Kondisi pandemi membuat kemajuan digital berkembang pesat untuk memudahkan aktivitas manusia. Salah satu dampaknya adalah pada layanan delivery online. Layanan ini memudahkan penjual maupun pembeli dalam menjual dan membeli makanan. Sebagai penjual kamu wajib memanfaatkan layanan delivery online untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas dari berbagai lokasi. Sebelum mengulas lebih jauh, kamu perlu memahami mengapa menggunakan layanan delivery online penting untuk bisnis kamu!

Berikut Tips Maksimalkan Layanan Delivery Online untuk Menjangkau Pelanggan

1. Mendapat Promosi Gratis

Ini tentu memberikan keuntungan tersendiri bagi pemilik usaha, utamanya dalam hal food delivery. Apalagi yang belum memiliki media promosi online atau sedang bingung ingin membuat promosi yang dapat mengundang lebih banyak pembeli.

2. Jangkauan yang Luas

Hampir semua daerah di Indonesia saat ini sudah tersedia layanan internet. Sehingga memberikan kemudahan yang sangat luar biasa bagi mereka yang tidak bisa datang langsung untuk memesan makanan. Luasnya jangkauan pelanggan juga memberikan keuntungan yang sama bagi kita sebagai pemilik usaha.

3. Membantu Meningkatkan Pendapatan

Sistem yang sudah dirancang sedemikian rupa, membuat kita tidak hanya mendapatkan keuntungan-keuntungan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tapi juga bisa membantu kita meningkatkan pendapatan. Hal ini tentu tujuan dari suatu bisnis yakni memaksimalkan keuntungan untuk kemajuan bisnis itu sendiri.

Nah, setelah memahami beberapa keuntungan dari layanan delivery online bagi penjual.

Berikut tips yang Perlu Kamu Perhatikan Dalam Memaksimalkan Penggunaan Layanan Delivery Online

1. Sesuaikan Titik Lokasi Toko

Kesesuaian lokasi toko kamu dengan di Maps sangatlah penting loh, kamu tentunya tidak mau mendapat penilaian buruk terhadap bisnis kamu kan. Jangan lupa ketika pertama kamu daftarkan toko-mu, pastikan bahwa sudah tepat, bisa juga kamu beritahu sekitar toko-mu dekat dengan apa.

2. Tampilan Foto produk

Ini juga menjadi hal penting dalam menggunakan layanan online, foto dari produk-produk kamu akan menjadi ujung tombak pertama yang membuat pelanggan memutuskan untuk membeli. Apakah foto produk kamu menggiurkan atau masih kurang, jika kamu memiliki budget untuk menyewa jasa foto produk, silahkan digunakan. Tetapi, jika tidak, kamu juga masih bisa memanfaatkan kamera ponsel, dengan melihat referensi foto di media sosial yang lain. 

3. Memperhatikan Kemasan yang Sesuai Standar

Standar kemasan sangat penting bagi bisnis kuliner. Barangkali karena bahan kemasan yang tidak sesuai standar dapat menyebabkan pelanggan tidak menerimanya secara utuh. Sesuaikan dengan yang berkedap udara atau kedap air. Agar tidak tumpah dan terkontaminasi oleh virus. Selain itu, agar pelanggan mudah mengkonsumsinya, berikan petunjuk secara tepat dan jelas. Pemilihan desain kemasan yang menarik juga menjadi salah satu hal yang dapat menarik daya beli pelanggan.

4. Inovasi dan Variasi Menu

Ketika kamu melakukan bisnis makanan maka kamu dituntut terus melakukan inovasi dan variasi menu. Selain itu, kamu bisa memaksimalkan promo. Menu terbaru dengan mengandalkan promo hemat, tentu saja disukai pelanggan. Mereka akan mendapatkan variasi menu lain saat di rumah.

5. Integrasikan Bisnis Makanan ke Aplikasi Pemesanan Online

Apa yang diinginkan pelanggan ketika memesan makanan melalui aplikasi? Mudah pembayarannya dan tidak rumit dalam memesan makanan. Maka, kamu bisa menggunakan aplikasi pemesanan online. Bergabung menjadi merchant aplikasi pemesanan online menjadi salah satu alternatif yang dapat ditempuh untuk menjangkau pelanggan lebih luas. 

Mengembangkan bisnis memang tidak mudah, namun jika kamu memahami potensi dari setiap peluang yang ada, maka kamu bisa menjadi juara dalam bisnis yang sedang kamu tekuni. Jangan ragu untuk memulai perubahan kecil demi jalannya bisnis yang lebih baik. Mulai langkah kamu dari sekarang!

Leave a comment