Siapa yang tak suka makanan olahan cumi? Tekstur yang kenyal dan lembut menjadikan seafood ini hidangan yang disukai oleh tiap keluarga. Selain rasanya yang enak, kandungan gizi pada cumi pun cukup tinggi. 

Mengkonsumsi cumi dengan porsi yang tepat bahkan dapat membantu pembentukan sel darah merah, menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta masih banyak lagi manfaat lainnya. 

Olahan Cumi Anti Amis

Cumi mungkin memiliki rasa yang enak serta memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sayangnya banyak orang yang menghindari mengkonsumsi cumi karena amis. Nah, jika kamu tidak ingin merasakan cumi yang amis dan tidak bosan menyantapnya, kamu dapat mencoba beberapa resep olahan cumi di bawah ini:

  1. Cumi Krispi

olahan cumi goreng krispisumber : Suara.com

Untuk resep olahan cumi yang satu ini, kamu cukup iris cumi berbentuk cincin, kemudian lumuri perasan jeruk lemon dan garam selama 15 menit. Siapkan adonan tepung serbaguna basah untuk celupan cumi dan tepung serbaguna kering. Goreng hingga keemasan, cumi krispi pun siap dihidangkan.

BACA JUGA : Gampang Banget! Resep Dorayaki Oreo yang Lembut dan Lezat

  1. Cumi Asam Manis

olahan cumi asam manissumber : Tribun Travel

Untuk membuat olahan cumi asam manis, kamu hanya perlu bersihkan dan potong cumi berbentuk cincin, kemudian lumuri dengan perasaan air lemon. Tumis bawang merah, bawang putih, dan jahe hingga harum. Masukkan cumi ke dalam wajan kemudian aduk sebentar. Tambahkan saus tomat, saus sambal, gula, dan garam hingga mendapatkan rasa yang sesuai.

  1. Cumi Goreng Mentega

cumi goreng mentegasumber : Kompas.com

Cumi yang sudah dipotong dan dicuci kemudian dilumuri dengan air lemon. Lalu panaskan mentega di wajan dan tambahkan dengan bumbu mulai dari kecap, saus tiram, garam, dan lada. Masukkan cumi ke dalam wajan kemudian masak hingga matang.

  1. Cumi Balado

olahan cumi baladosumber : kreasimasakan.com

Olahan cumi balado ini menggunakan cumi asin. Jadi kamu harus merendam cumi dengan air panas beberapa menit, cuci bersih, lalu dipotong. Goreng cumi di minyak panas kemudian tiriskan. Haluskan bumbu balado seperti bawang merah, bawang putih, cabe merah, dan cabe rawit. Tumis hingga wangi kemudian tambahkan air, cumi, gula, garam, serai, dan salam. Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap ke dalam cumi.

  1. Cumi Saus Padang

saus padangsumber : Jessica Bakery

Untuk membuat olahan cumi yang satu ini kamu perlu menghaluskan bawang merah, bawang putih, dan cabe merah besar. Tumis bumbu halus tersebut bersama jahe, kemudian masukkan cumi yang sebelumnya telah dipotong. Tambahkan saus sambal, saus tomat, saus tiram, merica bubuk, dan gula. Tambahkan sedikit air, kemudian aduk hingga bumbu meresap ke dalam cumi.

  1. Cumi Telur Asin

olahan cumi telur asinsumber : cookpad.com

Untuk membuat olahan cumi telur asin, sebelumnya kamu dapat menggunakan cumi krispi (resep no.1). Kemudian tumis kuning telur asin yang sudah dihaluskan dengan mentega. Tambahkan santan, garam, lada, gula, dan cumi krispi yang sebelumnya sudah dibuat. Aduk sebentar, kemudian sajikan.

  1. Cumi Hitam

olahan cumi hitamsumber : Resepedia

Potong cumi bentuk cincin dan ambil tinta pada kantung cumi. Iris bawang merah, bawang putih, dan cabe rawit, kemudian tumis hingga wangi. Masukkan cumi dan tinta  ke dalam wajan, lalu tambahkan salam, sereh, jahe, dan sedikit air. Aduk sebentar kemudian koreksi rasa. 

  1. Cumi Saus Tiram

makanan cumi saus tiramsumber : Tribun Manado

Tak kalah mudah untuk membuat cumi saus tiram. Pertama kamu harus menumis bawang bombay hingga harum, kemudian masukkan bawang putih hingga layu. Tambahkan cumi yang sebelumnya sudah dicuci bersih dan dilumuri dengan perasan jeruk lemon. Tambahkan air, saus tiram, gula, dan garam secukupnya. Koreksi rasa, dan cumi saus tiram pun siap disajikan.

  1. Cumi Cabe Hijau

cumi cabai hijausumber : cookpad.com

Tumis irisan bawang merah, bawang putih, cabe hijau, dan jahe hingga layu. Masukkan cumi dan tumis hingga berubah warna. Tuang sedikit air, gula, garam, dan lada, kemudian koreksi rasa. Tunggu hingga air meresap dan cumi cabe hijau pun siap dihidangkan.

  1. Cumi Bakar 

roasted squidsumber : Resep Masakan Mama

Kerat-kerat (jangan sampai putus) cumi yang sudah dicuci bersih dan dilumuri perasan lemon. Haluskan bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit, dan ketumbar. Campurkan bumbu halus dengan asam Jawa, gula merah, dan kecap. Lumuri cumi dengan bumbu tersebut dan diamkan di kulkas selama 30 menit. Bakar di atas bara api atau panggang di teflon hingga matang.

Itu dia 10 rekomendasi menu olahan cumi yang anti amis dan anti alot. Rasanya yang enak bisa kamu dapatkan dengan mudah dan murah, karena bisa kamu kreasikan sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Leave a comment