Bubur sumsum adalah salah satu olahan tepung beras dan juga santan yang dicampur dengan kuah gula jawa yang rasanya sangat manis. Bubur sumsum ini kerap dijadikan menu sarapan pada orang yang sedang sakit atau kurang nafsu makan. Selain itu, terkadang dijadikan sebagai makanan penutup untuk sebagian masyarakat Indonesia khususnya di Pulau Jawa.

Karena hal ini adalah salah satu dari makanan tradisional, tidak mengherankan kalau banyak orang ingin mencoba resep membuat bubur sumsum sendiri. Apalagi bahan-bahan pembuatannya mudah didapatkan sehingga tidak banyak yang merasa kesulitan. Untuk kamu yang ingin tahu, simak resep membuat bubur sumsum yang gurih. Lembut dan juga legit.

Bahan-Bahan Dalam Membuat Bubur Sumsum

  1. 100 gram tepung beras merk apapun
  2. 1 liter air santan
  3. 2 lembar daun pandan
  4. Garam secukupnya
  5. Bubuk vanili secukupnya
  6. Gula merah yang sudah dicairkan
  7. 200 gram gula merah sisir
  8. 500 ml air

Cara Membuat Bubur Sumsum

  1. Siapkan kuah gula merah terlebih dulu. Jika sebelumnya sudah dibuatkan, kamu tinggal menyimpannya dulu. Sementara untuk kamu yang belum buat, silahkan didihkan dulu kuah gulanya lalu saring dan sisihkan sampai dingin.
  2. Berikutnya, siapkan air santan dan juga tambahkan sedikit garam. Aduklah sampai merata
  3. Jika sudah, bagi dua air santan tadi seperti di bawah ini.
  • Bagian pertama adalah air santan ditambah dengan bubuk vanili dan juga daun pandan
  • Bagian kedua adalah air santan yang ditambah dengan tepung beras lalu aduk rata hingga tidak ada yang menggumpal.
  1. Selanjutnya adalah masak terlebih dulu pada bagian pertama dengan api yang sedang. Sambil menunggu airnya agak mendidih, aduk-aduklah sebentar.
  2. Saat sudah muncul gelembung-gelembung kecil, masukkanlah bahan bagian kedua tadi aduk rata secara perlahan.
  3. Aduk terus adonannya dan jangan sampai berhenti agar buburnya terasa lembut dan juga tidak bergerindil.
  4. Setelah buburnya mulai meletup-letup, matikanlah api kompornya dan tuang pada mangkuk.
  5. Sentuhan terakhirnya adalah masukan kuah gula merah tadi sesuai dengan selera kamu.

Ada tambahan tips lagi agar bubur sumsum lebih lembut lagi. Saat bagian kedua sudah dicampur dengan bagian pertama, aduklah secara ringan. Pada saat adonannya mulai mengental, maka tekstur adonan akan mengental dan semakin berat untuk diaduk.

Pada saat itulah, kamu tetap harus mengaduknya sampai adonannya meletup. Hal itu dilakukan agar tidak ada bau tepung saat dimakan. Ketika adonannya sudah meletup cukup banyak, barulah hentikan adukannya dan segera matikan api kompor.

Demikianlah resep membuat bubur sumsum gurih, lembut, dan juga legit. kamu pun bisa menambah variasi lainnya sesuai dengan selera kamu dan semoga resep makanan kali ini bisa memberikan manfaat untukmu.

Leave a comment