Tugas F&B service baik pada hotel, kapal pesiar, maupun restoran adalah menyajikan makanan dan minuman ke konsumen secara profesional demi terciptanya kepuasan pelanggan yang tinggi.

Divisi Food & Beverage sendiri merupakan bagian dari hotel yang mengurus dan bertanggung jawab terhadap kebutuhan pelayanan makanan dan minuman serta kebutuhan lain yang terkait, dari para tamu yang menginap ataupun yang hanya menjadi pelanggan restoran hotel saja. Divisi F&B juga dikelola dengan sangat profesional agar para tamu hotel dan pelanggan restoran bisa menikmati makanan dan minuman dengan nyaman dan terjamin kebersihannya. 

Bahkan divisi F&B service biasanya memiliki departemen tersendiri yang khusus melayani pelanggan secara ramah, sigap, dan telaten khususnya di bidang F&B. Selain itu, tim F&B service hotel juga menjadi salah satu poin penting yang dilihat oleh pelanggan saat mereka menginap di sebuah hotel. Semakin ramah dan profesional tim F&B maka hotel tersebut pun akan mendapat nilai lebih dari para pelanggan dan tamu yang menginap. Maka dari itu, tak heran jika hotel berbintang berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan kelas wahid di sisi F&B.

BACA JUGA : Ini Cara Buat Roti Pisang Supaya Lembut & Empuk. Cocok untuk Camilan Santai

Apa Saja Tugas F&B Service?

Tugas F&B service, terlebih di hotel sangatlah rumit. Hal itu karena tim F&B harus menangani puluhan hingga ratusan tamu sekaligus perharinya. Terlebih jika pada momen liburan, di mana tamu akan sangat membludak, dan tim F&B harus menyediakan berbagai menu sarapan dan menu lainnya untuk room service.

Untuk mengetahui cakupan tugas F&B service, yuk simak penjelasan berikut ini:

  • Melayani Makanan dan Minuman Setiap Tamu

F&B service bertanggung jawab dalam melayani pesanan makanan dan minuman setiap tamu tanpa pandang bulu. Seorang waiter misalnya, wajib menawarkan daftar menu atau kebutuhan lain yang berhubungan dengan F&B untuk para tamu hotel, baik layanan dine in maupun room service.

  • Merawat dan Menjaga Peralatan Departemen F&B

Peralatan F&B seperti piring, sendok, garpu, gelas, dan baki adalah tanggung jawab seluruh departemen atau divisi F&B. Hal ini termasuk kebersihan dan jumlah peralatan yang dimiliki.

  • Menyajikan Makanan Sesuai Dengan Pesanan Tamu

Setelah tamu melakukan pemesanan menu makanan, F&B service pun harus menyajikan makanan sesuai yang dipesan oleh tamu. Baik di meja makan restoran hotel maupun mengantarkannya ke kamar hotel.

  • Menjaga Impresi dan Hubungan Baik Dengan Tamu

Tugas F&B service yang paling penting adalah harus mampu menjaga impresi tamu pada suatu bisnis. Para pekerja di departemen ini merupakan representasi bisnis pada suatu hotel. Semakin profesional pelayanan mereka, maka nilai bisnis dari hotel tersebut akan semakin tinggi.

  • Memastikan Meja Makan Tamu Bersih dan Rapi

Sebelum ditempati oleh tamu, para waiter, waitress maupun stewards harus memastikan meja makan bersih dan rapi. Setelah digunakan oleh tamu pun meja harus segera dibersihkan dan dirapikan kembali agar dapat digunakan oleh tamu lain, dan tentu agar restoran hotel selalu terlihat bersih.

  • Memberikan Struk Tagihan Pembayaran ke Tamu

Pada jenis pelayanan table service, seorang waiter atau waitress bertanggung jawab untuk menyerahkan struk pembayaran kepada tamu. Biasanya struk diserahkan setelah makanan telah habis atau setelah melakukan pemesanan. 

  • Mendengarkan Keluhan Tamu 

Sebagai jembatan antara pihak hotel atau restoran dengan tamu, tim F&B service harus siap siaga dan sabar dalam mendengarkan keluhan tamu dan mengkomunikasikan solusinya. Pada beberapa kondisi, manajer F&B service pun harus turun tangan menyelesaikan masalah yang dikeluhkan atau dialami para tamu.

Itu dia ketujuh tugas F&B service hotel yang perlu kamu ketahui. Seperti yang bisa dilihat di atas, tugas F&B service bisa dikatakan cukup berat dan menjadikannya salah satu profesi yang tak semua orang mampu untuk menjalankannya. Jadi jangan anggap remeh profesi tersebut, ya!

Leave a comment