Makanan bisa menjadi ladang bisnis yang tidak akan ada habisnya, karena merupakan kebutuhan pokok manusia. Bisnis kuliner pun mungkin menjadi salah satu bisnis yang tidak terkena dampak yang terlalu parah di masa pandemi ini, terutama bisnis kuliner yang dijalankan secara online.

Bisnis kuliner online menjadi bisnis yang sangat potensial, mengingat permintaan pelanggan akan selalu ada. Dengan penjualan secara online pun akan memudahkan penjual dan pembeli untuk saling bertransaksi.

Lalu peluang bisnis online kuliner apa yang bisa membuat penjual meraup cuan? Jawabannya adalah tidak terbatas. Pasalnya, semakin berkembangnya kreativitas maka semakin banyak juga peluang dan yang tersedia. Beberapa peluang bisnis online kuliner di bawah ini bahkan bisa dijalankan dengan modal yang kecil, namun bisa meraup cuan yang besar, lho.

Berikut Peluang Bisnis Online Kuliner Kekinian Yang Laris Dijual

BACA JUGA : 10 Kuliner Tangerang yang Bikin Kamu Susah Lupa

1. Rice Box

Rice box menjadi salah satu konsep bisnis online kuliner yang tengah digandrungi saat ini. Pasalnya, para pekerja kantoran hingga anak-anak muda akan memilih makanan yang lebih praktis dengan harga yang ekonomis. Sehingga rice box bisa menjadi pilihan bisnis online kuliner yang bisa berkembang pesat.

Untuk menjualnya, kamu dapat menentukan lauk yang akan disajikan. Contohnya, ayam goreng, ayam krispi, ikan dori, hingga daging dengan variasi sambal khas nusantara yang memiliki banyak pilihan. Selain nasi putih, kamu juga bisa memberi pilihan nasi lainnya seperti nasi hitam, nasi merah, atau nasi coklat. Tak hanya itu, kamu juga bisa menyediakan menu atau lauk tambahan seperti olahan telur atau gorengan.

2. Dimsum

Dimsum adalah kudapan ringan asal Tiongkok yang sangat populer di Indonesia, dan sudah banyak disajikan di restoran, bahkan sudah banyak dijajakan di kaki lima. Kamu bisa menjadikan dimsum sebagai ide bisnis online kuliner sendiri. Kamu dapat membuat dimsum untuk langsung dijual ataupun menjadi frozen food. Kamu juga bisa menjual beberapa jenis dimsum seperti siomay, bakpao, pangsit sup atau xiao long bao, angsio ceker, hakau, mantau, lumpia, dll.

3. Salad

Peluang selanjutnya, kamu bisa menyediakan makanan sehat seperti salad. Bisnis online kuliner yang satu ini juga sedang banyak peminatnya karena tren gaya hidup sehat yang sedang dilakoni oleh sebagian besar orang. Kamu bisa memilih apakah ingin menjual salad buah atau salah sayur.

Kunci utama dari bisnis online kuliner ini adalah kamu harus menyajikan menu dengan buah, sayuran, keju, mayonaise, dan bahan lainnya yang segar untuk membangun kepercayaan pelanggan. Kamu bisa memasarkan lewat media sosial dan menunjukkan keunikan dan kelebihan produk yang dijual, contohnya salad buah khusus diet sehat, dan sebagainya.

4. Masakan Rumahan Frozen

Bisnis online kuliner yang keempat adalah masakan rumahan yang dijual dalam keadaan beku, atau frozen. Ini bisa membantu para ibu rumah tangga yang juga bekerja, atau para pekerja yang tidak memiliki cukup waktu untuk memasak namun tetap ingin merasakan masakan rumahan.

Pasar tersebut bisa kamu manfaatkan untuk menciptakan ide bisnis makanan rumahan dalam keadaan beku. Sehingga para pembeli hanya perlu memanaskan makanan di microwave atau alat masak lainnya. 

Pilihan makanan khas Indonesia yang bisa dijual secara beku juga beragam. Seperti cumi asin pete, gudeg mercon, lidah cabe ijo, teri medan, nasi goreng, oseng mercon, ikan cakalang dan menu rumahan lainnya yang banyak diminati masyarakat.

5. Brulee Bomb

Bisnis online kuliner kekinian yang juga sedang hits adalah brulee bomb. Kudapan ringan ini bisa kamu jual secara online dalam bentuk frozen juga loh. Brulee bomb sendiri memiliki cita rasa gurih dengan bentuk yang menyerupai bitterballen.

Peluang bisnis brulee bomb mulai melejit saat Nagita Slavina memulai bisnis brulee bomb-nya yang membuat banyak orang penasaran. Brulee bomb ini terbuat dari bahan yang mudah ditemui, seperti bawang bombay, bawang putih, smoked beef atau sosis, margarin, terigu susu cair dan keju mozarella memberikan sensasi campuran rasa yang nikmat.

Dari kelima peluang bisnis online kuliner di atas kamu bisa mencoba salah satu makanan yang kamu kuasai, dimulai dari yang kamu kuasai resepnya. Kamu juga dapat berperan sebagai dropshipper dan memasarkannya ke teman, keluarga, serta media sosial. Yuk, kita ciptakan sumber cuan kita sendiri!

Leave a comment