Resep nasi kebuli bisa Anda dapatkan dan coba langsung dirumah dengan bahan – bahan yang mudah sekali diperoleh. Nasi kebuli merupakan salah satu masakan kuliner yang berasal dari negara Afganistan yang paling banyak disukai di Indonesia.

Nasi kebuli ini memiliki aroma yang sangat harum. Nasi yang dimasak bersamaan dengan rempah – rempah lengkap dan juga ayam memiliki cita rasa yang gurih. Ditambah lagi, jika dimakan bersama dengan acar timun yang segar.

BACA JUGA : Wajib Coba! Resep Ayam Betutu Khas Bali Yang Kaya Rasa

Biasanya nasi kebuli ini dimasak dengan daging kambing muda ataupun daging sapi. Namun, bila dimasak dengan daging ayam pun tetap terasa kelezatannya. Apalagi dengan bumbu nasi yang sudah meresap ke dalam daging ayam.

Beginilah Bahan-Bahan Memasak Nasi Kebuli Ayam

RESEP NASI KEBULI

sumber : goodmins

Resep nasi kebuli bisa Anda buat dirumah. Cita rasa yang begitu khas saat menyentuh lidah Anda, nasi kebuli juga sudah memiliki beragam jenis daging yang digunakan sebagai toppingnya, mulai dari daging ayam, kambing hingga sapi.

Agar Anda bisa memasak nasi kebuli ayam ini ada beberapa bahan yang wajib disiapkan, di antaranya adalah sebagai berikut :

  •       Beras dan daging ayam
  •       Garam, merica bubuk, ketumbar bubuk
  •       Sebatang serai
  •       Jintan, cengkeh bubuk, dan kayu manis bubuk
  •       Bawang putih dan bawang merah
  •       Minyak samin
  •       Jahe
  •       6 butir kapulaga, serta
  •       Penyedap rasa kaldu untuk ayam

Langkah Membuat Nasi Kebuli Ayam

RESEP NASI KEBULI

sumber : cookpad

Setelah menyiapkan resep nasi kebuli, berikutnya adalah dengan memadukan bahan – bahan resep yang sudah ada. Segera haluskan bawang putih, bawang merah dan juga jahe.

Panaskan pula minyak, dan tumis bumbu tadi yang sudah Anda haluskan sampai wangi. Kemudian, masukkan pula kayu manis, ketumbar bubuk, kapulaga, cengkeh bubuk, serta jintan.

Anda bisa masukkan daging ayam yang sudah dipotong, dan aduk secara perlahan – lahan. Tuangkan air yang sudah ada, lengkap dengan penyedap rasa ayam kaldu, aduk sampai benar – benar merata.

Masak sampai daging ayam ini terasa empuk. Sudah selesai, angkat ayam dari penggorengan dan keluarkan pula daging ayam, sisihkan daging ayam terlebih dahulu.

Tambahannya Anda bisa panaskan minyak samin, tumis beras sampai benar – benar campur merata. Masukkan pula garam, merica bubuk dan juga serai. Tuangkan air hasil dari rebusan tadi ayam yang sudah Anda tiriskan, aduk sampai merata seluruhnya.

Beras yang sudah rata, lalu kukus ke dalam panci sampai matang. Goreng pula daging ayam sampai warnanya kecoklatan. Nasi ayam kebuli siap di hidangkan dengan pelengkap rasa dari bawang goreng dan juga sambal.

Masakan khas dari kuliner timur tengah ini memang menjadi pilihan yang wajib untuk Anda coba. Resep nasi kebuli ayam ini bisa Anda terapkan langsung dirumah dan disajikan untuk keluarga di rumah. 

Leave a comment