Masakan Timur Tengah dikenal dengan ciri khas wangi dan rasa rempah yang kuat. Rasanya yang gurih dan nikmat menjadikan makanan yang berasal dari wilayah Timur Tengah tak kalah populer dibandingkan dengan makanan dari negara lain. 

Kini kamu tidak perlu harus jauh-jauh ke wilayah Asia Barat Daya itu, karena sekarang sudah banyak restoran di Indonesia yang menyajikan berbagai makanan khas Timur Tengah.

Masakan Timur Tengah yang Tersebar di Jakarta

Salah satunya di Jakarta itu sendiri, sudah banyak restoran yang menyajikan berbagai masakan Timur Tengah. Tak hanya di restoran besar, namun kamu juga bisa mencicipinya di kedai, kafe, hingga UMKM. Berikut masakan Timur Tengah yang bisa kamu temui di wilayah Jakarta:

  1. Nasi kebuli

masakan timur tengah: nasi kebulisumber : Dasterkhawan

Nasi kebuli adalah masakan Timur Tengah yang terbuat dari beras basmati yang dimasak dengan kaldu daging dengan tambahan berbagai rempah pilihan. Nasi kebuli biasanya disajikan dengan tambahan kismis dan daging.

BACA JUGA : Kupas Tuntas! 7 Tugas F&B Service Hotel

Jika kamu sedang berada di Jakarta Selatan khususnya Senayan dan tertarik untuk mencicipi nasi kebuli ini yang otentik seperti yang bisa ditemukan di Timur Tengah, kamu dapat langsung datang ke Kebuli Ijab Qabul secara online.

  1. Kebab

masakan timur tengah: kebabsumber : NJAJAN.COM

Kebab merupakan makanan yang diolah dari daging domba atau sapi dengan cara dipanggang menggunakan tusukan. Daging tersebut ditambahkan dengan aneka sayuran sebagai pelengkap.

Namun di Indonesia sendiri, kebab identik dengan daging dengan tambahan sayuran yang digulung di dalam kulit kebab. Sudah banyak restoran atau food truck kaki lima yang menyajikan kebab, salah satunya kebab baba rafi, yang sudah populer dan tersebar di wilayah jakarta.

  1. Shawarma

Shawarmasumber : KabarMakkah.Com

Shawarma merupakan daging yang ditusuk dan dipanggang sehari penuh dan disantap dengan roti Arab. Daging yang digunakan dapat berupa kalkun, kambing, dan lain sebagainya.

Kamu bisa datang ke restoran bernuansa Timur Tengah, seperti shisha cafe Kemang untuk menikmati hidangan satu ini

  1. Baklava

Baklavasumber : Dishes: Origins

Baklava adalah pastry manis berlapis yang berasal dari Turki dengan isian kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang kenari, dan lain sebagainya.

Baklava sendiri bisa kamu temukan di Jatinegara, tepatnya di Mardin Baklava.

  1. Roti Maryam

Masakan timur tengah: Roti maryamsumber : WordPress

Roti Maryam atau roti canai merupakan roti yang cukup populer dari kawasan Timur Tengah. Roti ini berbentuk bulat dan pipih. Roti yang berasal dari India ini awalnya disajikan dengan taburan gula atau madu sebagai sarapan. Namun seiring waktu berlalu, roti canai kini disajikan dengan aneka varian topping serta cocolan seperti keju, coklat, susu, kuah kari, hingga daging.

Kenikmatan dari roti maryam bisa kamu dapatkan di mana saja, salah satunya di stasiun palmerah, Roti Maryam Salman.

  1. Samosa

Masakan timur tengah: Samosasumber : Fimela.om

Masakan Timur Tengah selanjutnya ada samosa. Samosa sendiri merupakan gorengan berbentuk segitiga dengan isian daging dengan bumbu kari. Sekilas, cemilan ini mirip dengan pastel di Indonesia.

Menu samosa ini bisa kamu dapatkan tentunya di Jakarta, salah satunya di Sambosa Kitchen Jakarta.

  1. Nasi Biryani 

Masakan timur tengah: Nasi Biryanisumber : Fimela.om

Nasi biryani terbuat dari beras basmati yang dimasak dengan aneka rempah dan kaldu serta disajikan dengan daging sapi, ayam, atau kambing. Perbedaan antara nasi biryani dengan nasi kebuli terletak pada rasa dan cara pembuatannya. 

Bagaimana? Sudah ngiler belum dengan beberapa masakan Timur Tengah di atas? Ayo segera pilih menu favoritmu dan pesan di resto terdekat, atau kamu bisa juga memesannya secara online melalui ESB Order aplikasi pemesanan mandiri yang disediakan oleh ESB (PT Esensi Solusi Buana) demi membantu berbagai proses pemesanan yang didukung mode transaksi yang bermacam – macam dan sistem pembayaran yang lengkap, jadi makin gampang bukan? Langsung pesan saja kalau begitu ya!

Leave a comment