Restoran maupun cafe sudah berkembang jauh lebih baik di era sekarang. Sudah mulai pebisnis pemula melirik bisnis restoran dan cafe, persaingan yang semakin ketat membuat perkembangan bisnisnya semakin berkembang, tapi apakah kamu tahu sebenarnya ada perbedaan antara cafe dan restoran?

Meskipun sama-sama bergerak di bidang F&B, namun nyatanya cafe dan restoran memiliki perbedaan yang cukup signifikan loh, baik pada menu yang disediakan, suasana, dan kepentingan pelanggan dalam mengunjungi kedua tempat tersebut.

Nah, agar tidak tertukar dalam penyebutannya, ketahui perbedaan antara bisnis cafe dan restoran di bawah ini yuk.

Pengertian Cafe

Cafesumber : Detik.com

Cafe berasal dari bahasa Perancis yang artinya kopi. Cafe sendiri diartikan sebagai tempat untuk menikmati kopi dengan racikan tertentu dengan didampingi makanan ringan, seperti kue, patiseri, maupun makanan ringan lain. Pengunjung yang datang ke cafe biasanya memang sudah memiliki tujuan, hanya bertujuan untuk menikmati secangkir kopi.

BACA JUGA : Penting Bagi Kesehatan Wanita! Ini 10 Makanan yang Mengandung Estrogen

Selain kopi, cafe biasanya juga menyediakan aneka minuman seperti teh, jus, dan minuman non alkohol lainnya. Saat ini, beberapa cafe pun juga menyediakan makanan berat seperti pasta, pizza, maupun sup.

Cafe didesain untuk suasana non formal, sehingga pengunjung yang datang pun juga menggunakan baju casual dengan suasana yang santai. Biasanya, cafe memiliki luas yang lebih sempit dibandingkan dengan restoran. 

Pengertian Restoran

Restoransumber : IHG

Restoran berasal dari bahasa Inggris, yaitu restaurant yang artinya rumah makan. Restoran adalah suatu tempat yang menyediakan makanan dan minuman dan dikelola secara profesional. Restoran menyediakan makanan berat secara elegan dan mewah. Varian makanan pada restoran-pun variatif sehingga pengunjung pun merasa puas dengan pilihan menu dari restoran.

Jenis restoran pun beragam sesuai dengan menu makanan nya, mulai dari restoran khas Eropa, Jepang, Timur Tengah, maupun restoran yang menyediakan makanan khas nusantara. Harga makanan di restoran pun cenderung lebih mahal sebab telah dikelola secara profesional. Namun harga tersebut sesuai jika dibandingkan dengan rasa makanan dan pelayanan yang diberikan.

Restoran lebih bersifat formal dibandingkan dengan cafe. Pengunjung atau pelanggan yang datang ke restoran biasanya sedang melakukan pertemuan keluarga, kumpul keluarga, maupun pertemuan rekan bisnis.

Perbedaan dari Restoran dan Cafe

Dilihat dari pengertian antara restoran dan cafe, ternyata signifikan ya perbedaannya, walau terlihat mirip sekali. Biasanya pelanggan yang berkunjung ke cafe sudah memiliki tujuan untuk menikmati kopi sedangkan pelanggan yang berkunjung ke restoran akan masih menerka akan membeli menu makanan dan minuman apa.

Tidak hanya itu, pelanggan yang datang ke restoran bersifat formal secara pakaian ataupun tujuan, sedangkan pelanggan yang berkunjung ke cafe biasanya bertujuan hanya untuk hangout ataupun sekedar nongkrong bersama teman, secara mode berpakaian juga tidak perlu formal.

Dilihat dari pengelolaan secara bisnisnya, restoran akan jauh lebih profesional dari segi sistem, mulai dari adanya waiter, kasir, chef yang profesional, sedangkan cafe bisa mengandalkan barista berpengalaman, dan juga juru masak yang memiliki pengalaman,

Terakhir, meskipun sekilas terlihat serupa, namun perbedaan cafe dan restoran dapat kamu ketahui hanya dari pintu masuk kedua tempat tersebut.

Setelah kamu membaca artikel ini, jangan sampai keliru lagi ya, mendeskripsikan sebuah tempat makan yang akan kamu kunjungi. Jika, kamu ingin nongkrong bersama teman bisa datangi sebuah cafe, sedangkan jika kamu ingin mengajak orang terkasih untuk kencan, kunjungi restoran ya. Jadi, kamu lebih menyukai berkunjung ke cafe, restoran, atau bahkan keduanya?

Leave a comment