Sariawan adalah luka (radang) pada bibir yang menyebabkan munculnya rasa sakit ketika hendak mengonsumsi makanan. Ketika sariawan datang menyerang, tidak sedikit penderita yang aktivitasnya menjadi terbengkalai.

Oleh karena itu, lebih baik mencegah datangnya sariawan ketimbang mengobatinya, karena proses pengobatan juga memakan waktu selama beberapa hari. Kabar baiknya, sariawan bisa dicegah kedatangannya dengan mengkonsumsi beberapa makanan. Makanan pencegah sariawan ada di Indonesia, dan bisa ditemukan dengan mudah di pasar tradisional maupun modern. 

Berikut Daftar Makanan Pencegah Sariawan yang Bisa Dikonsumsi

BACA JUGA : 5 Cara Mengurangi Nafsu Makan Secara Alami

1. Daging Salmon

Daging ikan salmon memiliki banyak manfaat bagi tubuh, diantaranya adalah menjaga kesehatan jantung, menjaga kesehatan tulang, dan membantu mencegah depresi.

Selain itu, ternyata ikan salmon juga mampu mencegah sariawan. Tentu ini merupakan kabar gembira, karena sariawan bisa dicegah dengan makanan yang enak.

Perlu diketahui, ikan salmon bisa mencegah datangnya sariawan, karena di daging ikan tersebut terdapat vitamin B12.     

2. Bayam

Makanan pencegah sariawan selain ikan salmon adalah bayam. Di Indonesia, bayam bisa ditemukan dengan sangat mudah.   

Tidak hanya bisa ditemukan di pasar tradisional maupun modern, bayam juga bisa ditanam sendiri di halaman atau pekarangan rumah.

Sebagai informasi, bayam bisa mencegah sariawan karena di dalam sayuran tersebut mengandung folat dan zat besi yang cukup tinggi.      

3. Parsley

Dalam bahasa Indonesia, parsley dikenal dengan nama peterseli. Peterseli memiliki penampilan yang mirip dengan seledri. 

Sama seperti bayam, daun peterseli juga mengandung folat dan zat besi yang cukup tinggi sehingga bisa digunakan sebagai pencegah sariawan.

Selain bisa mencegah sariawan, daun peterseli juga bisa membersihkan area mulut sehingga bau napas menjadi lebih segar.  

4. Daging Sapi

Daging sapi adalah makanan selanjutnya yang bisa dikonsumsi agar terhindar dari serangan sariawan.

Daging sapi mengandung zat besi yang baik bagi tubuh, dan kandungannya tersebut mampu menjauhkan tubuh dari sariawan.  

Daging sapi juga tidak terlalu sulit untuk didapatkan, karena tersedia di pasar tradisional maupun modern.      

5. Brokoli

Brokoli adalah salah satu sayuran yang memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh, seperti menjaga kepadatan tulang, memperkuat tulang, dan mencegah pengeroposan tulang.

Selain baik untuk tulang, ternyata brokoli juga baik untuk menjaga kesehatan mulut, dalam hal ini mampu menghindarkan diri dari sariawan.

Brokoli bisa menghindarkan dari sariawan, karena sayuran tersebut mengandung zat besi yang cukup tinggi.

Ketika salah satu makanan yang sudah disebutkan berhasil didapatkan, tugas selanjutnya adalah perhatikan cara memasaknya.  Kelima makanan tersebut tidak boleh dimasak pedas dan juga asam, karena masakan yang pedas dan asam bisa membuat mulut mengalami iritasi.  

Apabila sudah menghindari makanan yang pedas dan asam, masih ada yang harus dilakukan, yaitu tidak mengkonsumsinya dalam keadaan panas. Makanan yang panas bisa membuat mulut dan lidah melepuh hingga akhirnya memicu timbulnya sariawan. 

Oleh karena itu, pastikan kamu memasak dan mengkonsumsi makanan pencegah sariawan dengan sebaik mungkin seperti yang sudah disebutkan.

Leave a comment