Idul Adha sebagai salah satu perayaan hari raya umat Muslim di Indonesia yang seringkali dihabiskan dengan kumpul bersama keluarga. Layaknya hari raya, tentu ada beberapa menu olahan makanan yang menjadi hidangan khas untuk kerabat tercinta. Berikut beberapa daftar makanan favorit khas Idul Adha di Indonesia yang bisa kamu coba!

  1. Gulai

Gulai kambingsumber : Asian Food Network

Siapa yang tidak mengenal menu makanan satu ini? Gulai adalah salah satu makanan yang tersebar luas dan mudah ditemukan di Indonesia. Gulai bisa diolah dengan beberapa ragam jenis, yang terkenal yaitu gulai ayam, gulai kambing dan juga gulai sapi. Santapan ini merupakan masakan yang bahan utamanya daging atau sayuran dengan bumbu yang kaya rempah-rempah. 

Saat proses pembuatannya, gulai terbuat dari bumbu berbahan dasar rempah-rempah yakni, kunyit, ketumbar, lada, lengkuas, jahe, cabai merah, bawang merah, bawang putih, adas, pala, serai, kayu manis, dan juga jintan. Semua rempah-rempah itu dihaluskan, dicampur dan ditumis, kemudian dimasak dengan santan.

Selain daging sebagai bahan utama, gulai bisa juga menggunakan sayuran seperti nangka muda dan daun singkong. Gulai sendiri memiliki ciri khas pada bumbu dan kuahnya yakni berwarna kuning hasil dari kunyit yang memberikan cita rasa gurih serta lezat. Saat ini, banyak beberapa kreasi gulai yang sudah ada antara lain, gulai ikan, gulai jeroan, dan berbagai gulai lainnya. Tentunya setiap gulai memiliki cita rasa yang berbeda. 

BACA JUGA : Bisnis Franchise Makanan Terlaris di Bawah 5 Jutaan

  1. Sate 

Sate kambing sebagai makanan idul Adhasumber : Qraved

Sate adalah makanan yang dipotong kecil-kecil terbuat dari daging dan ditusuk dengan tusukan sate yang terbuat dari bambu atau lidi, dan menjadi makanan yang sangat populer dan disukai baik oleh orang Indonesia maupun mancanegara.

Biasanya sate terbuat dari daging sapi, ayam, kambing, domba, sapi, kelinci, atau domba. Daging yang telah ditusuk-tusuk kemudian dibakar di atas arang yang membara. Biasa dinikmati dengan olahan saus kacang, dimana kacang-kacang yang telah digoreng, dilembutkan, dan diberi air serta bumbu-bumbu lainnya. Selain saus, sate dilengkapi dengan acar dan irisan bawang merah, mentimun, dan serta cabe rawit. Sate dapat dimakan dengan nasi hangat atau di beberapa tempat biasanya disajikan dengan lontong atau ketupat.

Menu sate kambing atau sapi seringkali disajikan sebagai makanan Idul Adha keluarga. Masyarakat Indonesia biasa membakar sate beramai-ramai sebagai ajang menghabiskan waktu bersama. Selagi masih hangat, sate yang baru saja matang bisa langsung dinikmati dengan cocolan saus kacang. Mantap bukan?

  1. Tongseng

Tongseng sapisumber : Piknikdong

Ada yang tahu tidak menu olahan tongseng itu apa? Alasan penamaan tongseng itu sendiri karena masakan ini dibuat dengan cara menggongseng daging kambing yang dicampur dengan kecap, bumbu, irisan tomat, dan kubis. Layaknya beberapa menu olahan kambing lainnya, tentunya menu ini juga tidak kalah pamor untuk dinikmati sebagai makanan Idul Adha bersama keluarga.

Seperti menu Indonesia lainnya, tongseng juga diperkaya dengan bumbu rempah-rempah yang kuat dan sedap. Di beberapa wilayah, tongseng juga bisa diolah dari daging sapi, agar bisa dinikmati oleh masyarakat yang tidak menyukai daging kambing. Asam pedas khas cita rasa tongseng tidak boleh kamu lewatkan di Idul Adha ya!

  1. Rawon

Rawonsumber : TIKTAK.ID

Rawon dikenal sebagai masakan khas Jawa Timur. Selain itu, rawon juga dikenal pula oleh masyarakat Jawa Tengah sebelah timur (daerah Surakarta). Rawon sendiri adalah masakan tradisional dari Indonesia yang berupa sup daging dengan kuah yang berwarna hitam pekat sebagai campuran bumbu khas yang mengandung kluwek. Kluwek inilah yang menjadi sumber warna hitam pada rawon.

Pada umumnya rawon disajikan dengan sesuai selera masing-masing. Bagi yang menyukai cita rasa pedas, rawon bisa disajikan dengan rasa yang pedas. Rawon juga sudah dimodifikasi sedemikian rupa. Tetapi hanya satu yang tidak akan diubah dari makanan rawon itu sendiri yakni harus menggunakan daging sapi (khusus untuk rawon) atau bagian buntut sapi dan tidak pernah diganti dengan daging ayam atau ragam sari laut lainnya.

Rawon biasanya disajikan bersama dengan nasi dan tambahan sambal rawon. Sebagai tambahan, rawon tidak akan pernah lengkap tanpa bahan-bahan seperti tauge pendek, bawang goreng, telur asin dan tidak ketinggalan yaitu kerupuk, baik kerupuk udang maupun kerupuk putih. 

  1. Rendang

Rendang Sapisumber : detikFood

Wah, ini dia idola masakan Indonesia! Pamornya yang sudah melanglang buana hingga luar negeri, tidak boleh ketinggalan di meja makan saat Idul Adha nanti! Rendang merupakan masakan daging yang asalnya dari Minangkabau. Masakan ini merupakan hasil dari proses memasak suhu rendah dalam waktu yang cukup lama dengan menggunakan aneka rempah-rempah dan santan. Proses memasaknya pun memakan waktu berjam-jam lho!

Yang spesial, dalam suhu ruangan, rendang bisa bertahan hingga berminggu-minggu, sehingga sangat cocok untuk oleh-oleh atau stok di rumah. Di Indonesia sendiri ada banyak jenis dan cara memasak rendang. Hal itu tergantung pada selera masing-masing daerah. Biasanya, makanan satu ini akan dihidangkan bersama dengan sate kambing dan juga nasi hangat.

Nah, itu dia 5 makanan favorit olahan daging yang biasa ada di perayaan Idul Adha. Kamu bisa memilih salah satu atau bahkan semuanya sebagai santapan bersama keluarga. Jangan khawatir, selama kamu di Indonesia, bahan-bahan untuk membuatnya pun sangat mudah ditemukan di pasaran. Sehingga, kamu bisa membuat resepnya sendiri di rumah. Jika tidak sempat, menu-menu tersebut juga cukup mudah ditemukan. Selamat mencoba!

Leave a comment