Sebagai kota penyangga Jakarta, Depok dengan segala hiruk pikuk keramaian dan kemacetan kotanya tidak lepas dari deretan kuliner dan tempat nongkrong kekinian khas Ibukota yang menggiurkan. Tak heran jika wisata kuliner di kota ini masih digandrungi khususnya oleh para muda dan mudi Ibukota. Selain rasanya enak, harganya juga tidak membuat kantong bolong mendadak. Cocok deh buat kamu para penikmat kuliner yang ingin memanjakan lidah dengan dompet tetap sehat. Berikut akan disajikan beberapa referensi kuliner sensasional di Depok yang bisa kamu cicipi!

  1. Ayam Bakar Christina

Kuliner Depok legendaris berikutnya yaitu Ayam Bakar Christina yang terletak di Jalan Margonda Raya No.420, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424. Jalan itu merupakan jalan legendaris kuliner terkenal di Depok. Ayam Bakar Christina merupakan kedai ayam yang sudah berdiri sejak tahun 1986. Ragam menu andalan diolah dengan bumbu khas yang meresap yang cocok disantap dengan nasi hangat dan sambal terasi. Kedai ini tak tanggung-tanggung selalu ramai pembeli mulai dari pukul 10 pagi hingga 10 malam. Tak hanya itu, harga kedai ayam bakar ini pun cukup bersahabat dengan kantong, yakni satu porsi ayam bakar dibanderol seharga Rp14.000. Wisata kuliner yang sayang untuk dilewatkan jika Anda tinggal di Depok maupun hanya sekedar singgah.

BACA JUGA : 3 Alasan Penting Kamu Perlu Mitra Usaha

  1. Bakso Item Mas Bewok

Kuliner Depok legendaris selanjutnya yaitu Bakso Item Mas Bewok. Bakso Item ini berlokasi di Jalan perempatan antara jalan Walet dan jalan Lengkeng, dekat Poltek Negeri Jakarta, Jalan Ridwan Rais, Beji Tim, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16422. Namanya yang unik sesuai dengan tampilan menu bakso yang disajikan, yaitu berkuah hitam sehingga tampak berbeda dengan kuliner bakso kebanyakan lainnya. Bakso Item Mas Bewok sudah berdiri sejak tahun 1995 namun baru memiliki menu khas kuah hitam pada tahun 2000-an. Meski bagi sebagian orang, kesan pertama melihat kuliner bakso hitam ini tidak menggugah selera, namun sebenarnya kuahnya terbuat dari kluwek yang menambah citarasa lezat dan menggugah selera saat mencicipinya.

  1. Bebek Tiktok van Depok

Kuliner Depok legendaris selanjutnya yaitu Bebek Tiktok van Depok. Restoran Bebek Tiktok terletak di Jl. Haji Usman No.81 A Kukusan, Kota Depok – Jawa Barat, serta memiliki cabang di Jl. Margonda Raya Depok (depan gang Kober UI). Bagi Anda pecinta kuliner bebek goreng, restoran ini cukup terkenal dan memiliki menu yang lezat. Bebek Tiktok van Depok bermula dari peternakan bebek tahun 2000-an yang mendirikan restoran bebek pada tahun 2006. Bapak Santosa, sang pemilik mencetuskan kreasi cemerlang dengan mengawinkan itik betina dan entok jantan secara alami sehingga menghasilkan daging yang gurih, lezat, empuk dan tidak berbau amis. Beliau sengaja hanya memilih tik-tok (itik-entok) muda berusia antara 1,5 sampai 2 bulan yang memiliki daging lebih empuk. Restoran Bebek Tiktok van Depok menyajikan makanan serupa prasmanan dengan menu fresh from the oven di antaranya yaitu bebek goreng, bebek panggang, hingga sup sager (sayap dan leher) dan masih banyak lainnya.

  1. Sop Durian Margando

Meski tidak seberapa luas, tapi pengunjung di kedai sop durian ini tak pernah surut.  Bagaimana tidak, orang-orang pasti terkesan dengan harga Rp 14 ribu saja, legit buah durian segar dengan berbagai topping sudah bisa dinikmati. Selain sop durian, kamu juga bisa beli langsung buah durian atau pancake durian di gerainya dengan harga beragam. 

  1. Kue Pancong Mang Kumis

Dibanding kue pancong yang pada umumnya ditaburi gula dan parutan kelapa, adonan di sini lebih mirip kue cubit setengah matang. Meski begitu, kue pancong legendaris di Depok ini punya rasa creamy dan tekstur empuk yang meleleh di lidah. Mirip burjo, Warung Pancong Mang Kumis di ujung Jalan Arif Rahman Hakim ini menjual mie rebus dan sari kacang hijau sebagai hidangan utamanya. Kamu bisa datang kapan pun, karena buka 24 jam. Mantap, kan?

  1. Nasi Bebek Bumbu Wiko

Sekilas, makanan warung bebek yang ada di Jalan Kelapa Dua Raya ini memang mirip bebek goreng pada umumnya. Tapi yang bikin beda adalah sambal cairnya yang merangkap jadi bumbu sekaligus. Rasanya unik. Selain itu, dagingnya empuk dan gurih banget dengan kulit krispi yang masih berlemak. Apalagi seporsinya cuma Rp17 ribu saja, makin mantap!

  1. Warung Nasi Timbel Si Teteh

Nasi khas Sunda yang dikukus di dalam daun pisang ini juga bisa kamu nikmati di Depok. Salah satu yang paling tersohor ada di Warung Nasi Timbel Si Teteh di Jalan Tole Iskandar 48, Sukmajaya.  Satu porsinya hanya dibanderol Rp 18 ribu, dengan lauk ayam kampung goreng, tempe, tahu, ikan asin, lalapan, serta sambal terasi. Biar makin segar, jangan lupa pesan sayur asemnya yang juara banget itu sekalian ya!

 

Gimana, mau cobain yang mana dulu nih? Mulai dari olahan ayam hingga jajanan manis bisa kamu jadikan daftar menu di akhir pekan lho! Jangan lupa ajak orang terkasih untuk kuliner bersama. Eh iya, kamu juga bisa bawa sebagai buah tangan kerabat di kota-kota sebelah lho. Menarik bukan?

 

Leave a comment