Makanan tidak sehat ternyata sering kali dijumpai. Baik anak – anak hingga orang dewasa pun terkadang kerap kali mengkonsumsinya. Namun, rupanya hal tersebut memang tidak baik bagi kesehatan tubuh manusia.

Makanan yang enak dan memiliki cita rasa lezat menjadi pilihan bagi semua orang, terlebih lagi bagi para pecinta kuliner tentu tidak akan melewatkannya. Akan tetapi, khusus Anda yang hobi makan makanan kuliner harus menghindari makanan yang justru tidak sehat.

Kali ini kami sudah merangkum beberapa dari ciri – ciri makanan yang tidak sehat, lengkap dengan contoh makanannya serta dampak bagi kesehatan yang bisa menyerang siapa saja.

Ciri – Ciri Makanan Tidak Sehat

Ciri makanan tidak sehat

Sumber : Zurich Indonesia

Untuk menghindari risiko penyakit dan bahaya lainnya dari mengonsumsi makanan tidak sehat memang menjadi perhatian khusus.

BACA JUGA : 6 Resep Nasi Goreng yang Bikin Ketagihan

Berikut ini ada ciri – ciri dari makanan yang tidak sehat, di antaranya adalah sebagai berikut :

  • Warna Makanan Cenderung Mencolok

Warna pada makanan yang begitu mencolok ini menandakan adanya zat pewarna makanan dalam jumlah yang sangat banyak. Zat pewarna ini biasanya digunakan untuk memberikan warna pada makanan.

Selain itu juga, pewarna makanan ini mengandung tekstil, seperti halnya rhodamin dan juga methanol yellow, yang mana sangat berbahaya bagi tubuh manusia.

  • Tekstur Makanan Yang Begitu Kenyal

Jenis makanan yang memiliki tekstur kenyal dan juga renyah ini patut dicurigai. Pasalnya, makanan yang renyah dan kenyal ini bisa saja memiliki kandungan boraks di dalamnya.

Kegunaan dari boraks ini adalah supaya makanan lebih tahan lama dari biasanya.

  • Makanan Yang Disajikan Secara Terbuka

Selanjutnya ciri makanan yang memang tidak sehat bisa dilihat dari pengemasannya. Biasanya untuk makanan yang disimpan di area terbuka ini cukup berbahaya.

Pasalnya, makanan tersebut tentu akan terkena debu, kotoran serta dihinggapi oleh lalat. Makanan yang seperti ini sangat berbahaya dan bisa meningkatkan terjadinya gangguan pencernaan lho.

Contoh Makanan Tidak Sehat

Contoh Makanan Tidak Sehat

Sumber : KlikNClean

Makanan tidak sehat mungkin seringkali Anda temukan dan bahkan bisa saja Anda menyukainya.

Berikut ini ada beberapa contoh dari makanan yang tidak sehat bila dikonsumsi dan masuk ke dalam tubuh manusia.

  • Kentang Goreng

Salah satu dari contoh makanan yang tidak sehat adalah kentang goreng. Kandungan dari kentang ini memang mampu menyehatkan tubuh.

Hal ini dikarenakan olahan kentang memiliki kalori yang cukup tinggi sehingga bisa menyebabkan kenaikan berat badan.

  • Aneka Goreng gorengan

Selanjutnya contoh dari makanan yang tidak sehat adalah goreng – gorengan. Anda pasti sudah tahu untuk cemilan satu ini, makanan ini seperti halnya pisang goreng, bakwan dan yang lainnya.

Makanan yang sudah dimasak dengan minyak goreng ini memiliki kandungan kalori yang cukup banyak. Terdapat pula lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol.

  • Makanan Cepat Saji Atau Junk Food

Kemudian ada pula makanan cepat saji atau junk food. Mulai dari olahan kentang goreng, burger, pizza, ayam goreng. Makanan ini memang disukai oleh berbagai kalangan.

Makanan ini memiliki kandungan kalori yang begitu tinggi. Selain itu juga, nutrisi yang sangat sedikit ada di dalamnya lho.

Akibat Memakan Makanan Yang Tidak Sehat

Akibat Makanan Tidak Sehat

Sumber: dokter sehat

Makanan tidak sehat seharusnya dihindari oleh semua orang. Pasalnya, jika dilanggar akan banyak keluhan serta masalah kesehatan yang muncul, di antaranya adalah

Penyakit anemia, yaitu kekurangan sel darah merah yang akibat dari kekurangan zat besi dan mineral dalam tubuh.

Obesitas, termasuk dalam kategori penyakit yang berbahaya karena timbunan lemak yang berlebihan di dalam tubuh manusia.

Sariawan ini juga bisa menyerang karena mulut akan mengalami kekurangan vitamin C.

Itulah beberapa informasi seputar makanan tidak sehat perlu untuk dihindari semua orang.

Leave a comment