Salad sayur diet merupakan salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Salad memiliki kandungan nutrisi tinggi dengan gizi seimbang.

Sehingga baik dikonsumsi bila hendak menurunkan berat tubuh. Meski memiliki berbagai manfaat dan keuntungan bagi kesehatan, salad masih kerap dianggap sebagai makanan dengan cita rasa kurang enak.

Mengkonsumsi salad sayur diet bahkan kerap kali menjadi pilihan terakhir. Padahal ada berbagai cara untuk menjadikan salad sebagai hidangan lezat. Sekaligus juga memiliki nilai kandungan gizi tinggi.

Berikut ini merupakan resep salad sayur diet yang harus dicoba.

Resep Salad Sayur Diet untuk Turunkan Berat Badan

Sumber: Pixabay

1. Salad Sayur Tofu

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat salad sayur diet:

  • Tahu yang sudah dipotong dadu
  • Tahu sutera
  • Mangga dipotong dadu
  • Wortel diparut
  • Selada yang sudah diambil daunnya
  • Minyak sayur
  • Bubuk kari
  • Air perasan jeruk nipis
  • Bawang merah iris tipis
  • Daun ketumbar yang sudah dicincang halus
  • Kismis

Setelah bahan-bahan tersebut siap, berikut merupakan cara membuat salad sayur yang lezat.

  1. Goreng tahu hingga berwarna kuning keemasan. Lebih baik lagi bila menggoreng tahu menggunakan minyak sayur rendah lemak.
  2. Campurkan semua bahan kecuali selada, wortel, dan kismis ke dalam blender kemudian haluskan.
  3. Tata selada, wortel, dan tahu goreng dalam mangkuk. Lalu beri dressing dan kismis.

Salad sayur dan tofu memiliki cita rasa yang segar dan lezat.

BACA JUGA : Ini Manfaat Gunakan Invoice Online untuk Restoran

Selain itu juga kaya akan protein dari tahu serta tofu yang digunakan.

2. Asian Salad

Bahan-bahan pelengkap:

  • Daun selada
  • Dada ayam yang sudah direbus atau panggang
  • Telur rebus
  • Jeruk
  • Wortel
  • Alpukat
  • Daun bawang

Bahan dressing:

  • Cuka beras 4 sendok makan
  • Minyak wijen 2 sendok makan
  • Kecap manis 2 sendok makan
  • Gula 2 sendok makan
  • Jahe parut 2 sendok makan
  • Bawang putih 2 siung, memarkan

Cara membuat salad sayur Asian:

  1. Campurkan semua bahan dressing secara merata. Koreksi rasa dengan garam dan lada.
  2. Tata bahan pelengkap di mangkuk besar. Letakkan selada di bagian bawah dengan bahan-bahan lain di atas.
  3. Kemudian siramkan saus dressing sebelum dinikmati.
  4. Hias dengan potongan telur rebus.

Resep salad sayur diet di atas tidak hanya memiliki nutrisi tinggi dan gizi seimbang.

Sehingga akan tepat untuk menurunkan berat badan. Melainkan juga rasa yang lezat, enak, dan pastinya tidak membosankan. Siap mencoba?

Leave a comment