Tren pembayaran di kasir menggunakan QR barcode scanner sudah banyak dijumpai di berbagai tempat makan maupun toko retail lainnya. Terlebih di kondisi pandemi seperti sekarang ini, di mana kontak fisik harus dikurangi guna mencegah penyebaran virus, penggunaan QR barcode scanner kasir dalam pembayaran non tunai semakin digandrungi. Hanya dengan scan QR pada barcode maka secara otomatis pembayaran yang kamu perlukan akan selesai dengan nominal yang sesuai, aman, dan praktis.

QR barcode sendiri merupakan sebuah implementasi teknologi matriks QR Code dalam sebuah bisnis jual beli. QR barcode alias kode batang merupakan sistem yang ditanam dalam komputer yang telah menyimpan data produknya. Kemudian ada sebuah barode Scanner untuk mengakses informasinya termasuk mengetahui harga suatu produk yang dibeli. Dengan begitu saat alat barcode scanner memindai QR Code yang ada pada suatu barang, komputer akan secara otomatis membaca informasi terkait barang tersebut termasuk harga jualnya.

Jika kamu berencana memulai bisnis yang banyak melibatkan transaksi jual beli, penggunaan QR Code akan sangat memudahkan kamu. Pasalnya, menjalankan bisnis membutuhkan segala sesuatu yang cepat dan praktis. Akan ada lebih banyak waktu, tenaga, dan uang yang bisa dihemat dengan menggunakan QR barcode scanner kasir. Ada berbagai alasan mengapa kamu perlu menggunakan teknologi ini untuk bisnismu, simak informasi selengkapnya pada ulasan di bawah ini!

BACA JUGA : 5 Tips Memilih Aplikasi Rekap Orderan yang Tepat Guna

1. Meningkatkan Akurasi

Penggunaan QR barode scanner kasir dinilai dapat meningkatkan akurasi perhitungan jumlah barang yang terjual setiap harinya. Berbeda dengan label harga manual yang memungkinkan adanya kesalahan dalam perhitungan atau selisih angka akibat human error. QR barode scanner juga bermanfaat untuk meminimalisir kesalahan dalam menginput nominal dari setiap pembelian yang ada, sehingga hal ini dapat menghindarkan bisnis dari kerugian baik besar maupun kecil sekalipun. Selain itu, data penjualan juga akan tersimpan dalam sistem yang terpusat hingga menekan kesalahan yang mungkin dilakukan. Keakuratan data dan informasi transaksi yang terekam akan memudahkan kamu dalam melakukan monitoring dan evaluasi bisnis yang sedang berjalan.

2. Informasi dan Data Inventaris Terkontrol

Setelah berbicara terkait akurasi informasi dan data produk serta nominal barang yang terjual, selanjutnya secara tidak langsung kamu akan lebih mudah memantau setiap barang keluar dan masuk, sehingga stok di gudang dapat lebih terpantau dengan tepat. Ini mengurangi kemungkinan terjadinya kehilangan barang baik akibat tindakan penyelewengan maupun kekeliruan pencatatan.

Perhitungan otomatis yang dilakukan oleh QR barode scanner terkait jumlah stok di gudang, akan membuat kamu lebih terkontrol dalam melakukan persediaan barang sehingga tidak sampai mengalami kekurangan maupun kelebihan barang. Proses distribusi dapat lebih diatur dengan rapi dan sistematis, sehingga pelanggan tidak kecewa karena barang yang diinginkan justru kosong. Kamu bisa makin untung deh!

3. Cepat dan Mudah Digunakan

Dua kata kunci, yakni cepat dan mudah. Dua kata tersebut seolah menjadi harapan setiap pelaku bisnis dalam melakukan kegiatan operasional maupun manajemen bisnis. Penggunaan QR barcode scanner akan sangat memudahkan pekerjaan kamu dalam bisnis yang melibatkan transaksi jual beli secara intens. Biasanya jasa penyedia layanan QR Code akan melakukan penginstalan harga ke dalam sistem, sehingga kamu hanya perlu menempelkan QR Code pada scanner. Pekerjaan yang biasanya harus dilakukan pencatatan secara manual, kini bisa lebih cepat dan mudah karena menggunakan QR barcode scanner kasir yang kamu miliki.

4. Biaya Terjangkau

Mungkin banyak di antara kalian yang berpikir bahwa menggunakan QR barode scanner membutuhkan modal dan biaya operasional yang besar. Faktanya, penggunaan alat ini tidak membutuhkan modal besar. Sehingga para pengusaha bisnis kecil tidak menutup kemungkinan menggunakan QR barcode scanner untuk bisnisnya. Mungkin kamu harus mengeluarkan biaya cukup besar ketika pertama kali membeli alatnya. Namun efisiensi dan efektivitasnya sangat sepadan dengan harganya. Bayangkan saja, kamu bahkan bisa mengurangi sumber daya manusia untuk melakukan pekerjaan yang biasanya memakan waktu lama namun bisa lebih singkat dengan adanya alat ini. Bahkan jika kamu terlibat langsung, kamu bisa mengalokasikan waktu dan tenaga untuk lebih fokus dalam pengembangan bisnis kedepannya.

Nah, setelah menyimak ulasan di atas, kamu bisa lebih memahami alasan mengapa kamu perlu menggunakan QR barcode scanner kasir untuk bisnis kamu. Tahukah kamu, bahwa QR barcode scanner bisa digunakan untuk berbagai macam bisnis mulai dari toko retail, perlengkapan rumah tangga, hingga bisnis kuliner seperti restoran maupun kafe. Untuk bisnis F&B, kamu bisa memilih ESB Order sebagai partner bisnismu dalam menggunakan QR barcode scanner kasir. ESB order sendiri merupakan teknologi aplikasi pemesanan yang cocok untuk bisnis kuliner dalam membantu kamu mengenali konsumen melalui berbagai cara. Cocok untuk pemesanan Dine In, Take Away, Delivery, dan Pick Up  yang sangat efisien serta mampu memberikan kenyamanan langsung kepada pelanggan. Tidak hanya itu, ESB Order juga telah terhubung dengan beberapa payment gateway (Xendit, Midtrans, Ipay88, Faspay, ShopeePay, Yukk) yang akan memudahkan pelanggan dalam melakukan pembayaran dengan berbagai metode. Juga didukung dengan sistem layanan pengiriman instan (GoSend, Shipper, Lalamove) dan Loyalti Program. ESB Order juga bisa mengenali promosi bank atau kartu kredit yang diterapkan secara otomatis. Kamu bisa membuka halaman website ESB Order di esb.id untuk informasi produk selengkapnya.  

Leave a comment