Manajemen inventori memegang peranan penting dalam perusahaan. Termasuk juga dalam pengelolaan restoran. Inventory management yang baik menjamin restoran juga dikelola dengan sama baiknya.

Walaupun memegang peranan krusial dan penting, tidak semua pihak rupanya memahami apa itu manajemen inventori. Beberapa bahkan hanya memahami inventory management sebagai pengaturan stok di gudang saja. Padahal masih ada beberapa peran lain dari inventory management dalam pengelolaan restoran.

Ulasan di bawah ini akan menjelaskan mengenai apa itu inventory management. Selain itu kaitanya dalam pengelolaan di restoran. Langsung simak dan pelajari ulasannya berikut ini.

Pengertian Manajemen Inventori

Sumber: Pixabay

Berdasarkan pada pengertiannya, inventory management merupakan sistem manajemen untuk aset sebuah perusahaan. Dalam hal ini bisa diartikan sebagai restoran.

Sistem untuk manajemen inventori terdiri atas berbagai macam hal yang berkaitan dengan aset. Mulai dari bahan-bahan baku hingga produk serta barang yang sudah jadi.

Sistem yang baik untuk inventory management akan memastikan restoran memiliki sebuah keperluan, baik itu barang maupun bahan untuk memenuhi pesanan konsumen.

Inventory management yang tidak teratur dengan baik akan menyebabkan kemungkinan restoran mengalami kehabisan bahan maupun persediaan perlengkapan.

Sehingga pesanan atau order konsumen tidak bisa dipenuhi. Di sisi lain, bila manajemen inventori tidak tersistem dengan baik, restoran bisa saja memiliki terlalu banyak persediaan bahan.

BACA JUGA : 5 Restoran Unik Yang Perlu Kamu Tahu

Sehingga bisa berakhir kadaluarsa, rusak, busuk, dan sebagainya. Restoran pun akan mengalami kerugian.

Ada 5 langkah untuk memastikan inventory management restoran terkelola dengan baik:

  1. Adanya penanggung jawab yang memahami seluk beluk manajemen inventori.
  2. Menerapkan sistem barcode maupun SKU pada aset dalam inventaris.
  3. Mengelola tingkat persediaan barang agar selalu berada di batas aman. Tidak terlalu sedikit maupun terlalu banyak. Pengelola restoran harus melakukan forecast untuk menentukan batasan inventory management ini.
  4. Sistem pencatatan yang sudah otomatis. Mulai dari memantau barang dalam inventaris, mengadakan persediaan barang, hingga membuat laporan inventory Management.
  5. Memperkuat sistem keamanan di gudang maupun dalam pencatatan.

Agar inventory management bisa berjalan secara otomatis, ESB memiliki rangkaian software Restoran Pintar.

Program ESB POS tersinkronisasi dengan software ESB CORE-ERP dan ESB Goods yang memastikan pengadaan barang untuk inventory management di restoran.

Pengelolaan restoran pun akan menjadi lebih baik berkat menggunakan software yang tepat dari ESB. Sehingga manajemen inventori pun akan lebih terkontrol dan teratur.

Leave a comment