usaha, kamu akan kesulitan dalam menentukan keputusan untuk usahamu.

Sebagai pengusaha kuliner dengan persaingan yang ketat, fisik dan mentalmu harus terlatih untuk terus konsisten dan berkembang. Sehingga bisnis yang kamu geluti pun dapat bersaing dan mendapat kepercayaan masyarakat. Adapun faktor-faktor yang dapat menentukan keberhasilan usaha adalah sebagai berikut:

1. Niat yang Kuat

Sebelum memulai suatu usaha, pastikan hati dan pikiranmu mantap untuk memilihnya. Niat yang bulat tanpa goyah sedikitpun merupakan hal dasar sebelum memulai usaha, termasuk usaha kuliner. Sebab ketika kamu memutuskan untuk memulai usaha, akan ada banyak rintangan dan godaan yang siap menggoyahkan tekadmu.

BACA JUGA : 3 Cara Praktis Membuat Menu Digital untuk Bisnis Kuliner

Jika telah memiliki niat yang kuat, permasalahan yang sedang kamu jalani pun akan menemukan jalan keluar. Kamu tak mudah banting setir atau berkecil hati ketika usaha yang kamu jalankan tidak sesuai ekspektasi.

2. Modal yang Mumpuni

Modal dalam membuka usaha bukan hanya uang, tapi juga ilmu pengelolaannya. Tentu kamu tidak akan membuka usaha nastar sementara kamu sama sekali tidak memiliki keahlian dan kemampuan dalam membuat kue, bukan?

Selain itu, jangan sampai terlewat hal detail di luar produksi seperti pengelolaan bahan, laporan keuangan, dan pelayanan konsumen. Untuk mempermudah tugas tersebut, kamu dapat menggunakan POS Lite by ESB yang dapat kamu andalkan. Sehingga kamu pun dapat fokus mengembangkan usaha yang kamu geluti.

3. Gigih dan Tekun

Dalam menjalankan suatu usaha, konsisten dalam melakukan sesuatu adalah kuncinya. Baik dalam pemasaran, pengembangan produk baru, maupun dalam proses produksi. Kamu pun tetap menjalankan usaha meski terkadang sedang sepi pembeli atau bahkan merugi karena bahan baku sudah basi.

Pastikan juga untuk terus melakukan pembaruan dan perbaikan pada usaha yang sedang kamu jalankan. Sehingga konsumen pun akhirnya mengetahui dan menyadari bahwa bisnismu pun patut untuk diperhitungkan.

4. Berani Ambil Resiko

Salah satu kesalahan pemilik usaha adalah tak berani mengambil resiko untuk bisnis yang sedang dijalankan. Kegagalan menjadi momok yang sangat dihindari pengusaha, sehingga mereka memilih untuk ada pada zona aman tanpa gangguan.

Namun bukan berarti langsung mengambil resiko tanpa memperhitungkannya terlebih dahulu. Sebelum mengambil resiko, pastikan kamu telah memahami strategi dan tantangan yang akan kamu hadapi.

5. Pintar Mengambil Peluang

Salah satu keahlian yang harus kamu miliki sebagai pengusaha adalah kemampuanmu dalam melihat suatu peluang usaha berdasarkan keadaan, tren, dan kebutuhan masyarakat. Bahkan kamu pun bisa merubah tantangan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Pada masa pandemi yang merubah gaya hidup masyarakat ini misalnya, kamu bisa memberikan kemudahan pada konsumen untuk memesan makanan lewat masing masing hp konsumen melalui Ayo Makan . Dengan menggunakan ESB Order, maka restoranmu bisa memiliki resto online sendiri. Pelanggan pun lebih praktis dan nyaman dalam memesan makanan favorit mereka.

6. Jaringan Luas

Faktor terakhir yang menentukan keberhasilanmu dalam berusaha adalah luasnya jaringanmu, khususnya jaringan pemasaran. Sebagai pemilik bisnis kuliner, kamu bisa membangun relasi dengan pemilik toko oleh-oleh, influencer, maupun pemilik restoran untuk saling berkolaborasi dengan produkmu. Dengan begitu, produkmu pun semakin dikenal oleh masyarakat luas dan tentunya menghasilkan pundi-pundi rupiah. Kamu pun dapat mendapatkan bahan baku yang murah dan berkualitas serta pengembangan produk untuk usahamu.

Setelah mengetahui faktor keberhasilan wirausaha, apakah kamu semakin yakin dan bersemangat dalam menjalani bisnismu?

Leave a comment