Bisnis kuliner selalu memiliki panggung istimewa di kalangan bisnis. Inovasi tanpa hentinya terus dilakukan, mengingat pasar dan persaingan bisnis ini sangatlah luas. Salah satu hal yang sedang ngetren di kalangan pebisnis kuliner adalah konsep food truck. Food truck sendiri memiliki konsep menjual makanan lewat mobil berukuran besar, terdapat dapur kecil untuk menyiapkan makanan.

Selama ini, food truck sering dijumpai di beberapa negara barat seperti Amerika misalnya. Mungkin sebagian dari kamu sudah pernah melihat gambaran food truck di beberapa acara TV luar negeri, entah itu film, reality show, atau lainnya. Namun, tidak ketinggalan, konsep food truck juga sudah banyak ditemukan di Indonesia, entah di bisnis makanan maupun minuman.

Sebagai pemula yang ingin memulai bisnis berkonsep food truck, alangkah baiknya kamu tidak sembarangan dalam melakukan preparasi dan eksekusi. Berikut akan dipaparkan beberapa tips dan trik yang bisa kamu perhatikan jika ingin memulai food truck!

  1. Survey lokasi bisnis

Langkah pertama dan menjadi salah satu hal penting dalam memulai bisnis truk makanan adalah mencari tahu apakah lokasi tersebut memiliki wewenang atau kebijakan memperbolehkan food truck di tempat.

BACA JUGA : Mudahnya Masak Nasi Liwet Solo Terkenal, Bisa Coba di Rumah

Beberapa kota memiliki batasan untuk vendor yang mobile atau dapat ke mana saja. Sehingga kamu harus memastikan terlebih dahulu lokasi mana yang memperbolehkan dan tidak, dari sini kamu juga harus mengevaluasi lokasi tersebut strategis menjangkau pasar atau malah aksesnya susah dijangkau. Hal ini akan sangat mempengaruhi bisnis kamu kedepannya.

  1. Estimasi budget

Tentunya bisnis food truck akan memakan biaya jauh lebih murah daripada restoran yang dibangun dengan bata dan semen. Sebuah truk makanan itu sendiri membutuhkan biaya hanya hingga mencapai ratusan juta Rupiah.

Namun, jika dibandingkan dengan bisnis franchise atau kios/stan pada umumnya, tentu bisnis food truck akan memiliki estimasi modal yang lebih tinggi. Faktor anggaran ini yang juga harus kamu pertimbangkan dan disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan bisnis kamu. Ingat bahwa perencanaan yang tepat sangat penting untuk keberlangsungan bisnis itu sendiri!

  1. Izin dan lisensi

Selain izin dari lokasi atau vendor dimana kita jualan, hal yang harus disiapkan adalah izin resmi dari pihak berwenang di lokasi tersebut. Tergantung di mana kamu melakukan bisnis, kamu mungkin perlu mengajukan permohonan untuk izin khusus dan izin lainnya. Terkadang, jumlah izin diperbolehkan dalam satu area namun dibatasi dan menyebabkan waktu menunggu yang lama bagi pemilik truk makanan. Karena tidak bisa dipungkiri bisnis semacam ini terkadang dapat menimbulkan keramaian dan/atau penggunaan akses publik seperti jalan atau trotoar.

  1. Kesehatan dan keselamatan

Hal penting yang terkadang sering disepelekan adalah faktor kesehatan dan keselamatan. Jika kamu berencana untuk menjual makanan kepada publik, baik di rumah atau melalui truk makanan, kamu perlu mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan keselamatan pekerja dan pelanggan. Makanan harus disimpan, disiapkan dan disajikan dalam kondisi sanitasi, pada suhu yang tepat, untuk menghindari kerusakan makanan. Sebaiknya kamu juga perlu untuk mengajukan permohonan izin kesehatan sebelum dapat melakukan bisnis.

Patuhi peraturan yang diperlukan untuk memastikan bisnis truk makanan kamu aman, baik dari sisi cara penyajian makanan serta sisi kondisi mesin dan kendaraan. Pastikan semua aman dan layak beroperasi sehingga bisa menumbuhkan keyakinan dan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis kamu. 

  1. Manfaatkan media sosial

Di era kemajuan teknologi seperti saat ini, penggunaan media sosial dalam mengembangkan bisnis tidak boleh dilupakan. Kamu bisa menggunakan strategi marketing yang tepat melalui sosial media agar bisnis kuliner yang kamu jalankan banyak dikenal masyarakat. Memilih menggunakan beberapa food influencer juga tak ada salahnya, pengaruhnya bisa sangat signifikan dalam mempromosikan kuliner yang kamu jual.

  1. Mitra dengan jasa pengiriman makanan online

Hayo siapa yang belum pernah menggunakan jasa pengiriman makanan online? Mungkin sebagian besar dari kalian sudah pernah mencoba membeli makanan via aplikasi pengiriman online.

Kamu bisa menjangkau pasar lebih luas apabila mendaftarkan bisnis kamu dalam aplikasi semacam ini. Jangan lupa gunakan strategi yang tepat semacam promo atau bonus penjualan. Foto produk yang menarik juga harus diperhatikan untuk menggugah minat calon pelanggan agar membeli di lapak bisnismu.

Itu dia tips dan trik yang harus diperhatikan dalam memulai bisnis kuliner dengan konsep food truck. Kamu harus mulai memperhatikan setiap detail dari bagian bisnis agar bisnis kamu dapat berjalan dan berkembang optimal di tengah ketatnya persaingan. Salah satunya adalah keenam poin di atas yang wajib kamu perhatikan.

Leave a comment