Perkembangan bisnis coffee shop maupun bar yang sedang tinggi-tingginya di Indonesia membuat peluang kerja jadi semakin terbuka lebar. Dahulu kopi yang identik dengan orang tua, sekarang digandrungi oleh anak muda, jadinya profesi barista menjadi pilihan karir baru. Selain itu, bar juga demikian, menjadi seorang bartender mungkin cocok untuk kamu yang suka mengolah minuman. Sebenarnya barista dan bartender adalah dua profesi yang berbeda loh, apakah kamu tahu perbedaan dari barista dan bartender? Atau justru kamu selama ini salah dalam penyebutan kedua pekerjaan tersebut? Meskipun sekilas terlihat mirip, namun barista dan bartender memiliki peran dan job desc yang berbeda.

Sebelum membahas mengenai perbedaan barista dan bartender, kamu pun harus mengetahui bahwa kedua profesi tersebut memiliki kesamaan yaitu meracik dan menyajikan minuman ke konsumen atau pelanggan. Selain itu, barista dan bartender juga harus bertugas sebagai kasir dan bertanggungjawab dalam kebersihan instrumen pembuatan minuman.
Sementara itu, perbedaan barista dan bartender sendiri terletak pada minuman yang diramu, tempat kerja, dan tugasnya. Untuk lebih memahami perbedaan barista dan bartender, simaklah penjelasan di bawah ini.

Apakah itu Barista?

barista meracik kopisumber : Freepik

Secara bahasa, barista memiliki arti pelayan bar. Sementara barista sendiri adalah seseorang yang meracik dan menyajikan kopi secara profesional. Kopi yang disajikan biasanya berupa espresso, yaitu suatu cara peracikan kopi yang memanfaatkan tekanan dan suhu tinggi dan juga meracik minuman selain kopi, mencampurkan kopi dengan susu atau jenis olahan minum lain. 

BACA JUGA : Ini Dia Cara Membuat Odeng Lawson yang Lagi Viral, Penasaran?

Barista biasanya ditemui pada coffee shop, kedai kopi, dan bar kopi. Meskipun terdengar simple, namun mengoperasikan mesin espresso dan meracik kopi membutuhkan keahlian dan keterampilan yang tinggi. Barista harus dapat memadukan antara kopi, gula, susu dan foam dengan tepat. Barista pun memegang kunci ciri khas sajian kopi suatu café.

Selain meracik, di beberapa coffee shop seorang barista juga bertugas sebagai seorang kasir, mengoperasikan kasir dengan aplikasi kasir sehingga transaksi terjalin lebih mudah dan cepat.

Apakah itu Bartender?

bartendersumber : MLDSPOT

Bartender adalah seseorang yang meracik minuman beralkohol dan menyajikannya ke konsumen atau pelanggan. Awalnya, bartender hanya menyajikan minuman beralkohol, namun seiring waktu berlalu, bartender juga meracik minuman non alkohol untuk konsumen. Bartender dapat dijumpai di bar, club, hingga kapal pesiar. Seorang bartender membuat minuman seperti cocktail, mocktail, jus, maupun soft drink.

Seorang bartender juga harus memiliki keahlian dalam menyajikan minuman secara atraktif agar dapat menghibur konsumen. Bartender pun dituntut untuk dapat membuat racikan minuman baru bagi konsumen.

Perbedaan dari Bartender dan Barista

Dari pengertian antara keduanya terlihat mirip, yaitu sama-sama menyajikan minuman kepada konsumen atau pelanggan. Tapi perbedaannya ternyata signifikan, secara jelas kamu dapat menemui perbedaannya di tempat mereka bekerja.

Kamu dapat menjumpai seorang barista di coffee shop, maupun cafe, biasanya barista berpakaian lebih santai dengan menggunakan apron, sedangkan seorang bartender, bisa kamu jumpai di bar atau clubclub di kota besar dengan menggunakan pakaian kemeja yang rapi.

Dilihat dari tugasnya, seorang bartender akan jauh lebih fokus meracik minuman alkohol dan fusion lainnya, sedangkan seorang barista diberikan tugas tidak hanya meracik kopi dan fusion minuman non alkohol lainnya.

Bagaimana, kini sudah mengerti, kan perbedaan barista dan bartender secara gamblang? Jadi, jangan keliru lagi ya, dalam menyebutkan kedua jenis pekerjaan tersebut.

Leave a comment