Apakah Anda masih ragu memakai aplikasi Cloud ke dalam bisnis Anda? Di artikel kali ini kami akan coba membuka pandangan Anda tentang pentingnya menerapkan aplikasi Cloud di era industri saat ini.

Namun sebelum masuk ke pembahasan tersebut, kami akan memberikan sedikit gambaran tentang trend dan juga market Cloud serta seperti apa prediksi yang diberikan oleh para Expertise terkait dengan teknologi cloud di era industri saat ini.

Aplikasi Cloud mengalami beberapa peningkatan dalam penggunaannya di semua lini bisnis serta jenis layanan pada setiap tahunnya. Lalu, mengapa aplikasi cloud ini sangat berpengaruh terhadap kemajuan bisnis di era industri saat ini?

Alasan Memilih Aplikasi Cloud

Terdapat beberapa alasan yang menjadi tolok ukur dalam memilih aplikasi ini sebagai salah satu yang direkomendasikan sebagai penunjang bisnis Anda. Adapun alasan tersebut terangkum dalam kata kunci sebagai berikut, yaitu: Ketersediaan, Keamanan yang Maksimal, Menghemat Biaya Pengeluaran, Fleksibel dan Otomatisasi.

BACA JUGA : 8 Usaha Franchise Legendaris di Indonesia! Ada KFC Juga Loh!

Ketersediaan di Aplikasi Cloud

Bisnis yang Anda kelola bisa berkembang dan bertahan apabila dapat dengan mudah diakses dimana saja. Bayangkan betapa rumitnya jika kemana-mana harus membawa laptop untuk membuka email. Namun, sekarang email bisa berada dalam genggaman Anda melalui aplikasi Cloud pada smartphone.

Dengan menggunakan layanan file sharing, maka Anda tidak perlu takut kehilangan data ataupun meninggalkan data milik Anda, karena semuanya berada dalam ekosistem Cloud yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun Anda mau.

Dan di dalam suatu bisnis ketersediaan dari sistem pengoperasian yang cepat, handal serta menyesuaikan terhadap kebutuhan konsumen dapat meningkatkan bisnis Anda untuk semakin berkembang dengan baik.

Sehingga saat konsumen membutuhkan suatu perubahan pada layanan yang Anda miliki, maka dengan cepat pula Anda bisa sesuaikan.

Aplikasi Cloud Memberikan Keamanan yang Lebih Maksimal

Mungkin Anda bisa saja memiliki tenaga kerja sebanyak satu ataupun dua orang dalam menangani masalah keamanan pada sistem Anda, namun yang ditawarkan oleh Aplikasi Cloud adalah sebuah tim yang terdiri atas security expert yang dapat memonitor aktivitas pada sistem sepanjang hari bahkan sepanjang tahun.

Sebuah startup tentu membutuhkan biaya yang lumayan besar untuk menyiapkan sebuah tim yang bisa memantau keamanan sistem secara penuh, jadi opsi tersebut mungkin bukan menjadi pilihan, jadi saran kami mereka bisa memanfaatkan layanan Cloud dan Anda bisa fokus kepada pengembangan bisnis untuk masa depan.

Alasan lainnya dalam hal keamanan dalam penggunaan aplikasi Cloud yaitu memiliki data yang tidak berpusat. Kemungkinan data penting yang Anda miliki sangat minim untuk diakali, hacked, dicuri, atau corrupt.

Dapat Menghemat Biaya

Perumpamaan yang tepat untuk menggambarkan situasi ini yaitu saat Anda ingin pergi untuk berlibur sekitar 1 minggu, dan untuk transportasi selama berlibur apakah Anda akan memilih menyewa atau membeli mobil? Untuk jangka waktu yang pendek, pilihan menyewa mobil pasti akan jadi pilihan terbaik.

Sama halnya dengan perangkat IT, daripada harus mengeluarkan sejumlah biaya yang besar hanya untuk pemakaian 3-4 tahun, pilihan untuk menyewa server Cloud jadi lebih masuk akal demi mendukung bisnis Anda supaya lebih cepat berkembang.

Fleksibel

Perubahan yang terjadi secara instan sangatlah lumrah terjadi dalam dunia bisnis di era digital saat sekarang ini. Sebagai contoh pada salah satu aplikasi Gojek yang semakin berkembang dengan signifikan dalam waktu ± 1 tahun.

Yang pada awalnya merupakan jasa antar jemput, kemudian berkembang pesat menjadi one stop service bagi semua jenis jasa penjemputan dan juga pengantaran.

Dengan aplikasi Cloud, segala kebutuhan bisnis Anda dapat dengan cepat disesuaikan. Saat perusahaan membutuhkan server pada menit itu juga aplikasi Cloud akan langsung menyanggupi kebutuhan tersebut.

Otomatisasi

Fungsi otomatisasi dapat membantu mengurangi resiko yang terjadi yang disebabkan karena adanya human error. Seiring dengan perkembangan suatu bisnis, otomatisasi dapat memberikan peluang bagi perusahaan untuk memperoleh keuntungan yang besar.

Aplikasi ini akan terus berupaya dalam meningkatkan kemampuan program dan fitur terbaru dalam memenuhi kebutuhan para penggunanya.

Kelima daftar diatas adalah alasan bagi Anda agar bisa mempertimbangkan untuk menerapkan aplikasi Cloud pada bisnis Anda di era industri sekarang ini. Selain menjadi suatu kebutuhan, juga bisa membantu Anda dalam mengembangkan bisnis yang sedang Anda jalani.

Tidak ada salahnya untuk memilih Cloud sebagai salah satu aplikasi pendukung bagi bisnis Anda, karena tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini kita membutuhkan teknologi untuk membantu kita dalam mempromosikan usaha yang akan kita kelola.

Selain praktis dalam penggunaannya, aplikasi ini juga bisa menghemat tempat atau ruang dan juga tidak perlu memakan biaya yang besar. Hal ini tentunya akan memberikan nilai plus bagi usaha Anda dalam hal pemanfaatan biaya produksi.

Kalau ada yang lebih praktis, efisien dan hemat biaya, kenapa harus pilih yang ribet dan juga mahal kan? Aplikasi ini bisa menjadi referensi dalam memajukan usaha Anda, agar tidak tertinggal dengan yang lainnya.

Leave a comment