Para pemilik usaha terutama restoran harus memiliki sistem pencatatan yang baik. Karena hal tersebut memudahkan kamu dalam melihat arus kas, stok dan lainnya dengan mudah. Oleh karena itu, nota restoran merupakan hal yang penting bagi setiap restoran.

Tentunya terdapat banyak poin penting dari pemakaian nota tersebut. Hal ini harus kamu pahami dengan baik agar usaha restoran yang dimiliki dapat beroperasi dengan mudah. 

BACA JUGA : 10 Ide Bisnis Di Masa Pandemi Berpotensi Cuan Besar

Beberapa Alasan Pentingnya Nota Restoran

Keberadaan nota restoran sangat membantu pemilik usaha, tentunya membantu hal – hal terkait transaksi bisnis yang mempengaruhi operasional bisnis,antara lain :

1. Memudahkan Perhitungan Penjualan

Nota tersebut sangat penting baik bagi pemilik resto ataupun pembeli. Mengapa? Karena untuk pembeli bisa menjadi bukti pembayaran terutama jika ada item yang tidak masuk dalam pemesanan. Sedangkan bagi pemilik restoran akan memudahkan perhitungan penjualan.

Menghitung penjualan merupakan hal penting bagi pemilik usaha. Karena hal ini mencegah kecurangan para pegawai. Jadi, kamu bisa memeriksa berapa banyak pemasukan yang ada berdasarkan banyaknya penjualan. Karena sering sekali terjadi, pendapatan yang ada tidak seberapa namun menu bahan makanan yang tersedia habis total. Hal tersebut sangat merugikan dan bisa membuat usaha resto menjadi bangkrut.

2. Mempermudah Pencatatan Keuangan

Alasan lain mengapa nota restoran dikatakan penting adalah nota dapat mempermudah pencatatan keuangan restoran. Setiap usaha seharusnya punya sistem pencatatan yang baik agar kamu bisa mengawasi usaha dengan seksama.

Melalui hal tersebut kamu bisa melihat bagaimana perkembangan usaha secara sederhana apakah mengalami peningkatan atau tidak. Jika naik dan turunnya sedikit maka hal tersebut bukan menjadi masalah. Namun, jika penurunannya signifikan maka kamu harus membuat terobosan untuk meningkatkan penjualan.

Jika terjadi kenaikan yang serius maka kamu harus membuat strategi jitu yang bisa mempertahankan penjualan. Selain itu, kamu dapat melihat bagian apa saja yang bisa dikembangkan ataupun ditinggalkan untuk meningkatkan keuntungan. 

3. Mengetahui Trend Penjualan

Nota tersebut juga memiliki kepentingan lainnya yaitu memudahkan kamu untuk melihat trend penjualan. Melalui nota yang ada kamu bisa mengelompokkan item atau menu apa saja yang paling laku.

kamu juga bisa mengelompokkan customer berdasarkan tipe pembeliannya, jenis makanan yang ada dan lainnya. Hal tersebut penting bagi pemilik restoran sehingga bisa melakukan ekspansi bisnis dengan efisien dan efektif.

Kemudian, dengan memahami trend penjualan kamu bisa mengembangkan produk atau menu tersebut dengan baik sehingga mudah diterima konsumen. Pada akhirnya hal ini dapat mengembangkan nama restoran sekaligus memperoleh untung yang besar.

4. Mempermudah Pengecekan Stok  

Keberadaan nota restoran juga memudahkan kamu ketika memeriksa stok bahan makanan yang ada. Karena melalui nota tersebut kamu bisa melihat menu apa saja yang paling laris.

Tentunya menu tersebut memakai sejumlah bahan makanan tertentu dan membuat stok yang dimiliki berkurang. Sebagai pemilik resto masalah stok sangat penting karena jika kurang maka pelayanan kepada konsumen akan berkurang.

Karenanya, stok yang cukup dan lengkap adalah hal terpenting bagi setiap restoran. Terutama bagi resto yang ramai konsumen. Selain itu, kamu juga bisa menghitung pendapatan dan pengeluaran secara rutin karena biaya stok dapat berubah sewaktu-waktu.  

5. Meminimalisir Kesalahan dalam Pemotongan Pajak

Saat mengklaim pajak perusahaan, kamu mungkin akan membutuhkan nota -nota restoranmu untuk diaudit untuk menghindari terjadinya kesalahan (human error).

Kesalahan dalam perhitungan pajak dapat merugikan bisnismu. Kamu mungkin mendapati pemotongan pajak yang lebih besar dari yang seharusnya kamu klaim, ditambah lagi bunga dan denda. Untuk mengantisipasinya, kamu sebaiknya menyimpan nota restoran sebagai bukti dari kesalahan tersebut.

Berbagai alasan utama pentingnya nota restoran di atas tentunya sudah kamu pahami. Oleh karena itu, bagi para pemilik resto kamu sebaiknya menggunakan nota untuk mempermudah pencatatan, perhitungan serta mengetahui trend produkmu.

Leave a comment