Bisnis kuliner merupakan bisnis yang melibatkan berbagai aspek manajemen dan operasional. Mulai dari manajemen stok, keuangan, sumber daya manusia, marketing, dan masih banyak hal lainnya. Penting sekali bagi Kamu untuk menyusun strategi yang tepat dalam menjalankan ke seluruh aspek tersebut. Kamu tentu tidak inginkan jika bisnis Kamu diam di tempat tanpa strategi yang matang? Simak seberapa penting strategi matang yang harus disusun untuk pengembangan bisnis kuliner yang sedang Kamu jalankan berikut ini.

1. Tidak Mengeluarkan Banyak Modal di Awal

Strategi yang tepat akan membuat setiap rencana Kamu menjadi tepat sesuai tujuan yang ingin dicapai. Setiap langkah eksekusi menjadi lebih matang dengan perencanaan dan strategi yang benar. Hal ini akan menghindarkan Kamu dari kemungkinan membuang banyak modal ke pengeluaran yang tidak tepat sasaran. Karena Kamu sudah menyusun strategi untuk ke mana saja modal akan digunakan dan dikembangkan nantinya, Kamu jadi lebih bisa meminimalisir modal di awal sehingga tidak terjadi pembengkakan. Seringkali seseorang dalam memulai bisnis terkesan begitu terburu-buru dalam menghabiskan modal sehingga malah akan menghambat perkembangan bisnis karena belum balik modal. Padahal modal tersebut dapat dialokasikan ke hal-hal yang lebih penting dan vital untuk awal memulai bisnis. Hindari ini ya!

BACA JUGA : 5 Software Stok Barang Bahan Baku yang Sering Dipakai Pebisnis F&B

2. Penjualan Sesuai Target Bisnis

Kamu bisa meningkatkan target penjualan dengan berbagai cara. Tentunya hal ini membutuhkan strategi yang tepat untuk mencapainya. Seperti ketersediaan gudang yang harus diperhatikan, ajang promosi yang sesuai, hingga mekanisme penjualan dan transaksi. Tujuan akhirnya tentu untuk mencapai kepuasaan pelanggan. Pelanggan yang puas dapat meningkatkan potensi repeat order. Hal semacam ini tentu akan sangat menguntungkan target penjualan bisnis!

3. Marketing dengan jangkauan luas dan tepat sasaran

Rasanya hampir semua bisnis membutuhkan strategi marketing yang tepat, termasuk bisnis kuliner. Mulai dari media promosi bagaimana yang tepat untuk menjangkau pasar yang diinginkan, promo apa yang ditawarkan untuk menarik animo pelanggan, hingga berbagai taktik dan gimmick yang perlu disusun untuk menjadi pusat perhatian dan mengembangkan bisnis. Tak ayal jika suatu bisnis mempekerjakan tim marketing sendiri, karena fungsinya yang begitu vital untuk perkembangan bisnis. Tim ini bertugas untuk menyusun strategi yang matang dalam menjalankan marketing bisnis, mulai dari konsep hingga eksekusi kedepannya.

4. Bisnis Berjangka Panjang dan Bersaing

Terkadang para pelaku bisnis lupa bahwa sesuatu yang instan bisa jadi mudah roboh. Tak sedikit para pelaku bisnis kuliner yang menggunakan strategi untuk mengejar momen “viral” semata. Faktanya hal-hal semacam ini jika tidak diimbangi dengan kualitas dan pelayanan akan bersifat sementara. Jadi tak heran kan ketika banyak sekali bisnis kuliner yang sangat ramai dan heboh di awal pembukaan namun lambat laun malah menjadi sepi hingga gulung tikar. Oleh karena itu, strategi harus disusun matang untuk keberlanjutan bisnis dalam jangka panjang dan agar bisa bersaing secara kompetitif.

5. Mendapatkan pelanggan yang loyal

Pelanggan menjadi fokus utama dalam bisnis kuliner. Kepuasan pelanggan adalah hal yang harus dicapai dan tidak bisa digadaikan. Ketika pelanggan puas akan pelayanan yang diberikan, hal ini akan memberikan kesan tersendiri. Bisa jadi pelanggan loyal akan menjadi tim marketing berjalan untuk bisnis Kamu. Strategi yang bisa dilakukan dalam hal ini tidak selalu hal besar, sesederhana memberikan ucapan ramah pada setiap pelanggan yang datang dengan cara unik dan khas, ini akan memberikan memori dan kesan manis di hati pelanggan. Ia akan mempromosikan usaha Kamu ke rekan dan kerabatnya. Menguntungkan bukan?

Dalam menyusun strategi bisnis Kamu juga harus mempertimbangkan tools yang sekiranya dapat Kamu gunakan untuk menunjang pelaksanaan operasional bisnis Kamu. Seperti halnya menggunakan teknologi F&B dari ESB yang bisa menjadi langkah yang tepat untuk menemani Kamu dalam tumbuh dan berkembang. ESB berkomitmen untuk memberikan pelayanan maksimal kepada pebisnis F&B. Dengan software restoran terbaik yang dilengkapi dengan fitur-fitur teknologi ter-uptodate. Software restoran yang dibangun ESB senantiasa berkembang dan ESB terus berinovasi demi menghadirkan fitur-fitur yang dibutuhkan restoran. Hubungi ESB dan kembangkan bisnis mulai dari sekarang!

Leave a comment