Kuliner Indonesia ada banyak sekali ragamnya. Nasi uduk adalah salah satunya. Nasi uduk sendiri merupakan kuliner yang sangat lezat, oleh karena itu tidak mengherankan sekali apabila peminatnya juga terbilang banyak.

Satu-satunya cara agar kamu bisa menyantap makanan lezat ini sesukamu & sepuasmu, tentu kamu harus bisa membuatnya sendiri di rumah. Sehingga ketika salah satu anggota keluarga meminta nasi uduk, kamu bisa  membuatkannya tanpa harus membeli. Di bawah ini adalah resep nasi uduk yang enak dan gurih untuk keluarga tercinta, kamu bisa menyimak dan mencobanya.

BACA JUGA : Resep Takoyaki Khas Jepang Ala Rumahan

Langkah-langkah Membuat Nasi Uduk yang Enak dan Gurih

Bahan yang dibutuhkan:

  1. 300 gram beras
  2. 100 ml santan
  3. 500 ml air
  4. 1 sdt garam
  5. ½ sdt ketumbar bubuk
  6. 3 lembar daun salam
  7. 5 lembar daun jeruk
  8. 2 lembar daun pandan
  9. 2 batang serai

Lauk Pelengkap:

  1. Ayam goreng atau ayam bakar.
  2. Telur goreng.
  3. Orek tempe.
  4. Lalapan segar.
  5. Kentang balado, dan masih banyak lagi.

Langkah pembuatan nasi uduk yang enak dan gurih:

  1. Siapkan wadah untuk mencuci beras, kemudian cucilah beras hingga bersih
  2. Masukkan beras kedalam panci. Selain menggunakan panci, kamu bisa menggunakan periuk atau wajan.
  3. Tambahkan santan, air, garam, daun salam, daun jeruk, daun pandan, dan ketumbar bubuk. Kemudian, masak sampai matang sambil terus diaduk agar tidak gosong.
  4. Aduk hingga air terlihat menyusut.
  5. Siapkan pada kompor kukusan, lalu tunggu hingga mendidih.
  6. Masukkan nasi dari panci sebelumnya ke dalam kukusan, kemudian masak hingga kurang lebih 20 atau 30 menit sampai matang.
  7. Jika nasi sudah matang, aduklah hingga semua bumbu yang ada di dalam merata.
  8. Nasi uduk siap untuk disajikan dengan lauk pelengkap.

Dengan mengetahui cara pembuatan nasi uduk, setidaknya kamu bisa menghemat pengeluaran sehingga bujet bisa dialihkan ke kebutuhan yang lain. Lagipula untuk membuat nasi uduk sangat mudah sekali untuk dilakukan.

Daripada harus membeli, membuat sendiri adalah sebuah solusi. Selain mampu menghemat pengeluaran, setidaknya keahlian memasak yang kamu miliki meningkat, khususnya keahlian memasak masakan atau kuliner asal Indonesia.

Lagipula ketika membeli nasi uduk di warung-warung, porsi yang diberikan pun hanya sedikit sehingga terkadang kita tidak puas. Namun ketika kamu memutuskan untuk membuatnya sendiri, setidaknya porsi bisa kamu lebihkan sehingga keinginan untuk menikmati nasi uduk benar-benar terpuaskan.

Adapun untuk lauk pelengkap, lauk pelengkap dari nasi uduk ini disesuaikan dengan selera. Namun umumnya, nasi uduk ini menggunakan lauk ayam hingga kentang balado seperti yang sudah disebutkan.

Leave a comment