Kesehatan adalah suatu hal yang mutlak, tanpa kondisi yang sehat, segala aktivitas kamu akan terganggu, mulai dari belajar, bekerja, dan lain sebagainya. Sebaliknya, jika kamu dalam kondisi yang sehat, kamu akan jauh lebih mudah menjalani aktivitas. Jika kamu adalah seorang pengidap penyakit kista, maka kamu harus mengkonsumsi makanan penghancur kista setiap hari sesuai takaran agar penyakit tersebut segera hilang dari tubuh.

Kista sendiri adalah suatu benjolan yang terbentuk dari jaringan yang berisi nanah, udara, maupun zat lainnya yang muncul di bagian tubuh manapun di bawah kulit. Kista disebabkan oleh penyumbatan pada saluran dalam tubuh, radang, dan infeksi.

Namun tak perlu khawatir, kamu dapat mengkonsumsi berbagai makanan penghancur kista di bawah ini. Sehingga benjolan tersebut tak akan semakin besar dan bahkan hancur dari dalam tubuh kamu.

BACA JUGA : 10 Rekomendasi Menu Olahan Cumi yang Anti Amis & Anti Alot

Makanan-makanan Olahan Penghancur Kista

  • Salmon

Salmon makanan penghancur kistasumber : Kompas Health

Olahan dari ikan salmon ini mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi sehingga baik untuk mengatasi resistensi insulin. Dimana insulin tersebut merupakan salah satu pemicu timbulnya kista.

Kamu bisa menikmati makanan olahan ikan salmon ini di berbagai restoran, biasanya banyak disajikan pada restoran khas Jepang. Tapi, jika kamu ingin mengolah sendiri, kamu bisa mendapatkan ikan salmon di pasar modern maupun tradisional.

  • Brokoli

Brokolisumber : Healthline

Brokoli merupakan sayuran hijau yang baik untuk dikonsumsi pengidap kista. Selain kandungan gizinya yang tinggi, indeks glikemik brokoli sangat rendah.

Olahan brokoli bisa kamu dapatkan di menu hidangan seperti cap cay, dan berbagai jenis sayur sop. Kamu bisa mendapatkan brokoli dengan membelinya di pasar, atau menanamnya di pekarangan rumah sendiri.

  • Paprika

Paprika sebagai makanan penghancur kistasumber : Halodoc

Paprika merupakan sayuran yang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Paprika juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Ayam tumis paprika mungkin bisa jadi makanan yang bisa kamu cobain untuk olahan dari paprika ini.

  • Selada

Seladasumber : AGRO FRESH

Selada adalah sayuran hijau yang sering digunakan sebagai salad maupun lalapan. Selada memiliki kandungan lemak yang rendah sehingga baik dikonsumsi bagi pengidap penyakit kista.

Siapa yang tidak kenal dengan bakso, selada menjadi teman akrab dari bakso saat dihidangkan kepada pelanggan, jadi kalau kamu mau mencari olahan makanan yang ada seladanya, bakso bisa kamu jadikan incaran.

  • Jeruk

Buah jeruksumber : AGRO FRESH

Selain dikenal dengan buah yang kaya akan vitamin C, jeruk juga berfungsi sebagai salah satu makanan penghancur kista. Buah dengan kandungan serat yang tinggi ini pun dapat membantu melancarkan pencernaan dalam tubuh.

Buah jeruk adalah salah satu buah yang bisa kamu temui di mana saja, seperti pasar tradisional, pasar modern, ataupun marketplace secara online.

  • Delima

Buah delimasumber : Cleveland Clinic

Delima adalah buah dengan kandungan antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan kulit dan meningkatkan kekebalan tubuh. Delima juga bersifat anti inflamasi yang dapat mengurangi dan menekan peradangan pada kista.

  • Tomat 

Tomat sebagai makanan penghancur kistasumber : India.com

Tomat sebagai salah satu buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi dan rendah lemak sangat tepat dikonsumsi oleh penderita kista. Kandungan vitamin A yang tinggi pada tomat pun baik untuk kesehatan mata.

Agar khasiat tomat tidak hilang, kamu bisa memakan tomat yang diolah ke dalam makanan, seperti sop, ataupun tumis, jangan saus tomat ya.

Itulah beragam jenis makanan alami yang bisa kamu konsumsi, sangat cocok untuk kamu yang tidak ingin ketergantungan pada obat dan ingin segera sembuh dari penyakit kista. Jangan lupa untuk konsumsi makanan di atas penghancur kista tersebut secara teratur ya.

Leave a comment