Era digitalisasi menuntut para pelaku bisnis untuk terus melakukan inovasi dan beradaptasi dalam mengembangkan bisnisnya menggunakan kemajuan teknologi. Salah satunya pada bisnis restoran yang semakin menjamur di era sekarang, penggunaan teknologi akan memudahkan dalam pekerjaan bisnis. Seperti misalnya dalam penerapan transaksi digital. Kini sudah banyak restoran-restoran yang mulai beralih dari sistem konvensional menuju sistem transaksi digital. Mengingat berbagai keuntungan yang akan diperoleh, hal ini patut Kamu pertimbangkan untuk bisnis restoran. Simak ulasan berikut untuk mengetahui manfaat lainnya dalam menerapkan transaksi digital dalam bisnis restoran yang sedang Kamu jalankan berikut :

1. Modal yang relatif rendah

Memulai bisnis konvensional, tentunya memerlukan modal yang lumayan besar agar transaksi tersebut dapat berjalan maksimal. Dimulai dari membuka toko, menyiapkan budget untuk promosi, hingga meluangkan waktu untuk bisa bertatap muka dengan para pelanggan. Sedangkan jika menggunakan sistem transaksi online, modal yang diperlukan hanyalah sebatas perangkat komputer, laptop atau smartphone, koneksi internet dan juga beberapa perangkat lunak yang berfungsi sebagai pendukung transaksi.

2. Jangkauan bisnis lebih luas dan tak terbatas

Di dalam bisnis konvensional, transaksi jual beli memiliki keterbatasan ruang dan juga waktu yaitu di jam operasional toko. Sementara pada bisnis online, transaksi dapat berjalan kapanpun, dimanapun, dan bisa menjangkau siapapun di seluruh belahan dunia.

3. Informasi up-to-date

Dengan adanya sistem transaksi online ini, dalam hitungan menit Kamu bisa membagikan dan juga memperbarui informasi yang pelanggan butuhkan melalui website, marketplace, aplikasi e-commerce, ataupun media sosial. Sehingga informasi tentang bisnismu bisa dibagikan secara cepat, mudah, dan praktis ke berbagai market.

4. Sistem pembayaran lebih praktis

Kemudahan dalam melakukan transaksi digital adalah transaksi pembayaran yang terjadi secara online sudah tercatat langsung dalam rekening Kamu, terutama ketika Kamu telah menggunakan suatu sistem pembayaran online yang terintegrasi. Sehingga pembukuan dan pencatatan laporan keuangan bisa lebih mudah dan akurat tentunya.

5. Keamanan lebih baik

Sistem pembayaran elektronik menawarkan berbagai cara untuk meningkatkan keamanan bertransaksi. Sebagai contoh, jika gerai atau merchant menerima pembayaran dengan QRIS, konsumen sudah tidak perlu lagi menggunakan kartu debit untuk menyelesaikan transaksi. Konsumen hanya cukup memindai kode tersebut dengan ponselnya dan transaksi dapat diselesaikan. Dengan demikian juga dengan keamanan informasi data perbankan milik konsumen akan lebih terjaga. Di samping lebih aman bagi konsumen, pembayaran elektronik juga menawarkan keamanan ekstra bagi bisnis. Berbeda dengan uang tunai yang disimpan dalam laci kasir, bisnis hanya akan mendokumentasikan receipt dari transaksi dengan pembayaran elektronik.

6. Meningkatkan kepuasan pelanggan

Adanya beragam pilihan cara pembayaran, termasuk digital payment, maka membuat konsumen menjadi lebih nyaman dan leluasa dalam bertransaksi. Mereka dapat memilih metode pembayaran yang dianggap paling aman atau menguntungkan.  Seperti yang sudah diketahui, cukup banyak sistem pembayaran elektronik yang menawarkan potongan harga khusus.

Setelah mengetahui manfaat dari menerapkan sistem transaksi digital, kini saatnya Kamu mencari informasi terkait penyedia software yang akan memudahkan Kamu dalam menerapkan transaksi digital untuk bisnis restoran. Salah satu sistem transaksi yang memberikan pilihan Digital Payment yang memudahkan untuk order adalah ESB Order. ESB Order memberikan kemudahan bagi setiap penggunanya dalam mengoperasikan fitur-fitur yang disediakan.

Bahkan hanya dengan menggunakan smartphone, Kamu sudah bisa bertransaksi secara langsung tanpa harus kontak fisik (contactless). Software ini khusus dibuat bagi para pelaku usaha dibidang industri F&B untuk mempermudah pelanggannya untuk memesan makanan terlebih di masa pandemi ini. Dengan ESB Order, Kamu bisa menjangkau pelanggan lebih luas dan tak terbatas  Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi ESB.

Leave a comment