Tren hidup sehat sudah banyak digandrungi oleh masyarakat, baik anak muda maupun dewasa. Salah satunya dengan rajin mengkonsumsi jus buah. Sayangnya tidak semua orang punya waktu untuk membeli aneka buah-buahan dan mempersiapkan jus buah sendiri di rumah. Kondisi inilah yang menjadi peluang bagi pelaku usaha jus buah.

Jika kamu ingin memulai menjalankan usaha ini, berikut beberapa perlengkapan usaha jus buah yang perlu kamu siapkan agar jualan kamu berjalan lancar dan maksimal:

1. Blender

Tentu ini bisa dibilang menjadi perlengkapan utama sebelum memulai usaha jus buah. Dalam proses pembuatan jus buah, blender digunakan untuk menghaluskan buah yang telah dipotong dan mencampurnya dengan bahan-bahan lain seperti gula atau susu.

Tidak butuh blender mahal untuk membuka bisnis ini. kamu bisa membeli blender yang seharga 200-300 ribuan saja. Terkadang beberapa penjual menggunakan blender yang bisa menghaluskan es batu sekaligus untuk menambah kelezatan dari jus yang dibuat.

BACA JUGA : Resep Martabak Ketan Hitam yang Bikin Kangen! Pengen Coba?

2. Sealer

Mesin sealer atau mesin pengemas plastik adalah salah satu mesin yang perlu dimiliki jika ingin membuka bisnis jus buah.  Mesin ini berguna untuk menempelkan plastik penutup gelas secara rapat sehingga jus yang dibawa oleh pelanggan tidak akan tumpah.

Namun sayangnya, untuk mengoperasikan mesin ini kamu perlu aliran listrik sehingga jika listrik padam, mau tidak mau kamu harus memberikan plastik penutup biasa ke pelanggan. Kamu bisa menemukan mesin sealer di marketplace online dengan mudah.

3. Etalase

Etalase berfungsi sebagai penyimpan sekaligus menampilkan buah-buahan apa saja yang tersedia kepada pelanggan. Khusus untuk alat ini, kamu bisa memilih sesuai dengan ukuran lapak jus buah yang ingin dibuat. Panjang-pendek dan besar-kecilnya bisa mengikuti kebutuhan lapakmu. Jangan lupa rajin membersihkan kaca etalase supaya tampilan buah-buah kamu tampak segar dan menggiurkan.

4. Cup dan Sedotan

Sudah hal pasti kedua peralatan ini wajib kamu miliki saat memulai usaha jus buah. Cup atau gelas jus tidak akan lengkap jika tanpa sedotan. Karena itu artinya jus tidak akan bisa diminum kecuali kalau tutupnya disobek.

Sedotan berfungsi untuk melubangi bagian atas cup sehingga jus bisa dinikmati dengan baik. Kamu  bisa memperoleh cup maupun sedotan ini di toko plastik di pasar tradisional atau marketplace.

5. Termos Es Batu

Jus adalah salah satu minuman yang lebih sering disajikan kondisi dingin dan hampir tidak pernah diminum secara hangat. Es batu sering menjadi pelengkap jus buah. Sehingga kamu perlu menyiapkan termos es batu. Termos es batu ini tidak perlu yang besar. Cukup yang berukuran sedang atau kecil saja sesuai dengan jumlah cup jus buah yang bisa kamu jual setiap harinya.

6. Meja

Meja adalah peralatan yang digunakan untuk meletakkan semua alat dan bahan. Meja ini bisa berupa meja biasa atau meja yang tergabung dengan lapak. Kamu bisa menggunakan meja yang sudah satu kesatuan dengan gerobak, atau meja tambahan yang memang diperuntukkan untuk meletakkan barang-barang.

7. Peralatan Dapur

Pastinya untuk membuka usaha jus buah kamu perlu beberapa peralatan dapur seperti, pisau, sendok, gelas untuk mengukur takaran dan lain sebagainya. Alat-alat ini bisa saja tidak perlu dibeli karena kamu bisa memakai peralatan dapur di rumah.

8. Software Kasir Online & Pemesenan Online

Berbisnis dengan banyak melibatkan transaksi jual-beli tentu harus mempersiapkan peralatan kasir. Berbeda dengan mesin kasir konvensional, software kasir online akan memudahkan kamu dalam mencatat setiap transaksi yang terjadi, pesanan yang masuk baik online maupun offline, serta melakukan penyusunan laporan keuangan secara otomatis dan akurat. Dalam urusan ini kamu bisa mengandalkan POS Lite by ESB untuk software kasir online mu.

Kamu juga bisa menggunakan ESB Order, teknologi pemesenan menu dari ESB untuk membuat restoranmu memiliki restoran online sendiri karena memiliki mode Dine In, Pick Up, dan Delivery, jadi restoran kamu mudah di order karena link restoran kamu bisa dikirim via WA atau sosial media lainnya. Selain itu, dengan ESB Order kamu bisa upselling pendapatanmu dengan fitur menu rekomendasi.

Nah, itu dia perlengkapan usaha yang harus dimiliki jika kamu ingin menjalankan usaha jus buah. Kamu bisa menyesuaikan dengan anggaran usaha kamu agar keuangan bisa lebih terkontrol. Menyusun skala prioritas dari perlengkapan yang wajib ada terlebih dahulu bisa dilakukan jika anggaran atau modal kamu terbatas.

Leave a comment