Bisnis makanan yang semakin menjamur mendorong para pelaku bisnis turut berlomba-lomba melakukan inovasi dalam mengembangkan bisnisnya.

Salah satu inovasi yang bisa kamu terapkan adalah mendaftarkan bisnis makanan kamu pada layanan pesan antar makanan. Layanan ini memang sudah tidak asing lagi khususnya bagi para pelaku bisnis kuliner.

Berbagai macam nama layanan yang ada dengan berbagai kelebihan dan keunggulannya masing-masing. Layanan pesan antar makanan banyak dipilih penjual karena berbagai fitur-fitur yang ditawarkan, hal ini yang menjadi titik keunggulan utama daripada bisnis kuliner konvensional.

Namun, fitur-fitur yang ada akan terasa sayang apabila tidak diiringi dengan strategi yang tepat. Padahal pemanfaatan layanan pesan antar makanan akan lebih optimal jika kamu memahami penggunaannya dengan tepat dan sesuai.

BACA JUGA : 7 Rekomendasi Street Food Malaysia yang Bikin Nagih

Simak Layanan Pesan Antar Makanan Untuk Mendongkrak Penjualan

1. Nama Restoran Mudah Ditemukan

Salah satu layanan dasar yang akan kamu dapatkan dengan menggunakan layanan pesan-antar makanan adalah nama resto kamu akan mudah ditemukan dengan adanya fitur pencarian.

Tapi kamu perlu menggarisbawahi bahwa pastikan nama resto yang kamu daftarkan mudah ditemukan oleh calon pembeli. Kalau untuk bisnis kuliner skala besar, menggunakan nama merchant atau nama toko tidaklah menjadi masalah karena brand sudah banyak dikenal.

Tapi kalau usaha kuliner rintisan, kamu perlu menggunakan nama yang tepat. Misalnya kamu menjual nasi goreng, maka nama toko yang kamu gunakan harus mengandung unsur nasi goreng. Misalnya “Nasi Goreng Mantap” dan nama lain sesuai nama usaha makanan kamu.

Setidaknya, nama makanan atau minuman yang kamu jual menjadi identitas nama merchant kamu. Karena kebanyakan, konsumen akan mengetikkan nama menu yang mereka cari, bukan nama merchant atau nama toko.

Jadi tips pertama untuk strategi layanan pesan antar adalah gunakan nama merchant yang sama dengan jenis makanan yang kamu jual.

2. Fitur Urutan Lokasi Usaha 

kamu harus mengenal karakter dan kondisi di sekitar lokasi kamu menjalankan usaha, karena konsumen akan lebih memilih lokasi merchant terdekat supaya menghemat ongkir dan mempersingkat waktu tunggu.

Jadi titik lokasi merupakan hal yang sangat penting dalam strategi layanan pesan antar. kamu bisa menjual makanan yang sesuai dengan pasar dan target penjualan kamu menyesuaikan dengan lingkungan sekitar lokasi kamu berjualan.

Pemilihan lokasi berjualan yang strategis juga menjadi salah satu strategi dalam meningkatkan penjualan. Misalnya lokasi yang dekat dengan perkantoran, kampus, ataupun tempat umum lainnya akan relatif memiliki angka penjualan yang lebih tinggi.

3. Jam Operasional Resto

Salah satu keuntungan menggunakan layanan pesan antar makanan adalah adanya fitur jam operasional resto. Strategi layanan pesan antar dalam menjalankan bisnis kuliner, harus dipahami waktu-waktu tertentu di mana pesanan meningkat.

Waktu ini biasanya bergantung pada mayoritas calon konsumen yang ada di sekitar tempat kamu jualan. Kalau mayoritas mahasiswa, maka waktu yang efektif adalah pagi sebelum jam 8, siang pada jam makan siang, dan malam hari saat jam makan malam.

Beda halnya kalau konsumen kamu mayoritas pekerja kantoran. Mereka akan ramai pada saat jam makan siang saja.

Supaya lebih efektif, sebaiknya buka merchant minimal 12 jam yang menjangkau jam-jam ramai. Dengan begitu kamu dapat mengoptimalkan jam operasional bisnis kuliner kamu.

4. Daftar Menu

Manfaat lainnya dari layanan pesan antar makanan adalah kamu dapat menawarkan daftar menu makanan yang kamu jual melalui aplikasi online.

Menu makanan yang disajikan menjadi daya tarik utama dalam bisnis kuliner. Sajikan berbagai menu yang menarik, memiliki cita rasa khas dan berkualitas. Cari tau menu seperti apa yang paling banyak dicari oleh konsumen.

Menu-menu yang menjual akan mendongkrak bisnis kuliner kamu. Selain sajian menu yang menarik, kamu juga harus memperhatikan kualitas dan kebersihan menu yang disajikan. Pastikan olahan makanan yang kamu jual berkualitas. Pasang gambar terbaik untuk menu yang kamu tawarkan.

Tampilkan gambar yang dapat menggiurkan konsumen. Tempatkan gambar menu terbaik pada foto utama merchant di aplikasi. Selain itu gunakanlah gambar yang asli, karena tidak jarang konsumen kecewa karena makanannya tidak sesuai dengan gambar.

5. Program Promo Menarik

Sudah bukan hal asing lagi, harga menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi psikologis konsumen. Mereka bisa jadi berubah pikiran dalam sekejap ketika melihat makanan dengan harga yang menarik. Jadi, buatlah penawaran harga yang menarik sebagai strategi layanan pesan antar kamu.

Selain itu, untuk menarik perhatian pelanggan, kamu bisa menawarkan menu paket lengkap. Paket lengkap disini misalnya menu yang ditawarkan sudah termasuk minuman yang diberikan secara gratis. kamu bisa memberikan harga menu paket lebih murah daripada membeli satuan.

Buatlah konsumen merasa untung banyak saat membeli menu makanan yang kamu jual.

Nah setelah mengetahui beberapa poin di atas, jika kamu adalah seorang pebisnis F&B, saatnya kamu juga memilih layanan pesan antar makanan yang terbaik untuk bisnis makanan kamu!

Leave a comment