Semenjak adanya pandemi, banyak sekali perubahan yang terjadi pada kehidupan kita sehari-hari. Mulai dari aktivitas sekolah, bekerja, bahkan belanja kebutuhan pun mulai beralih secara online. Hal ini tentunya membuat aktivitas dan pergerakan kita semakin terbatas. Tanpa kita sadari, perubahan ini membawa dampak pada kesehatan tubuh, apalagi jika ditambah dengan pola makan yang tidak terjaga. Tanpa tubuh yang sehat tentu daya tahan tubuh kita juga akan lemah sehingga lebih mudah terserang penyakit dari luar.

Beberapa Manfaat Pentingnya Menerapkan Gaya Hidup Sehat di Masa Pandemi

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kita tentu sudah paham betul bahwa salah satu kunci dalam menghadapi pandemi adalah menjaga imunitas dan daya tahan tubuh. Tentu bukan hal mudah untuk menghindar dari virus saat pandemi seperti sekarang. Salah satu cara meningkatkan imunitas tubuh kita, yaitu rutin melakukan olahraga walau dari rumah saja, dan mengkonsumsi buah-buahan secara berkala. Imunitas yang baik dalam tubuh manusia ibarat sebagai ‘tentara’ dalam melawan virus, apabila ‘tentara’ dalam tubuh kita lemah, tentunya virus akan lebih mudah menyerang organ-organ di dalam tubuh kita. 

BACA JUGA : 15 Street Food Jakarta Dengan Harga Miring, Wajib Coba!

2. Semangat dalam Beraktivitas

Mens sana in corpore sano, sebuah kalimat dalam bahasa Latin yang artinya adalah dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Pepatah ini mengartikan bahwa perlu tubuh yang sehat dalam menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik. Sedikit saja keluhan yang kita rasakan, misalnya sakit kepala, tentu hal ini akan sangat mengganggu aktivitas kita seharian. Tenaga lemas, tidak fokus berpikir, bahkan sebagian orang akan memilih tidur seharian di saat sakit. Oleh karena itu, tubuh sehat menjadi kunci utama dalam beraktivitas sehari-hari.

3. Produktivitas Meningkat

Pernah tidak kamu merasa sudah sangat kelelahan padahal baru beraktivitas sebentar saja? Artinya ada yang kurang baik pada kesehatan kamu. Gejala anemia, hipotensi, dan gangguan lainnya bisa menjadi penyebab mudahnya lelah, letih, dan lesu setiap harinya. Tentunya hal ini akan mengurangi produktivitas kita sebagai manusia. Target-target pekerjaan menjadi terganggu karena tubuh kita yang mudah lelah dalam bekerja. Jadi, jangan meremehkan keluhan semacam ini ya, pastikan tubuh kamu dalam kondisi sehat untuk beraktivitas setiap harinya.

Setelah tahu bagaimana manfaat menjaga gaya hidup sehat, lantas apa yang bisa kita lakukan untuk menerapkan gaya hidup sehat terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini? Tidak perlu berpikir terlalu jauh, gaya hidup sehat bisa dimulai dari kebiasaan-kebiasaan kecil di rumah lho! Simak yuk beberapa langkah yang bisa kamu terapkan untuk menjaga kesehatan tubuh!

Cukupi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Nutrisi menjadi sumber utama kebutuhan tubuh kita. Semua proses pencernaan, metabolisme tubuh, hingga regenerasi sel pada semua organ tubuh tentu membutuhkan nutrisi yang cukup. Setiap orang memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda tergantung pada beberapa faktor seperti usia, jenis kelamin, dan aktivitas yang dilakukan setiap harinya. Artinya, kita tidak boleh menyamaratakan kebutuhan nutrisi seorang remaja dengan lansia, karena hal ini akan mempengaruhi kesehatan tubuh. 

Sebagai informasi tentang kebutuhan serat, menurut peraturan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2019 Tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan untuk Masyarakat Indonesia yaitu, untuk laki-laki disarankan mengkonsumsi serat sebanyak 28-37 gram per hari. Sedangkan perempuan, perlu konsumsi serat sebanyak 27-32 gram per hari.

Pola Tidur yang Baik

Dalam menjaga gaya hidup sehat bukan hanya tentang memperhatikan asupan makanan namun juga perlu untuk memperbaiki pola tidur. Saat ini, banyak sekali orang yang memiliki pola tidur berantakan karena berbagai alasan. Padahal salah satu kunci metabolisme tubuh berjalan dengan baik adalah dengan adanya pola tidur yang baik dan cukup. Tubuh kita membutuhkan waktu istirahat yang baik dari segi kualitas maupun kuantitas untuk dapat menjalankan aktivitas sebagaimana mestinya. Berdasarkan National Sleep Foundation, waktu tidur yang direkomendasikan untuk usia dewasa muda (18-25 tahun) adalah 7-9 jam per malam. Perlu diketahui bahwa waktu tidur yang kurang dapat berpotensi menyebabkan penyakit jantung hingga kanker yang mematikan.

Menjaga Pikiran Positif

Setelah berbicara tentang kebutuhan nutrisi dan pola tidur, kita perlu tahu bahwa dalam menjaga gaya hidup sehat tidak hanya tentang fisik namun juga kebutuhan mental kita. Pikiran menjadi salah satu kunci kesehatan tubuh kita. Banyaknya tekanan yang membuat pikiran kita menjadi stress akan mengganggu kesehatan tubuh. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk selalu menjaga pikiran positif demi kesehatan mental maupun fisik kita. Berpikir positif tentu dapat melahirkan ketenangan dan ketentraman hati sehingga dapat membuat tubuh kita lebih kuat dan sehat dalam melawan penyakit.

Nah, setelah mengetahui manfaat dan cara menjaga gaya hidup sehat, kini saatnya kamu memulai perubahan kecil dalam kehidupan sehari-hari demi masa depan yang lebih baik dan sehat tentunya. Memulai terkadang memang tidak mudah, tetapi sesuatu yang telah menjadi kebiasaan akan menjadi sulit untuk kita tinggalkan. Yuk, mulai dari hari ini biasakan diri menjaga gaya hidup sehat dimanapun kita berada untuk mewujudkan kesehatan tubuh kita sendiri maupun keluarga!

Leave a comment