Manajemen restoran merupakan hal terpenting bila Anda ingin membuka bisnis usaha kuliner satu ini. ilmu manajemen menjadi salah satu disiplin ilmu yang selalu dihadirkan untuk dapat mengatur jalannya bisnis tertentu.

Semua bidang usaha tentu saja memerlukan manajemen yang sesuai. adanya manajemen ini berguna sekali dalam hal pemantauan hingga mengatur. Mulai dari mengatur para karyawan hingga konsep usaha bisnis yang sudah dibangun.

Kali ini kami akan mengulas secara lengkap mengenai manajemen restoran yang paling dasar wajib untuk Anda ketahui sebelum dan sesudah menjalankan usaha kuliner ini.

Pengertian Manajemen Restoran

Pengertian Manajemen RestoranSumber : Barantum

Perlu Anda ketahui yang dimaksud dengan manajemen restoran ini merupakan suatu profesi yang mana berhubungan langsung pada pengelolaan sebuah restoran.

Sekarang ini untuk memilih manajemen restoran sudah tersedia disini dengan pelayanan terbaik kepada para konsumennya. Anda juga dapat mencoba jasa pengelolaan restoran disini.

BACA JUGA : Chef Adalah.. Yuk Kenalan Sama Profesi Chef

Selain itu juga, pengelolaan restoran ini mulai dari mengatur para karyawannya, menu apa saja yang harus disediakan dan sesuai dengan restoran tersebut.

Fungsi Manajemen Restoran

Fungsi Manajemen RestoranSumber : Unsplashed

Dalam mengelola restoran memang bukan hal yang mudah bagi para pemilik usaha tersebut. Dengan adanya manajemen restoran ini memiliki fungsi yang sangat baik dan berperan penting bagi usaha kuliner ini.

Fungsi dari manajemen yang dimaksudkan adalah sebagai pengendali dan pengelola para karyawan. Fungsinya memang untuk mencari karyawan yang benar – benar kompeten di bidangnya, serta memiliki wewenang untuk memutuskan atau memberhentikan karyawan yang bermasalah.

Kemudian ada pula fungsinya sebagai persetujuan dan mengelola anggaran di dalam usaha tersebut. Ini merupakan cara terpenting untuk menjaga restoran tetap stabil dan juga untuk mengetahui anggaran yang sudah masuk dan keluar dalam bisnis tersebut.

Ada juga fungsinya sebagai standar dari kebersihan dan keamanan supaya terpenuhi. Hal tersebut memang sangat penting agar para pengunjung merasa nyaman dan betah saat berada di restoran.

Sistem Manajemen Restoran

Sistem Manajemen RestoranSumber : Unsplashed

Membangun suatu sistem manajemen restoran ini memang harus dilakukan. Namun, tidak bisa Anda kerjakan dalam waktu sehari saja. Dibutuhkan waktu dan analisis yang tepat dan sesuai dengan kondisi restoran.

Sistem yang dibuat ini bisa dilihat dari kualitas produk yang ditawarkan. Mulai dari cita rasa masakan yang disajikan hingga standard kebersihan dari makanan tersebut.

Mampu untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen atau pelanggan. Ini menjadi hal yang sangat penting, karena kepuasan pelanggan adalah hal yang paling utama dan selalu diperhatikan dengan baik.

Selanjutnya adalah dengan membuat SOP yang berlaku bagi seluruh karyawan di dalam restoran. Hal ini sudah menjadi standard yang memang harus ada di semua sektor usaha. Supaya dijadikan sebagai acuan para karyawan yang bekerja.

Struktur Manajemen Restoran

Struktur Manajemen RestoranSumber : Magazine Job Like

Salah satu contoh dari struktur dari manajemen restoran menengah ini biasanya seluruh tanggung jawab operasional restoran berada di bawah Head Waiter.

Yang dimaksudkan dengan head waiter ini adalah seseorang yang mempunyai wewenang dan juga jabatan tertinggi di dalam divisi service. Untuk tugas kerjanya seperti memberikan pengetahuan lengkap dengan arahan menu kepada seluruh staf di bawahnya.

Bertanggung jawab penuh dalam hal pengawasan kelancaran dari alur pelayanan yang ada di restoran tersebut.

Di bawah head waiter ini ada asisten head waiter yang mana akan membantu pekerjaan dari head waiter. Peranan ini tentu akan bekerja sama dengan posisi yang paling atas sehingga pekerjaan dapat diselesaikan dengan semaksimal mungkin.

Selanjutnya ada kapten yang bertugas dan tanggung jawab untuk melayani seluruh tamu dengan berbagai situasi dan kondisi. Mulai dari mengawasi kinerja para waiter, mengawasi kebersihan di lingkungan restoran hingga bertanggung jawab atas perlengkapan di restoran tersebut.

Waiter adalah posisi yang terakhir dengan tugas pekerjaannya melayani semua tamu yang datang. Selain itu, selalu menjaga kebersihan lingkungan restoran, memberikan pelayanan terbaik kepada para tamu hingga mencuci piring dan gelas bekas tamu.

Tips Mengelola Manajemen Restoran

Mengelola Manajemen RestoranSumber : ajar id

Tips untuk bisa mengelola manajemen restoran ini bisa dimulai dari menu apa yang bakalan disajikan. Pastikan untuk menu makanan dan minuman ini telah terkonsep secara matang, dari mulai daftar bahan hingga biaya dari menu tersebut.

Selalu mengawasi biaya makanan dan operasional dari restoran. Untuk operasional, coba gunakan teknologi restoran, salah satunya ESB Restoran akan bisa dikelola dengan lebih efisien. Biaya ini menjadi hal terpenting dan harus selalu ditinjau selama menjalankan manajemen restoran di bidang pengeluaran dan pemasukan yang sudah ada.

Leave a comment