Siapa yang tidak tahu makanan cakwe, cakwe merupakan jenis camilan goreng dengan rasa yang gurih. Camilan ini biasanya dijual bersama dengan odading. Cakwe sangat cocok disantap dengan teh saat pagi ataupun sore hari. 

Cakwe dikenal sebagai jenis jajanan pinggir jalan. Camilan ini  biasanya dimakan dengan saus. Bahkan bisa juga dipakai sebagai taburan pada bubur ayam. Camilan ini biasanya dijual di toko ataupun dijajakan oleh para pedagang kaki lima di sepanjang jalan. Cara penyajiannya pun beragam di tiap daerah, seperti di Surakarta disajikan dengan susu kedelai. Sedangkan Jawa Barat, camilan cakwe disajikan dengan menggunakan sambal kacang cair atau sambal asam cair. Di daerah Kalimantan Barat khususnya di Pontianak dan juga Ketapang, cakwe umumnya terasa manis dan kenyal.

BACA JUGA : 10 Restoran Jepang Terlezat Di Jakarta

Cara penyajian yaitu dengan kacang hijau yang dikukus dengan menggunakan daun pandan. Kemudian kacang hijau tersebut diberi gula kental, lalu disajikan bersama dengan cakwe yang telah diiris kecil-kecil. Di wilayah Tiongkok, cakwe biasanya dimakan dengan cara dicelupkan ke bubur panas. Namun di wilayah Tiongkok Utara, Cakwe biasa dimakan dengan susu kedelai manis ataupun yang asin.

Resep cakwe sebetulnya cukup mudah. Namun jika proses pengaktifan ragi keliru akan mengakibatkan cakwe menjadi gagal dan tidak mengembang dengan sempurna. 

Selain menggunakan ragi, bisa juga diganti dengan baking soda dan baking powder. Walaupun sama-sama menggunakan adonan biang, namun penggunaan kedua bahan tersebut bisa mengurangi resiko cakwe menjadi bantat dan juga gagal. Berikut kami bagikan resep cakwe tanpa ragi sebagai alternatif lain bagi kamu.

Resep Cakwe Tanpa Menggunakan Ragi

Resep Cakwesumber : qraved

Bahan:

  • 500 gr tepung terigu protein sedang
  • 400 ml air
  • 2 sdt soda kue
  • 1 sdm baking powder
  • 1,5 sdt garam dapur

Cara membuat Cakwe :

  • Campurkan dalam satu wadah soda kue, baking powder, dan juga garam, lalu aduk rata. Kemudian masukkan air, dan aduk rata. Tambahkan tepung terigu perlahan-lahan sedikit lalu aduk rata. Diamkan adonan tersebut selama 20 menit. 
  • Ambil adonan dan uleni sebentar, lalu diamkan selama 20 menit. Kemudian lakukan hal tersebut sampai 4 kali hingga adonan terasa halus dan juga elastis.
  • Balik adonan tersebut, beri minyak secukupnya di atas permukaan agar adonan tetap lembab. Diamkan selama 1 jam. 
  • Ambil kembali adonan, lalu bungkus dengan plastik. Bentuklah adonan memanjang lalu diamkan selama 4 jam. 
  • Setelah 4 jam, buka plastik pembungkusnya dan gulung adonan menjadi bentuk persegi panjang dengan ketebalan kurang lebih 1,5 cm dan lebar 6 cm. 
  • Potong-potong adonan cakwe tersebut dengan ukuran kurang lebih 0,75 cm atau sesuai selera. Ambillah 2 potong adonan, lalu tumpuk menjadi satu. Dan tekan bagian tengahnya dengan tusuk sate. Lakukan hal tersebut hingga adonan habis. 
  • Ambil 1 buah adonan cakwe yang telah dipotong-potong tadi, lalu tarik di bagian di kedua ujungnya pelan-pelan hingga mencapai ukuran sekitar 20 cm, pastikan agar adonan tersebut tidak putus. 
  • Goreng cakwe dalam minyak panas dengan menggunakan api sedang. Goreng hingga matang kecoklatan. Ulangi hingga adonan habis, lalu sajikan dengan saus sesuai selera.

Mudah bukan cara membuat resep cakwe tanpa ragi? kamu bahkan tidak perlu menunggu waktu berjam-jam untuk menunggu proses proofing (sebuah tahapan dalam pembuatan roti untuk mengaktifkan ragi dalam adonan dengan memberi waktu pengistirahatan untuk proses fermentasi). Tentu saja hal ini akan menghemat waktu kamu. Kamu bahkan bisa mencobanya di sela-sela waktu senggang. Selamat mencoba!

Leave a comment