Ketika ingin memulai usaha di bidang kuliner, seorang pebisnis harus melengkapi dapur restoran dengan berbagai macam peralatan.

Tidak semua peralatan harus dibeli, karena yang harus dibeli adalah peralatan yang dibutuhkan di awal dahulu saja.  

Dengan membeli peralatan yang dibutuhkan, usaha sudah bisa dijalankan, baru setelah bisnis berkembang, peralatan penunjang dapur bisa  ditambahkan.

BACA JUGA : 5 Restoran Vegetarian Paling Hits di Jakarta

Daftar Peralatan Dapur Restoran yang Wajib Dimiliki

1. Kulkas

Kulkas adalah peralatan dapur pertama yang harus dimiliki ketika menjalankan usaha kuliner. Kulkas memiliki peran yang begitu penting dalam bisnis kuliner, baik makanan maupun minuman. Karena alat penyimpanan ini dapat menampung bahan makanan maupun minuman, seperti contoh kedai kopi, memerlukan kulkas untuk menjaga suhu dari susu agar tidak cepat basi.

Pilih model kompor yang sesuai dengan kebutuhan usaha. Apabila usaha sudah besar, silakan gunakan kulkas yang jauh lebih bagus.

2. Peralatan Makan

Peralatan makan dan minuman merupakan hal yang penting, karena kamu akan serve produk dari bisnis kamu dengan wadah ini. Seperti contoh kamu membuka usaha kuliner coffee shop, penyajian kopi kamu akan diletakkan pada gelas atau cup, atau makanan seperti french fries atau croffle, menggunakan piring.

Ketika membeli peralatan makan, pastikan yang berbahan stainless steel karena tahan karat, cepat panas, dan lebih awet. Lebih baik kamu membeli lusinan, untuk mendapat harga lebih murah.   

3. Panci

Sama seperti wajan, usahakan untuk menggunakan panci yang terbuat dari bahan stainless steel. 

Panci yang berbahan stainless steel lebih tahan lama. Selain itu, panci tidak akan bereaksi terhadap makanan dan tidak mengubah warna makanan.  

Selain panci yang berbahan stainless steel, ada pula panci berjenis rondo pot, sauce pot, dan stock pot yang cocok untuk dapur restoran.    

4. Microwave Oven

Microwave oven adalah peralatan dapur yang tidak bisa diabaikan ketika sudah terjun ke bisnis kuliner. Fungsi peralatan ini untuk memanggang roti menggunakan listrik. Microwave oven sangat disarankan untuk digunakan karena lebih efektif saat melakukan pemanggangan.   

Lain halnya apabila menggunakan oven, proses pemanggangan akan berjalan lebih lama karena panas tidak langsung menuju ke roti, melainkan ke ruang oven terlebih dahulu. Perlu diketahui, meski dari segi bentuk hampir sama, oven dan microwave oven berbeda satu sama lainnya.   

5. Pisau

Pisau adalah peralatan dapur yang wajib dimiliki ketika ingin membuka usaha kuliner, karena tanpa adanya pisau, proses memasak akan terbengkalai. Sama seperti peralatan lainnya, pisau juga memiliki beberapa jenis. Oleh karena itu, penting untuk membeli pisau sesuai dengan kebutuhan restoran. 

Beberapa jenis pisau untuk restoran, seperti meat carving knife, boning knife, pisau roti, chef’s knife, dan cleaver.

Selain kelima peralatan yang sudah disebutkan, masih ada peralatan dapur restoran lain yang harus dimiliki seperti talenan, spatula, sendok, garpu, mixer, loyang, rice cooker, hingga cooler box.

Leave a comment