Merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia tentunya harus dilakukan dengan meriah. Tidak hanya dalam bentuk upacara saja, terkadang perayaan 17 Agustus juga dilakukan dengan sebuah lomba menarik. Salah satu acara tahunan yang sering diselenggarakan adalah menu lomba masak 17 Agustus.

Di dalam lomba masak 17 Agustus, para peserta harus menyajikan masakan yang identik dengan perayaan kemerdekaan Indonesia. Tentunya setelah lomba itu selesai, makanan tersebut akan dibagikan bersama warga sekitar sebagai bentuk syukuran.

Menariknya, selain bisa menjadi hidangan di rumah, lomba masak ini juga bisa dijadikan variasi menu di restoran atau bisnis f&b milikmu, lho. Tak hanya itu, untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang spesial ini, menu tersebut juga bisa menjadi peluang dalam menaikkan omzet penjualan!

Hal tersebut karena pastinya beberapa orang akan merayakan hari yang spesial ini bersama keluarga ataupun orang-orang terdekat dengan makanan-makanan bertema merah-putih. Bahkan beberapa restoran besar yang terkenal di Indonesia sering kali menghadirkan menu spesial mereka sebagai menu terbatas, yang sering kali menjadi incaran banyak orang.

Untuk mengetahui apa saja menu lomba masak 17 Agustus yang cocok disajikan dan bisa dijadikan menu spesial di restoran atau usaha kuliner milikmu, simak ulasannya di bawah ini.

1.     Tumpeng Merah Putih

nasi tumpeng merah putihsumber : Fimela.com

Bisa dikatakan, tumpeng merah putih adalah salah satu menu lomba masak 17 Agustus yang paling sering dilombakan. Apabila tumpeng pada umumnya adalah warna kuning, maka pada saat lomba dibuat gradasi warna seperti bendera Indonesia.

BACA JUGA : Table Setting Adalah: Pengertian, Sekaligus Alat-Alat Yang Dibutuhkan

Warna putihnya berasal dari nasi putih, sedangkan bagian merah adalah dari beras merah dan dibuat mengerucut. Menu ini secara umum dilengkapi dengan lauk pauk seperti telur, ayam goreng, perkedel, tempe, kentang, dan makanan lainnya. Makna membuat tumpeng merah putih ini adalah sebagai wujud syukur mengenai keberhasilan yang dicapai.

2.     Bubur Merah Putih

menu lomba masak 17 agustus: bubur merah putihsumber : Tastynesia

Menu lomba masak 17 Agustus lainnya yang sering dibuat adalah bubur merah putih. Warna merah pada bubur tersebut sumbernya dari gula merah. Lalu warna putihnya adalah campuran dari santan kelapa.

Makna membuat bubur merah putih ini adalah lambang rasa syukur yang sama dengan tumpeng di poin pertama di atas. Selain itu, mengkonsumsi bubur merah putih ketika hari 17 Agustus tiba adalah sebagai tanda wujud syukur terhadap Indonesia yang sudah merdeka.

3.     Telok Pindang

Telok pindangsumber : Genpi Sumsel

Telok pindang atau telur pindang merupakan masakan yang bahan dasarnya adalah telur ayam. Cara memasaknya adalah merebus telur ayam selama lima jam dengan campuran daun salam, kulit bawang, gula merah, dan juga asam jawa. Bisa dikatakan, ini adalah menu lomba masak 17 Agustus yang khas dari kota Palembang.

Berdasarkan sejarahnya, Telok Pindang dihidangkan sebagai memperingati ulang tahun Ratu Belanda saat itu, Wilhelmina pada masa kolonial. Di zaman sekarang, Telok Pindang beralih menjadi tradisi unik untuk merayakan HUT Republik Indonesia.

4.     Klepon Merah Putih

klepon merah putihsumber : detikFood

Menu lainnya yang kerap dibuat adalah Klepon Merah Putih. Secara umum, klepon dominan berwarna hijau. Akan tetapi, makanan satu ini kerap dibuat menjadi merah dan putih saat perayaan Kemerdekaan Indonesia.

Kue yang berasal dari Jawa Tengah ini terbuat dari tepung beras ketan yang di tengahnya sudah diisi gula merah. Saat menyantapnya, sensasi gula merah yang manis membuat klepon sangat disukai masyarakat Indonesia.

5.     Nasi Tiwul

nasi tiwulsumber : Indonesiana

Selanjutnya ada nasi tiwul yang juga kerap dijadikan menu lomba masak 17 Agustus. Nasi tiwul ini terbuat dari singkong yang diracik menggunakan bumbu sederhana sebagai bahan pelengkap. Makanan ini memiliki makna sebagai pengingat kondisi ekonomi masyarakat Indonesia pada masa penjajahan.

Di zaman sekarang, nasi tiwul bisa dimakan dengan tambahan kelapa parut, gula merah, dan berbagai lauk pauk lainnya sesuai dengan keinginan.

6.     Telor Abang

Menu terakhir yang kerap disajikan adalah telor abang atau bisa juga disebut telur merah. Pembuatannya sendiri adalah telur direbus dengan campuran pewarna makanan yang tentunya aman dikonsumsi.

Tidak jauh berbeda dengan telok pindang, kudapan ini berasal dari Palembang. Bahkan, para penjual kerap menjajakan telor abang ini pada saat acara 17 Agustus saja.

Demikian menu lomba masak 17 Agustus yang cocok disajikan di rumah. Kira-kira makanan mana yang ingin kamu buat saat Hari Ulang Tahun Republik Indonesia tiba?

Leave a comment