Dalam menjalankan usaha, ada banyak hal yang harus diurus, seperti pemasaran, pembelian, hingga pembukuan di mana ketiga hal tersebut akan dijumpai ketika kita menjalankan sebuah bisnis.

Berbicara tentang pembukuan, maka kita tidak akan lepas dari yang namanya invoice atau kwitansi di mana invoice tersebut nantinya akan berguna ketika membuat laporan keuangan perusahaan.

Apa Itu Invoice Pembayaran?

Invoice pembayaran adalah daftar barang yang dilengkapi dengan nama, jumlah, dan harga yang harus dibayarkan oleh pembeli. Invoice pembayaran ini merupakan tanda bahwasanya pembeli belum melunasi pembayaran kepada sang penjual.

BACA JUGA :

Bagi sebuah perusahaan, keberadaan invoice ini sangat penting sekali, karena menyangkut masa depan dari perusahaan itu sendiri. Dan berikut ini betapa pentingnya invoice bagi sebuah perusahaan.

  1. Bukti Pembayaran

Invoice pembayaran merupakan bukti bahwasanya pelanggan telah resmi memberikan uangnya kepada perusahaan ketika mereka membeli suatu barang. Jadi ketika pada masa mendatang terdapat sebuah masalah terkait pembayaran, invoice bisa menjadi alat untuk menyelesaikan masalah.

  1. Dokumen Perusahaan

Invoice merupakan dokumen yang penting bagi perusahaan, karena invoice ini merupakan bukti bahwasanya terjadi penjualan barang atau jasa. Selain itu, invoice juga berfungsi untuk menghitung akuntansi perusahaan. Oleh karenanya, invoice ini tidak boleh hilang dan harus disimpan.

  1. Untuk Laporan Pajak

Setiap perusahaan diharuskan membayar pajak kepada negara. Dan keberadaan invoice, selain untuk bukti pembayaran dan dokumen perusahaan juga digunakan untuk melaporkan pajak perusahaan.

Contoh Invoice Pembayaran

Untuk membuat invoice pembayaran tidaklah susah, kurang lebih seperti inilah contoh dari invoice pembayaran.

Contoh Invoice Pembayaran

Cara Membuat Invoice Pembayaran

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk membuat invoice pembayaran, di antaranya adalah melalui Microsoft Excel. Namun untuk saat ini, yang namanya aplikasi pembuat invoice pembayaran sangat banyak sekali.

Oleh karena itu, lebih baik pembuatan invoice pembayaran menggunakan aplikasi yang sudah ada. Dan pada kesempatan kali ini, kita akan membuat invoice pembayaran melalui Sleekr.

Langkah:

  1. Silakan buka laman berikut ini, invoice.sleekr.co.
  2. Masukkan data-data yang diminta, dimulai dari logo perusahaan hingga deskripsi barang.
  3. Jika semua data sudah diisi, silahkan klik preview.
  4. Klik kirim, dan invoice akan langsung dikirimkan kepada perusahaan yang dituju.cara buat invoice pembayaran
  5. Selesai.

Ketika menggunakan Sleekr, pastikan Anda memasukkan alamat email dari perusahaan yang dituju, karena ketika alamat email sudah diisi, invoice akan langsung dikirimkan oleh pihak Sleekr.

Dengan menggunakan Sleekr, Anda tidak hanya dibuat mudah dalam membuat invoice pembayaran, namun ketika mengakses pelayanannya pun juga sangat mudah, karena Anda tidak diharuskan untuk login terlebih dahulu.

Sebagai informasi, apabila Anda sudah terjun ke bisnis kuliner seperti restoran, Anda bisa menggunakan teknologi yang ditawarkan oleh ESB. Dengan menggunakan teknologi dari ESB, owner dan para staf bisa mengelola seluruh operasional perusahaan hanya melalui satu software saja.

Teknologi restoran pintar yang ditawarkan oleh ESB:

  1. ESB Pos
  2. ESB Order
  3. ESB Core
  4. ESB Goods
  5. ESB Loop
  6. ESB Brief
  7. ESB Money

Untuk mengetahui secara rinci terkait teknologi restoran dari ESB, Anda bisa mengunjungi laman resmi perusahaan yang beralamatkan di esb.id. Dengan menggunakan teknologi dari ESB, semuanya sudah bisa di-handle, termasuk invoice. Dan yang harus Anda ketahui, teknologi ESB tidak hanya bisa diterapkan di restoran saja, namun juga mencakup cloud kitchen, warung makan, dan perhotelan.

Leave a comment