Bisnis merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan suatu besaran keuntungan yang sesuai dengan yang kita inginkan. Saat ini tentunya sudah semakin beragam pula jenis bisnis atau usaha yang ada di pasaran. Perlunya pengetahuan tentang industri serta mengenali jenis usaha tertentu sebelum memutuskan terjun berbisnis akan menjadi hal yang sangat membantu Anda untuk mengurangi resiko gagal, terlebih dalam situasi ekonomi yang sedang kurang baik.

Tidak ketinggalan juga urusan soal modal. Untuk membangun sebuah bisnis tentunya juga dibutuhkan modal dan perencanaan yang tepat. Hal ini bertujuan agar usaha yang dibangun bisa terus berjalan serta bisa memperoleh keuntungan yang maksimal.

Menjamurnya fasilitas internet dan juga media sosial sekarang ini sudah memberikan kemudahan bagi para pelaku usaha untuk membangun bisnis mereka sendiri. Sehingga bisnis yang dijalankan dapat dilakukan dimana saja, kapan saja, menjangkau siapa saja, tanpa harus terpaku di suatu tempat. Berikut ini ada beberapa ide bisnis modal kecil dengan keuntungan maksimal yang bisa Anda pertimbangkan.

BACA JUGA : 5 Langkah Tepat Melakukan Stok Opname untuk Bisnis Restoran

10 Jenis Bisnis Modal Kecil Bidang Makanan dan Minuman

1. Bisnis Catering

Jenis bisnis modal kecil yang pertama adalah usaha catering. Bisnis ini menjadi solusi bagi pekerja kantoran yang ingin mendapatkan menu untuk makan siang yang enak dan juga mudah didapat. Selain itu, ragam jenis dari bisnis ini masih bisa untuk dikembangkan lagi. Contohnya seperti catering khusus untuk menu makanan sehat, Anda dapat berkreasi dengan berbagai pilihan menu yang sesuai dengan konsep bisnis Anda.

2. Bisnis Cemilan Kekinian

Jenis bisnis selanjutnya adalah menjual aneka camilan kekinian. Dengan menciptakan ide aneka camilan yang unik dan berbeda dari yang lain, kemudian mempromosikan bisnis tersebut melalui internet atau jejaring sosial.

3. Bisnis Kue dan Roti

Bisnis selanjutnya adalah membuka usaha kue dan roti secara online. Dengan sedikit sentuhan ide untuk berinovasi pada rasa serta tampilan kue dan juga roti yang akan dipasarkan melalui online. Sehingga akan menarik minat para konsumen yang melihatnya untuk membeli.

Selain itu, Anda juga harus mengikuti trend terkini tentang jenis-jenis kue dan roti yang sedang booming dan banyak digemari oleh para konsumen. Bisnis ini tentunya sangat menjanjikan, apalagi di masa pandemi saat ini. Dikarenakan lebih banyak orang menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah sambil menikmati cemilan bersama keluarga.

4. Menjual Minuman Kekinian

Bisnis modal kecil lainnya adalah menjual minuman kekinian, seperti bubble tea, ice blend, thai tea, jus dan lain-lain. Bisnis ini terbilang cukup menjanjikan, selain modal awal yang tak terlalu besar, untung yang didapatkan juga bisa berlipat ganda.

Bisnis Modal Kecil Secara Online

Bisnis Modal KecilSumber : bankmandiri

1. Membuka Toko Online

Menjalankan sebuah usaha tidak harus memiliki toko fisik. Dengan kecanggihan teknologi saat ini memberikan kemudahan bagi Anda yang baru merintis usaha dengan modal yang sedikit, yaitu dengan membuka toko online di berbagai platform e-commerce atau marketplace.

Anda bisa membuka toko online di beberapa marketplace yang tersedia di berbagai platform. Berbagai jejaring sosial seperti instagram dan juga facebook bisa menjadi ajang promosi dagangan Anda. Anda bisa berbisnis dimana saja dan kapan saja tanpa harus khawatir tentang tempat untuk membuka usaha, karena bisnis ini bisa dilakukan di rumah,  melalui handphone ataupun laptop.

Jika ada pembeli  yang ingin membeli barang dagangan, Anda hanya perlu mengantarkannya melalui kurir yang telah dipilih oleh pembeli. Dan tentunya pembayaran pembelian barang tersebut sesuai dengan kesepakatan bersama antara penjual dan pembeli, bisa dengan sistem COD atau dengan transfer melalui rekening bersama di yang tersedia di platform tersebut.

2. Menjual Foto Online

Bisnis modal kecil selanjutnya adalah menjual hasil foto secara online. Bagi Anda yang menyukai fotografi tentunya menjadi hal yang sangat menguntungkan. Anda bisa menjual hasil foto Anda sendiri atau foto editan sesuai permintaan konsumen dan menjualnya secara online. Buatlah hasil foto semenarik mungkin agar bisa menarik minat konsumen untuk membelinya.

3. Menjual Pulsa dan Juga Paket Data Internet

Bisnis selanjutnya adalah menjual pulsa dan juga paket data internet. Mengingat masa pandemi yang mengharuskan kita bekerja, dan belajar secara daring yang sebagian besar membutuhkan pulsa dan juga paket internet untuk bisa terhubung dengan yang lainnya.

Hal ini menjadi peluang bagi Anda yang ingin membuka bisnis modal kecil dengan keuntungan yang besar dan resiko yang terbilang kecil. Walaupun sudah bertebaran para penjual pulsa dimana-mana, namun pengguna telepon selular juga semakin bertambah.

Tidak ada salahnya mencoba peruntungan di bisnis ini, mengingat semakin meningkatnya minat masyarakat terhadap penggunaan telepon seluler dan kebutuhan akan koneksi internet saat ini.

4. Menjadi Dropshiper

Dropship merupakan salah satu pilihan bisnis modal kecil yang tak boleh Anda lewatkan begitu saja. Anda tidak perlu menyetok barang, hanya cukup mengiklankan barang melalui katalog produk atau dengan cara memposting gambar produk ke media sosial, seperti facebook dan instagram. Barang akan dikirim langsung dari produsen ke konsumen Anda.

5. Membuka Usaha Dibidang Desain Grafis

Jenis usaha desain grafis merupakan jenis usaha yang sangat populer dan cocok bagi anak muda yang ingin memulai usaha. Modal utama bisnis ini adalah keterampilan dalam mendesain. Contohnya seperti membuat foto ilustrasi, atau mengunjungi beberapa website yang menawarkan desain secara gratis untuk dipakai sebagai modal desain. Desain yang dimaksud meliputi desain pembuatan kartu nama, logo, gambar pada baju, poster, maskot, booth dan juga interior.

6. Penulis Lepas

Penulis lepas bisa menjadi salah satu daftar bisnis dengan modal kecil yang bisa Anda geluti. Bisnis ini memiliki resiko yang kecil. Meskipun begitu, dibutuhkan pengetahuan tentang tata cara menulis dan juga harus menguasai materi-materi yang akan ditulis.

Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena perkembangan teknologi saat ini memudahkan kita untuk bisa mendapatkan referensi tulisan yang akan kita buat nantinya. Jenis tulisan yang dapat dibuat seperti menulis naskah cerita, menulis, artikel berita, menulis makalah, essay dan lain sebagainya.

Saat ini telah tersedia beberapa platform penyedia jasa freelancer dan Anda bisa membuat portofolio dan memasukkannya ke dalam platform tersebut. Disana akan tersedia berbagai proyek yang mencari tenaga freelancer untuk menyelesaikan proyek tersebut.

Nah, sudah menemukan jenis bisnis modal kecil yang Anda inginkan? 10 ide bisnis ini bisa menjadi referensi bagi Anda untuk membuka usaha di masa pandemi ini. Selamat mencoba!

Leave a comment