Memori masa kecil tentu menyimpan sejuta kenangan manis, apalagi buat kamu yang melewati masa kecil di era 90-an. Disaat teknologi belum berkembang seperti sekarang, permainan dan jajanan menjadi hal yang paling menarik bagi anak kecil di masa itu.

Berikut Jajanan Masa Kecil Anak 90an Yang Bikin Kangen

  1. Telur Gulung

Telur gulung menjadi salah satu jajanan hits di era 90-an. Cemilan ini terbuat dari telur yang telah dikocok kemudian dituang ke minyak panas dan digulung dengan stik kayu hingga matang. Proses membuatnya sangat cepat dan dapat disantap selagi hangat. kamu pun dapat menambahkannya dengan saus tomat maupun sambal cair sesuai selera.

BACA JUGA : Resep Dorayaki Kesukaan Doraemon Terenak! Cocok Buat Camilan Keluarga

  1. Permen Rokok

Siapa diantara kalian yang suka membohongi teman kalian dengan mengatakan bahwa kalian merokok pakai permen ini? Isi dari permen rokok tersebut hanyalah susu bubuk rasa coklat dan vanila. Tapi, lucunya permen ini dibentuk dan dikemas seperti rokok. Tenang saja, ini bukan rokok beneran, jadi jajanan yang satu ini aman dikonsumsi oleh anak-anak.

  1. Coklat Payung

Sesuai namanya, bentuk coklat ini tampak seperti payung yang tertutup dan dibungkus oleh kertas warna warni mengkilap. Tak hanya itu, ada pula gagang yang menjadi penopang coklat ini persis seperti payung yang kita kenal pada umumnya.

  1. Permen Susu

Permen yang terbuat dari susu ini layaknya permen biasa yang dibungkus kertas bergambar panda. Saat dibuka, kamu akan menemukan lapisan seperti kertas tembus pandang yang mengelilingi permen. Uniknya, kertas bagian dalam dari permen ini juga bisa dimakan.

  1. Es Serut

Biasanya, penjual es serut mudah ditemui di sekitar sekolah. Penjual akan mengeluarkan es batu berukuran besar yang kemudian diserut secara manual menggunakan tangan. Es serut dapat dibentuk batangan atau ditaruh di gelas dengan campuran sirup warna-warni yang menarik perhatian anak-anak.

  1. Rambut Nenek

Jajanan ini disebut sebagai rambut nenek karena berwarna pink pucat hampir putih. Rasanya yang manis dipadu dengan kerupuk tawar yang biasanya hadir dengan warna putih atau pink. Karena harganya tergolong murah saat ini sehingga menjadi pilihan anak-anak di era 90-an. Kini jajanan ini banyak dimodifikasi baik dari segi kemasan maupun penyajian dan dijual dengan harga lebih tinggi tentunya.

  1. Permen Gulali

Permen gulali yang biasa dijual di depan sekolah atau keliling di perkampungan ini menarik perhatian anak-anak karena warna dan bentuknya yang bervariasi. Penjual bisa membentuk gulali ini menjadi terompet, bunga, ayam, dan bentuk unik lainnya. Bentuk hewan dan bunga biasanya paling dominan dicari oleh anak-anak. Peminat gulali ini bukan hanya kalangan anak-anak, bahkan orang dewasa pun tertarik dengan jajanan manis ini. Tak heran, makanan yang satu ini masih cukup hits sampai saat ini.

  1. Es Gabus

Es warna-warni berbahan dasar tepung hunkwe ini cukup populer di kalangan anak sekolah dulu. Selain rasanya yang manis, jajanan ini menarik dengan warna seperti pelangi. Es ini juga mempunyai sensasinya tersendiri ketika memakannya, terasa lembut dan dingin secara bersamaan ketika memakannya. Rasanya semakin manis dengan tambahan susu kental manis coklat diatasnya. Jajanan yang satu ini cocok untuk di makan pada waktu siang hari. Hingga saat ini, es gabus masih banyak dijual dan diminati bukan hanya oleh kalangan anak-anak saja lho!

  1. Permen Kacamata

Salah satu daya tarik bagi anak-anak saat melihat jajanan yaitu pastinya dari segi bentuk dan juga kemasannya. Permen kacamata merupakan sebuah coklat dengan beraneka macam warna. Selain itu, kemasannya yang seperti kacamata, membuat banyak anak-anak yang tertarik membelinya.

  1. Mie Lidi

Siapa yang nggak kenal dengan camilan ini? Mie lidi masih eksis sampai sekarang, lho! Jika saat masih kecil kamu sering menjumpai mie lidi dengan kemasan plastik es lilin, sekarang mie lidi dijual dengan kemasan kekinian. Mulai dari kemasan kotak makan hingga kemasan plastik yang lebih besar. Mie lidi juga memiliki berbagai varian rasa seperti asin, asin pedas, keju, dan sebagainya.

  1. Permen Pendekar Biru

Salah satu permen yang jadi favorit anak 90an adalah permen pendekar biru. Permen ini cuma memiliki satu rasa, yaitu raspberry. Saat dimakan, permen ini akan meninggalkan warna biru di lidah. Mungkin terlihat biasa, tapi percayalah pada saat itu, lidah yang berwarna biru itu sangat keren seperti jagoan dan setiap anak akan berlomba memiliki lidah paling biru.

  1. Es Wawan

Es wawan sangat legendaris pada era 90-an hingga saat ini. Bentuknya yang unik disertai warna-warna pilihan yang bervariasi. Warna pada es wawan menunjukkan rasa dari es wawan itu sendiri. Ada coklat, vanila, strawberry, kopi, dan lain sebagainya. Es wawan dikonsumsi dalam kondisi beku, biasanya anak-anak memilih membagi es wawan menjadi dua bagian saat dinikmati.

Nah, itu dia beberapa jajanan masa kecil anak 90-an pada masanya. Kalau jajanan kesukaan kamu yang mana nih?

Leave a comment