Berpuasa seharian seringkali membuat orang kalap menyantap makanan berlebihan saat berbuka. Alih-alih jam makan berkurang, justru berat badan menjadi semakin tak terkontrol karena asupan makanan yang tidak terkendali.

Meski sedang berpuasa, kamu tetap bisa menjalankan program diet dengan sehat dan aman lho! Salah satu upaya yang bisa kamu lakukan adalah mengonsumsi menu yang rendah kalori namun tetap kaya akan gizi untuk memenuhi kebutuhan tubuhmu. Berikut adalah beberapa menu diet saat puasa yang bisa kamu konsumsi untuk sahur maupun berbuka ketika berpuasa!

Menghabiskan waktu Bulan Ramadhan di Ibukota Jakarta memang memiliki sensasi tersendiri. Jakarta Timur menjadi salah satu bagian dari ibukota yang dirindukan aka suasana metropolitan dan destinasi kulinernya. Banyak sekali tempat yang bisa kamu kunjungi untuk berbuka puasa di Jakarta Timur. Bukan hanya urusan kuliner, kamu bisa menemukan tempat yang instagramable untuk mendapatkan memori manis sekaligus keren. Berikut 5 tempat buka puasa yang bisa kamu kunjungi saat buka puasa nanti!

  1. Boga Kitchen Cipinang

Kalau kamu sedang berkunjung ke Jakarta Timur, kamu bisa menikmati varian olahan menu khas jepang seperti aneka sushi dan nasi katsu. Kamu bisa datang ke Jl. Jend. Basuki Rachmat No.6b, RW.6, Cipinang Muara, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, untuk menikmati kuliner khas jepang dengan harga miring. Boga Kitchen Cipinang juga menyediakan kemasan rice bowl dengan harga ekonomis untuk menu buka puasa kamu lho! Apalagi jika kamu pencinta daging, beberapa varian olahan daging dan bumbu spesial restoran bisa memanjakan lidahmu setelah seharian berpuasa.

Yang menarik, Boga Kitchen Cipinang sudah menggunakan teknologi restoran yang canggih dari ESB. Hal ini memungkinkan kamu bisa memesan makanan di Boga Kitchen Cipinang secara online melalui ESB Order, lho. Dengan ESB Order, kamu bisa menikmati makanan dengan nyaman di rumah bersama orang-orang kesayanganmu. Untuk melakukan pemesanan online kamu bisa mengunjungi web resminya di sini.

  1. Pochajjang Rawamangun

Pochajjang Rawamangun merupakan restoran all you can eat ternama di daerah Jakarta Timur. Ketika kamu berkunjung ke restoran ini, kamu bisa menikmati berbagai menu olahan grill yang sangat bervariasi. Sebenarnya restoran Pochajjang sendiri memiliki beberapa cabang di Indonesia. Bila kamu berada di daerah Jakarta Timur, Pochajjang Rawamangun adalah salah satu rekomendasi cabang Pochajjang yang bisa dikunjungi sebagai tempat berbuka puasa. Desain interior restoran ini sendiri didominasi dengan warna merah dan putih yang sangat nyaman.

Bukan hanya hidangan grill, kamu juga bisa menikmati aneka varian side dish seperti sayur-sayuran dan berbagai dessert yang lezat untuk dinikmati. Semua varian disini dapat dinikmati sepuasnya selama 90 menit. Selain paket all you can eat, Pochajjang juga menyediakan menu a la carte seperti beragam jenis dosirak (lunch box) hingga ramyeon. Harga yang ditawarkan juga relatif terjangkau untuk restoran all you can eat, yakni berkisar Rp. 100.000 hingga Rp. 200.000 per orang. Kamu bisa berkunjung ke Jl. Balai Pustaka Timur No. C5, Rawamangun, Jakarta Timur, untuk agenda berbuka puasa di Pochajjang Cabang Rawamangun.

  1. Riung Tenda

Nama Riung Tenda selalu menjadi destinasi warga Jakarta Timur yang merindukan makanan khas Sunda dengan beragam variasi menu. Adapun menu yang dijual di sini antara lain gurame bakar, cumi bakar, sop buntut, mendoan, dan otak-otak. Riung Tenda menyediakan tempat yang cukup luas sehingga bisa untuk kumpul keluarga dalam jumlah cukup besar. Selain itu, harga makanan di sini juga tidak terlalu mahal, sekitar Rp 50.000 – 100.000 per orang, jadi kamu tak perlu khawatir! Nah, kalau kamu ingin berkunjung ke sini, kamu bisa datang ke Riung Tenda di Jl. Balai Pustaka Timur No. 2, Rawamangun, Jakarta Timur.

  1. Abunawas Restaurant

Bulan Ramadhan seringkali identik dengan agenda berbuka puasa bersama kerabat dan sanak saudara. Kalau kamu menginginkan berbuka dengan menu khas Timur Tengah, sepertinya Restoran Abunawas sangat tepat untuk menjadi destinasi pilihan. Bukan hanya menu makanan khas Timur Tengah, suasana dan desain interior restoran ini juga disusun sedemikian rupa sehingga kamu bisa merasa sedang di Arab Saudi lho! Menarik bukan? Adapun menu yang paling banyak dipesan di salah satu tempat buka puasa di Jakarta Timur ini adalah Lahm/Samak-Mashwi Maqli (daging kambing/ikan goreng).

Restoran yang berlokasi di Jalan Matraman No. 15, Jakarta Timur ini juga menawarkan harga yang relatif terjangkau untuk suasana dan kualitas masakan yang diberikan, yakni sekitar Rp 100.000 hingga Rp 200.000 per orang.

  1. Bale Bengong Seafood Resto

Restoran yang spesial menjual menu olahan seafood ini berada di Jl. Angkasa, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Cocok sekali dijadikan destinasi untuk berbuka puasa bersama keluarga ataupun rombongan besar. Makanan yang tersedia juga cukup beragam dengan bahan utama dari laut yang segar. Menu spesial yang best seller menjadi favorit pelanggan adalah Gurame Dua Rasa dan Udang Telur Asin. Restoran ini tak jarang dipenuhi pengunjung mengingat lokasinya yang dekat dengan Bandara Halim Perdanakusuma.

Nah, 5 rekomendasi tempat di atas pas banget buat kamu menyusun agenda buka puasa bersama orang terkasih. Jangan lupa mengambil potret di spot terbaik agar memorimu terekam dengan baik. Jika kamu tidak sempat makan di tempat kamu bisa take away ataupun delivery agar bisa menikmati makanan di rumah. Cukup melalui ponsel, kamu bisa menemukan berbagai varian menu buka puasa yang kamu suka dengan mudah!

Leave a comment