Eits hospitality yang dimaksud bukan diartikan sebagai rumah sakit ya, namun merupakan kata yang diartikan sebagai proses pelayanan pada konsumen, pelayanan sendiri sering disangkut pautkan dengan bisnis yang berhubungan langsung kepada konsumen, nah kali ini kamu akan mengetahui pelayanan dari kasir di restoran hotel. Meski terlihat sepele, namun tugas kasir pada restoran hotel ternyata cukup rumit loh, serta memiliki tanggung jawab yang besar terhadap aliran keuangan dan kepuasan pelanggan. Sebab kasir berhadapan secara langsung dengan pelanggan dengan berbagai karakter. Sehingga seorang kasir dituntut untuk selalu sopan, beretika, tegas, dan bertanggung jawab.

Selain itu, seorang kasir juga harus teliti dalam melakukan transaksi pembayaran dengan konsumen, kesalahan penginputan pesanan dan total uang yang dibayar konsumen merupakan tanggung jawab penuh dari seorang kasir, jika terjadi kesalahan, sesuai prosedur seorang kasir yang akan bertanggungjawab, biasanya seorang kasir akan mencari cara, untuk menanggulanginya, seperti membayarkan sisa uang selisih.

Untuk mengetahui tugas lebih lanjut dari seorang kasir restoran di hotel, simak artikel lebih lanjutnya di bawah ini yuk.

Tugas Kasir Restoran Hotel

Selain kepuasan pelanggan, kasir restoran hotel juga harus bertanggung jawab dan teliti dalam menjalankan tugasnya. Hal ini agar tidak terjadi kesalahan seperti mengalami selisih keuangan. Nah, untuk lebih jelasnya, kamu dapat memahami 7 tugas kasir restoran di bawah ini:

BACA JUGA : Jangan Keliru! Ini Dia Perbedaan Barista dan Bartender

  • Menyapa Pelanggan

Seorang kasir wajib menyapa pelanggan dengan tulus-sukacita, dan penuh senyum, minimal seorang kasir mengucapkan salam dan menyapa kedatangan pelanggan. Hal ini dilakukan agar pelanggan merasa dihargai dan bisa merasa nyaman saat mendatangi restoran hotel.

  • Menginformasikan Meja Pelanggan

Tak hanya di kedai atau restoran, kasir pada sebuah hotel juga bertanggung jawab untuk mengkomunikasikan atau memberikan meja yang diinginkan pelanggan atau meja kosong yang bisa ditempati. Sehingga pelanggan tidak merasa bingung saat datang ke restoran, terlebih saat kondisi sedang ramai.

  • Menawarkan Menu dan Merekomendasikannya ke Pelanggan

Tugas kasir restoran hotel selanjutnya adalah menawarkan daftar menu dan rekomendasi menu favorit ke pelanggan. Namun pada beberapa restoran, tugas ini diemban oleh pramusaji atau waiter.

  • Melakukan Transaksi Pembayaran

Tugas kasir restoran yang utama adalah melakukan transaksi pembayaran yang dilakukan oleh pelanggan baik secara tunai maupun non tunai. Seorang kasir wajib mampu mengoperasikan mesin EDC dan perangkat pembayaran lainnya.

  • Memberikan Struk Pembayaran ke Pelanggan

Setelah transaksi pembayaran dilakukan, maka kasir wajib menyerahkan struk sebagai tanda bukti pembayaran. Struk wajib diserahkan ke pelanggan, bahkan beberapa restoran menerapkan gratis pembayaran atau bonus uang apabila struk tidak diserahkan ke pelanggan.

  • Mengoperasikan Sistem POS

Seorang kasir wajib mampu mengoperasikan sistem POS (point of sales)  sebagai aplikasi untuk penginputan menu pesanan dan transaksi pembayaran yang dilakukan oleh konsumen. Sistem POS sebenarnya sangat memudahkan pekerjaan kasir karena kasir hanya perlu menginput pesanan pelanggan dengan benar, dan sisanya akan dikerjakan oleh sistem.

  • Menghitung Closing Harian

Tidak hanya mengendalikan sistem POS saja, tapi seorang kasir juga membantu dalam mencocokan pemasukan dari penjualan hari ini, dengan catatan transaksi dari aplikasi POS. 

  • Membersihkan Area Kasir

Hal yang tak kalah penting adalah kebersihan dan kerapian area kasir yang menjadi tanggung jawab petugas kasir. Mulai dari meja, desktop, mesin EDC, mesin printer, dsb.

Tugas kasir restoran hotel yang berat menjadikan tak semua orang mampu atau tidak sanggup menjadi seorang kasir. Tentu hal tersebut bisa kamu praktikan secara berkala untuk membuat sebuah kebiasaan dan menjadi mahir, dengan artikel ini kamu sudah menambah wawasan untuk menjadi seorang kasir restoran yang handal. Jadi, apakah saat ini kamu masih tertarik untuk bekerja di bidang tersebut?

Leave a comment