Kentang merupakan tanaman umbi-umbian yang memiliki banyak nutrisi, di antaranya adalah karbohidrat, mineral, serat, hingga antioksidan yang sangat penting bagi tubuh. Di Indonesia sendiri, kentang cukup mudah didapatkan.

Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, olahan kentang pun ada berbagai macam variasinya, di antaranya donat kentang, kentang goreng, hingga keripik kentang. Dan berikut ini resep untuk membuat keripik kentang yang super renyah yang bisa kamu praktekkan di rumah.

BACA JUGA : Daftar Franchise Restoran Paling Menguntungkan

Resep Membuat Keripik Kentang yang Super Renyah

Bahan :

  • 1 kg kentang segar.
  • 1 – 2 sdm cuka.
  • Secukupnya air untuk mencuci dan merendam kentang.
  • Secukupnya air es atau es batu.
  • Secukupnya minyak goreng.

Bumbu :

  • 3 siung bawang putih geprek.
  • 1 – 2 sdt garam.
  • 100 ml air.
  • Bumbu tambahan : bumbu tabur instan dengan banyak rasa.

Langkah pembuatan :

  1. Kupas kentang, kemudian masukkan kentang ke dalam baskom berisi air supaya kentang tetap bersih, segar, dan tidak berwarna coklat pucat karena teroksidasi.
  2. Rajang tipis kentang dengan alat pemotong atau perajang keripik. Selain itu, bisa juga menggunakan pisau biasa, tetapi harus lebih telaten dalam memotongnya.
  3. Setelah kentang selesai dirajang tipis, kemudian rendam kembali dalam air bersih hingga air yang keruh akibat getah dari kentang bisa menjadi bening. Lalu, cuci kentang hingga 4 – 5 kali cuci.
  4. Setelah kentang dipastikan sudah bersih, silakan rendam kentang ke dalam air lagi dengan tambahan 1 hingga 2 sdm cuka. Setelah itu, diamkan sekitar 10 – 15 menit lamanya.
  5. Setelah didiamkan sekitar 10 – 15 menit, irisan kentang akan berubah menjadi sedikit lebih kaku. Tiriskan kentang dan bilas hingga bersih, kemudian kentang bisa disiram kembali dengan tambahan air es atau es batu.
  6. Silakan campur bahan bumbu ke dalam botol spray atau jika tidak ada bisa dengan mencipratkan saja.
  7. Panaskan minyak dalam wajan penggorengan.
  8. Tiriskan sebagian kentang dan goreng ke dalam minyak yang sudah panas cenderung sedang.
  9. Sesekali aduklah kentang yang digoreng agar tidak saling menempel. Ketika keripik dalam kondisi setengah kering, semprotkan bahan bumbu atau bisa dengan mencipratkan bahan bumbu tadi ke dalam wajan penggorengan. Kemudian aduk kentang dan goreng hingga warna berubah menjadi kuning agak sedikit kecoklatan.
  10. Angkatlah keripik yang sudah matang, lalu tiriskan, bisa menggunakan tissue penyerap minyak.
  11. Setelah keripik kentang dingin, simpan ke dalam toples dan tutup rapat. Jika ingin menambahkan bumbu tabur dengan rasa lain juga bisa dilakukan. Penambahan sendiri bisa sesuai selera.
  12. Keripik kentang renyah dan enak siap untuk dinikmati.

Itulah resep keripik kentang super renyah yang bisa kamu praktekkan di rumah. Jadi, ketika kamu memiliki waktu luang, silakan membuatnya yang kemudian bisa dinikmati ketika bersantai dengan keluarga atau sebagai sajian penyambut tamu.

Leave a comment