Buat Kamu yang masih bingung bagaimana cara hitung HPP yang benar disini Kita akan mengupasnya secara sederhana.

Istilah Harga Pokok Penjualan (HPP) atau disebut juga dengan Cost of Goods Sold (COGS) sering ditemui di dunia akuntansi.

Harga Pokok Penjualan merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah perusahaan.

Tujuan dihitungnya Harga Pokok Penjualan ini yaitu untuk mengetahui besarnya biaya produksi yang akan dikeluarkan perusahaan saat memproduksi barang atau jasa.

Selain itu, HPP juga melaporkan laba rugi operasi dan penjualan perusahaan. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai apa itu HPP dan cara hitung HPP.

Apa itu Harga Pokok Penjualan (HPP)?

Hitung HPPsumber : iisauc

Harga Pokok Penjualan adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan total pengeluaran biaya langsung oleh perusahaan yang timbul dari barang atau jasa yang diproduksi, dan dijual dalam kegiatan bisnis dalam satu periode waktu.

Dalam laporan keuangan, Harga Pokok Penjualan (HPP) dapat ditemukan di laporan laba rugi sebagai komponen utama dari biaya operasi.

BACA JUGA : 5 Daftar Makanan Sehat Saat Pandemi

Adanya Harga Pokok Penjualan bermanfaat untuk sebagai patokan harga jual barang atau jasa dan untuk mengetahui besarnya laba yang diinginkan oleh perusahaan.

Komponen Harga Pokok Penjualan (HPP)

1. Persediaan Awal Barang Dagangan

Stok atau persediaan barang menjadi komponen utama dalam perhitungan Harga Pokok Penjualan (HPP). Persediaan awal barang dagangan merupakan barang dagangan yang tersedia di awal periode waktu buku yang sedang berjalan. Informasi mengenai saldo persediaan awal barang dagangan biasanya tercatat pada neraca periode berjalan atau neraca tahun sebelumnya.

2. Pembelian Bersih

Pembelian barang dagangan, secara tunai maupun kredit, ditambah dengan biaya transportasi dan dikurangi dengan diskon pembelian serta retur pembelian merupakan bagian dari komponen pembelian bersih. Diskon dan retur pembelian tidak selalu ada. Jika pembelian barang dagangan tidak terdapat diskon dan retur pembelian, komponen pembelian bersih hanya mencakup semua pembelian barang dagangan ditambah dengan biaya transportasi.

3. Persediaan Akhir Barang Dagangan

Komponen yang terakhir ini bersifat mengurangi jumlah barang yang siap dijual yang diperoleh dari persediaan awal barang dagangan, ditambah dengan pembelian bersih. Persediaan akhir barang dagang merupakan stok barang yang tersedia di akhir periode waktu buku yang sedang berjalan.

Cara Menghitung Harga Pokok Penjualan (HPP)

Harga Pokok Penjualan akan menjadi dasar dalam menentukan harga jual barang dan tingkat laba yang diinginkan perusahaan. Perhitungan Harga Pokok Penjualan berjenjang pada setiap komponennya. Setiap komponen memiliki unsur masing-masing dan sebelum menghitung Harga Pokok Penjualan, unsur-unsur perhitungan dari setiap komponen harus diketahui terlebih dahulu.

  1. Menghitung persediaan barang siap dijual

Perhitungan barang siap dijual terdiri dari persediaan awal dan pembelian bersih yang dirumuskan sebagai berikut:

Persediaan barang siap dijual = persediaan awal + pembelian bersih

  1. Menghitung pembelian bersih

Perhitungan pembelian bersih terdiri dari pembelian kotor, biaya transportasi, diskon pembelian, dan retur pembelian, yang dirumuskan sebagai berikut:

Pembelian bersih = (Total pembelian tunai dan kredit + biaya transportasi) – (diskon pembelian + retur pembelian)

Dari perhitungan persediaan barang siap dijual dan pembelian bersih tercakup menjadi satu dalam perhitungan Harga Pokok Penjualan (HPP) dengan rumus:

Harga Pokok Penjualan = persediaan barang siap dijual – persediaan akhir.

Itulah cara hitung HPP alias Harga Pokok Penjualan suatu perusahaan.

Harga Pokok Penjualan berguna untuk mengetahui besarnya biaya produksi perusahaan dan untuk menentukan laba perusahaan.

Harga Pokok Penjualan juga menentukan harga jual barang atau jasa. Harga Pokok Penjualan merupakan komponen penting perusahaan.

Untuk memudahkan Anda menghitung Harga Pokok Penjualan, Anda dapat mengunjungi website kami dan bekerja sama dengan kami.

Kami akan membantu membangun perusahaan Anda dan membantu mengembangkannya.

Leave a comment