Bisnis kuliner atau yang biasa dikenal dengan F&B (Food and Beverage) merupakan salah satu jenis usaha yang masih berkembang dan akan terus eksis sekalipun dalam kondisi resesi ekonomi yang terjadi. Ketua Umum Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI) pun berpendapat, bahwa bisnis waralaba yang masih bisa tertahan saat ini adalah produk food and  beverage khususnya di tengah berbagi pembatasan sosial. Alasannya karena makanan dan juga minuman merupakan salah satu kebutuhan primer manusia.

Maka dari itu, kesempatan dalam bidang bisnis kuliner berpeluang besar meraih banyak keuntungan. Ditambah banyaknya kegiatan yang dilakukan hanya di rumah saja, pada masa pandemi seperti ini, tidak sedikit rumah tangga yang kewalahan dalam melakukan aktivitas sehari-hari, mulai dari bekerja, mengurus anak sekolah dll. Sehingga, mereka akan mencari solusi yang mudah, yaitu dengan membeli makanan secara online.

Yang namanya bisnis, pastinya tidak akan aman-aman saja. Terlebih lagi industri primadona seperti F&B, tentunya akan banyak pelaku usaha juga yang ikut serta. Artinya persaingan akan ketat. Bagaimana kamu bisa memenangkan pasar, bergantung pada bagaimana kamu mempelajari/menganalisa data transaksi atau penjualan kamu. Data transaksi sangat penting sebagai evaluasi dan analisis bisnis kamu. Contohnya, dalam minggu ini produk mana yang banyak dibeli, pada hari apa saja customer kamu banyak aktif. Semua ini dapat diamati dengan mudah jika kamu menyimpan data transaksi.

Dengan memanfaatkan hal tersebut, tentunya kamu bisa membuat penjualan kamu lebih efisien dan tidak membuang banyak waktu. Nah, bagaimana kamu bisa melihat data transaksi secara rapi dan jelas? Yuk kenalan dengan program kasir, atau biasa disebut teknologi POS.

Apa itu Aplikasi Kasir atau Teknologi POS?

Data TransaksiSumber: Freepik

Mungkin sebagian besar orang masih belum mengerti apa itu Teknologi POS (Point of Sales) atau aplikasi kasir. Atau mungkin kalian yang baru membangun bisnis masih mempertimbangkan, apakah kalian sebaiknya menggunakan POS atau tidak. Mari para pengusaha, kita pelajari teknologi ini untuk efektifitas dan efisiensi usahamu.

Apa itu Teknologi POS atau Aplikasi Kasir? POS adalah suatu sistem yang digunakan oleh berbagai macam usaha ritel untuk menyelesaikan transaksi jual beli. Teknologi POS sampai hari ini terus berkembang dengan berbagai fitur yang mempermudah pengusaha mengurus usahanya tanpa harus khawatir. POS atau Point of Sales sampai hari ini sudah sangat banyak digunakan oleh beragam jenis usaha, seperti Coffee Shop, restoran, foodcourt, salon, barbershop, dan lain-lain.

Aplikasi kasir atau teknologi POS secara umumnya memiliki fitur-fitur yang sama, seperti fitur untuk memasukkan pesanan pembelian, mencetak struk, dan juga membuat laporan penjualan secara berkala. Dengan manfaat dari teknologi POS tersebut, kamu sebagai pengusaha tidak perlu lagi khawatir data transaksi tercecer, sehingga kamu bisa lebih bebas dalam melakukan evaluasi, analisis untuk mengembangkan bisnis F&B ke depan.

Selain dapat menunjukan data penjualan, dengan teknologi POS kamu juga bisa menghitung laba-rugi yang dihasilkan oleh bisnismu. Dengan begitu, kamu juga bisa mengembangkan usahamu lebih luas, semisal kamu butuh modal lebih untuk membuka cabang, investor akan bisa melihat data transaksi bulanan kamu sebagai pertimbangan dia dalam menginvestasikan uangnya kepadamu.

Jadi bagaimana para pengusaha, siap mengembangkan bisnis lebih dari sekarang? Tak perlu lagi pusing menghitung data transaksi secara manual, apalagi kebingungan laba-rugi bulanan, tak perlu risau, dengan adanya teknologi POS semua data transaksi akan tercatat dengan baik.

Leave a comment