Menjalankan bisnis F&B bagi seorang pemula memang tidak bisa dikatakan mudah. Banyak hal yang harus diperhatikan, mulai dari rencana awal hingga implementasi kedepannya. kamu perlu mengetahui berbagai faktor penyebab kegagalan wirausaha yang rawan terjadi terutama bagi seorang pemula. Ini dia yang harus kamu hindari!

Faktor Penyebab Kegagalan Wirausaha

  1. Kerja tim yang tidak berkembang

Kerja tim atau team work yang dimaksud adalah termasuk pimpinan, karyawan, maupun mitra bisnis. Saat bisnis sudah tumbuh, seringkali hanya fokus pada meningkatkan omzet namun lupa terhadap perkembangan team work. Sehingga semuanya kurang manajemen yang baik seperti kurangnya pembagian tanggung jawab yang jelas, tidak satu visi dan misi, gagal komunikasi, dan masih banyak lagi. Padahal hal ini bisa menjadi faktor penyebab kegagalan wirausaha di waktu mendatang.

  1. Pengelolaan keuangan yang buruk

Fokus terhadap strategi dan marketing untuk meningkatkan penjualan membuat lupa bahwa ada keuangan bisnis yang harus dikelola dengan baik. Sejak awal tidak memikirkan manajemen keuangan yang tepat mulai dari alur masuk-keluar keuangan, aset, dan utang-piutang antar mitra bisnis. Jika dibiarkan ini bisa menjadi faktor penyebab kegagalan wirausaha, bahkan bisa membuat bisnis mengalami kemunduran secara perlahan.

BACA JUGA : Faktor Penyebab Kegagalan Wirausaha F&B Pemula

  1. SOP tidak jelas

SOP atau Standard Operational Procedure merupakan pedoman dalam aspek operasional dan manajemen yang harus diperhatikan oleh semua pihak yang terlibat. SOP yang kurang jelas akan membuat operasional berantakan setiap harinya. Manajemen jadi tak terarah. Jangan sampai terjadi ya!

  1. Tidak menjaga mutu dan kualitas rasa

Bisnis F&B tentu tidak bisa dipisahkan dengan mutu dan kualitas makanan yang dijual. Termasuk di dalamnya adalah rasa maupun kebersihan. Sebagai wirausaha bisnis, kamu harus memperhatikan ini untuk menjaga loyalitas pelanggan. Kurangnya aspek ini pada usahamu akan menyebabkan konsumen yang semakin berkurang dari waktu ke waktu.

  1. Monoton tanpa inovasi

Jangan sampai membuat pelangganmu bosan dan beralih ke yang lainnya. Ingat bahwa persaingan di bisnis ini sangat ketat dan dinamis. Perlu inovasi dan kreativitas untuk menciptakan menu atau situasi baru demi  mencegah kebosanan konsumen. Jangan malas untuk mencari inovasi dan mempelajari hal baru agar bisnis kamu terus tumbuh, ya!

  1. Kesalahan pemilihan menu 

Menjalankan bisnis F&B tentu harus menentukan menu makanan atau minuman apakah yang akan dijual. Ini menjadi hal penting dalam mencegah kegagalan wirausaha. Menu yang menurut kamu “OK” belum tentu sesuai dengan pasar kamu loh. Jadi survey dan pertimbangan matang akan sangat perlu dilakukan dalam menentukan menu. Jangan lupa untuk selalu terbuka terhadap saran ya!

  1. Rencana bisnis yang tidak matang

Hal mendasar namun bisa dikatakan menjadi hal yang sangat penting, yaitu rencana bisnis. Faktor penyebab kegagalan wirausaha yang utama salah satunya adalah gagal merencanakan bisnis dengan tepat dan matang. Tanpa perencanaan di awal, suatu bisnis akan berumur pendek dan susah tumbuh. Hal ini karena bisnis jadi tidak punya langkah dan arah yang jelas. 

Itu dia ke 7 faktor penyebab kegagalan wirausaha yang seringkali terjadi. Saat ini urusan operasional dan manajemen bisnis semakin dimudahkan dengan adanya sistem terkomputerisasi yang akan menjadikan kegiatan bisnis kamu menjadi lebih efektif, efisien, dan praktis.

ESB lewat ESB Order dan ekosistem turunannya, menyediakan Teknologi Restoran yang memudahkan kamu mengelola bisnis F&B dengan tepat. Teknologi software yang terintegrasi khusus untuk operasional bisnis Food and Beverage, baik restoran, cloud kitchen, warung makan, dan perhotelan. Ekosistem teknologi terlengkap yang terintegrasi, akan memberikan solusi kepada pebisnis F&B. Jadi tunggu apalagi?!

Leave a comment