Kawasan Pecinan atau biasa dikenal dengan Chinatown yang berada di Petak Sembilan daerah Pancoran Glodok, Jakarta Barat memang surganya kuliner street food China.

Kawasan bersejarah ini selalu melahirkan rasa rindu sejak dahulu kala terutama bagi kalangan etnis Tionghoa yang tinggal di kawasan ini.

Hiruk-pikuk dan keramaian pedagang di sekitar kawasan ini menjadi keunikan tersendiri di area Pancoran Glodok.

Pemandangan yang menjadi ciri khas dari Chinatown di Ibukota Jakarta. Mulai dari pedagang baju, panci, pernak-pernik perhiasan, hingga deretan street food dengan cita rasa yang suka bikin kangen!

Deretan street food daerah Pancoran Glodok menyajikan berbagai jajanan yang patut dicoba baik oleh pengunjung lokal Jakarta maupun luar kota. Bernostalgia selagi memburu makanan bersama kerabat akan menjadi memori yang indah untuk dikenang.

BACA JUGA : 5 Restoran Timur Tengah Terlaris Di Jakarta

Berikut rekomendasi street food China yang wajib dicoba saat berkunjung ke Pancoran, Jakarta!

1. Sate Padang Petak Sembilan

Rekomendasi pertama yang patut dicoba adalah Sate Padang Petak Sembilan. Meski tempat makan yang disediakan tergolong kecil, hanya tersedia beberapa kursi plastik saja, dan dipastikan seringkali habis karena selalu penuhnya pengunjung.

Sate ini sudah berjualan sejak tahun 1975 dengan gerobaknya yang khas tempo dulu. Sate ini sudah turun temurun dari generasi ke generasi sejak jaman dahulu kala.

Kamu bisa memesan sate daging maupun campuran jeroan seperti paru, lidah, dan lainnya mulai dari 10 tusuk hanya 24 ribuan.

Cita rasa khas dari sate padang ini yaitu dagingnya begitu empuk, harum rempah bumbu kuning yang menggoda, serta pedas manis bumbu yang tentunya bikin ketagihan!

Silahkan datang di siang hari agar kamu tidak kehabisan ya!

2. Sukun Goreng

Gorengan menjadi jajanan yang sangat digemari masyarakat Indonesia. Kriuk gurih apalagi disajikan dalam kondisi hangat akan menjadi camilan favorit di akhir pekan.

Sukun goreng merupakan salah satu gorengan dari buah sukun yang umum dijual di pasar tradisional. Menariknya, kamu bisa menikmati sukun goreng dengan cocolan gula merah di Pancoran dengan harga 5 ribuan aja lho!

Bayangkan saja manisnya buah sukun bersatu dengan kriuk gorengan dan enaknya saus gula merah.

Banyak juga yang menjual sukun goreng dengan varian saus cocolan lainnya. Pun kamu bisa menikmatinya tanpa saus juga tetap enak! Selamat mencoba!

3. Mipan

Dalam suatu gang kecil di area Pancoran ada pedagang Mipan yang bisa kamu nikmati dengan murah meriah lho dengan 7 ribuan per loyang!

Mipan merupakan makanan yang terbuat dari tepung beras, teksturnya kenyal, dan biasa disajikan dengan taburan bawang putih goreng di atasnya.

Tidak lupa tambahan saus gula merah sebagai pelengkap! Sederhana namun cita rasa tak kalah bersaing dengan perpaduan gurih, asin, manis jadi satu!

4. Es Cincau Hijau

Masih di dalam gang yang sama dengan pedagang Mipan, ada pedagang es cincau yang sangat segar!

Kamu patut coba pokoknya! Es cincau hijau tradisional yang terbuat dari daun cincau hijau sehingga bisa memberikan tampilan warna hijau menyegarkan!

Tahukah kamu kalau es cincau hijau ini bukan hanya bisa menyegarkan tenggorokan di kala terik namun juga bisa jadi obat lho!

Cincau hijau bermanfaat untuk meredakan sakit perut, panas dalam, dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Es cincau hijau biasa ditambahkan dengan gula biang untuk dinikmati di pinggir jalan.

5. Cempedak Goreng

Cempedak goreng menjadi salah satu gorengan favorit lainnya yang bisa kamu beli di area Pancoran Jakarta. Aroma harum khas cempedak akan menjadi undangan untuk kamu mencoba jajanan satu ini! Ukuran cempedak goreng biasa dijual dengan relatif besar. Namun sayangnya daging cempedak tidak sebanyak jaman dulu. Bagaimanapun, jajanan ini cocok untuk melepas kangen masa kecil bersama keluarga!

6. Es Kopi Tak Kie Susu Khas Medan

Kedai kopi yang cukup kecil dan tertutup oleh pedagang lainnya ini pernah viral di media sosial. Kopi yang terbuat dari racikan 5 jenis kopi Lampung ini dijual dengan harga yang relatif murah. Cukup segar untuk dinikmati siang hari rame-rame! Bukan hanya kopi, di tempat ini juga menjual makanan seperti mie, nasi tim, nasi campur, dan lain-lainnya! 

7. Manisan Kiloan dan Aneka Permen Jadul

Sepanjang Jalan Pancoran juga dapat ditemukan pedagang manisan dan permen lho! Bedanya disini jualnya bukan hitungan porsi melainkan kiloan! Makanya sering disebut manisan kiloan. Salah satu pedagang manisan kiloan yang sering ramai pengunjung adalah toko manisan di depan Gang Gloria. Di sini menjual manisan kiloan, snack, dan beberapa macam permen jadul! Cocok buat jadi buah tangan untuk keponakan nih!

8. Es Susu Kacang

Menu lainnya yang bisa kamu coba di sepanjang kawasan Chinatown Jakarta adalah es susu kacang. Biasa  dijual oleh para pedagang kecil yang mangkal di area Pancoran. Es dengan susu murni yang segar dengan campuran kacang yang akan menambah cita rasa gurih. Harganya juga murah lho, wajib banget buat dicoba!

Nah, rekomendasi di atas merupakan sebagian dari deretan street food yang bisa kamu coba saat berkunjung ke area Pancoran, Jakarta. Tentunya masih banyak lagi macam menu yang bisa kamu beli dan cicipi dengan harga murah disini. Pergi saat langit sedang cerah agar kamu bisa menikmati kuliner di pinggir jalan dengan seru! Selamat berkunjung dan mencoba!

Leave a comment