Apakah kamu akan membuka kedai minuman kekinian dalam waktu dekat? Sudahkah persiapan kamu sudah matang? Atau jangan-jangan kamu hanya berfokus pada besarnya modal tanpa memperhitungkan detail bisnismu. Kedai minuman kekinian saat ini merupakan bisnis yang menjamur di berbagai daerah. Baik kota besar maupun kota kecil, sebuah kedai dapat dengan mudah ditemui. Berbagai varian minuman kekinian seperti boba, matcha, dan thai tea menjadi andalan hampir di setiap kedai. Kamu tidak perlu khawatir jika produkmu tidak laku, sebagian besar milenial dan Gen-Z adalah pecinta minuman kekinian ini.

Untuk kamu yang akan membuka kedai minuman kekinian, simak beberapa persiapan yang harus kamu lakukan berikut ini.

  1. Lokasi Strategis

Lokasi kedai minuman kekinian sebaiknya terletak di tempat yang strategis namun tidak bising oleh kendaraan. Pengunjung kedai tentunya tidak akan nyaman apabila mendengar suara kendaraan yang berlalu lalang. Lokasi yang strategis akan berpengaruh terhadap branding kedaimu.

Pastikan kedai milikmu dekat dengan pusat kerumunan dan bukan jalan buntu. Hindari juga membuka kedai di dalam gang atau masuk perumahan yang aksesnya dibatasi.

  1. Desain Interior

Tidak perlu kedai yang luas untuk membuka usaha minuman kekinian ini. Kamu hanya perlu mendesain kedai milikmu senyaman dan seestetik mungkin, sehingga pengunjung pun betah untuk singgah lebih lama di kedai.

Pastikan juga sirkulasi udara atau AC terpasang dengan baik untuk menghindari panas dan rasa tidak nyaman oleh pelanggan. Jangan lupa lengkapi juga kedaimu dengan fasilitas umum seperti toilet, smoking area, dan Wi-Fi

BACA JUGA : Ampuh! 5 Makanan untuk Meningkatkan HB

  1. Varian Rasa

Cobalah untuk membuat racikan susu, sirup, dengan berbagai macam varian rasa untuk minuman di kedaimu. Jadikan racikan minuman milikmu berciri khas dibandingkan milik kedai pesaingmu. Jangan lupa gunakan bahan yang berkualitas agar rasa minuman kekinian di kedaimu semakin nikmat.

Tambahan topping boba, biskuit, maupun puding juga harus kamu siapkan untuk melengkapi minuman kekinian.

  1. Harga

Dalam menentukan harga produk, kamu juga harus menentukan segmen pasar yang akan kamu tembus dan lokasi usaha kedai milikmu. Harga yang dipatok dengan lokasi kedai di mall tentunya berbeda dengan kedai yang dibuka di daerah.

Perhatikan juga harga yang dipatok pun juga berpengaruh terhadap kualitas rasa minuman yang kamu buat.

  1. Kemasan

Desain kemasan yang eye catching tentunya juga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Perhatikan juga logo kedai yang ditempel pada kemasan dan desain pelengkapnya.

Kamu juga bisa menambahkan paper bag atau shopping bag untuk menu take away. Tentunya dengan tambahan biaya yang ditanggung oleh konsumen.

  1. Siapkan Snack

Snack atau cemilan pendamping minuman kekinian juga harus kamu siapkan untuk melengkapi kedaimu. Mulai dari french fries, takoyaki, hingga potato wedges.

Pengunjung pun dapat menikmati waktu santai mereka dengan segelas minuman dan cemilan yang telah kamu sediakan.

  1. Pemasaran

Hal terakhir yang tak kalah penting adalah pemasaran yang kamu lakukan baik di media sosial maupun secara langsung. Pastikan kedai minuman milikmu memiliki akun media sosial dan aktif mempost aktivitas kedai minuman tersebut.

Kamu juga bisa melakukan promosi melalui promo paket maupun gratis bersyarat yang secara tidak langsung akan meningkatkan penjualanmu.

Itulah beberapa hal yang harus kamu persiapkan sebelum membuka kedai minuman kekinian agar usahamu dapat segera berkembang. Dengan menerapkan ketujuh hal di atas maka bisa dipastikan kedai minuman kekinian milikmu akan dengan mudah dilirik oleh para pelanggan!

Leave a comment