Table setting adalah ilmu yang bisa kita terapkan saat kita ingin menata meja makan di sebuah restoran atau rumah makan. Table setting atau disebut juga table setup ini memiliki berbagai jenis dan juga model yang disesuaikan dengan kondisi. Misalnya untuk makan pagi, makan siang, dan makan sore.

Ilmu tentang table setting ini berasal dari American Service dan juga Russian Service. Maka dari itu, tata cara dalam penataan meja makanan sangat wajib diketahui oleh pengusaha maupun pekerja F&B.

Pengertian Table Setting

Pada dasarnya, table setting adalah rangkaian kegiatan menutup dan juga menata meja hidangan dengan berbagai jenis perlengkapan yang sudah dipersiapkan. Dengan kata lain, semua peralatan makan yang akan diberikan pada konsumen disesuaikan dengan hidangan dan juga jadwal makan.

BACA JUGA : Ini Pilihan Soto Daging Terdekat yang Bisa Kamu Coba di Sekitaran Jalan Sabang

Tujuan Table Setting

Tujuan sebenarnya dalam membuat table setting adalah menunjang penampilan di dalam restoran. Dengan begitu, restoran bisa menjadi sangat menarik di mata konsumen karena dekorasi sebelum menikmati hidangan terlihat lebih indah. Selain itu, dengan table setting ini juga mempermudah dalam mengambil jenis makanan sesuai keinginan.

Peralatan Makan dalam Table Setting

Setelah mengetahui apa itu table setting, kini kita bahas peralatan yang dibutuhkan saat melakukan penataan meja.

Beberapa peralatan tersebut bisa kamu simak di bawah ini:

1.      Piring

Piring merupakan alat penting di dalam table setting. Secara umum, piring terdiri dari satu set yang ditumpuk berdasarkan urutan makan. Mulai dari hidangan pembuka sampai pada hidangan penutup. Jenis piring tersebut disusun berdasarkan ukuran mulai dari yang paling besar sampai paling kecil.

Urutan yang paling benar adalah piring paling besar ada di bawah dan paling kecil ada di paling atas. Lalu untuk piring bread & butter merupakan satu-satunya alat makan yang justru diletakan di sebelah kiri atas penataan dan tidak dalam tumpukan.

2.      Gelas

Saat kamu datang ke acara jamuan resmi, pasti pernah melihat bahwa gelas minum yang disediakan berbeda-beda bentuknya. Hal itu merupakan salah satu aturan yang ada dalam table setting. Misalnya untuk air mineral akan dituangkan pada water goblet, yakni gelas yang mirip dengan piala.

Sedangkan untuk jenis minuman lainnya seperti anggur, maka menggunakan gelas khusus bernama red wine glass bertangkai sedang dan white wine glass berukuran lebih kecil. Lalu untuk minuman teh dan kopi memakai gelas yang memiliki alas.

3.      Mangkuk

Peralatan selanjutnya dalam table setting adalah mangkuk. Untuk jenis mangkuk ini juga jumlahnya sangat banyak, namun yang paling sering digunakan adalah jenis mangkuk sup. Baik untuk jenis sup bening maupun krim, jenis mangkuk yang dipakai masih sama. Hanya saja yang membedakan adalah ukurannya.

4.      Sendok

Nah, peralatan sendok juga sangat banyak variasinya di dalam table setting. Pertama ada sendok makan dan sendok teh yang ukurannya saja sudah berbeda. Sebab, sendok cenderung lebih kecil daripada sendok makan.

Laku ada sendok sup yang memiliki gagang pendek dan ujungnya membulat. Ketika menyantap sup, jangan masukan semua bagian ujungnya, tetapi menyeruput dari satu sisi saja. Selain itu, masih ada dessert spoon sebagai alat makan untuk hidangan penutup dan biasanya disimpan di atas piring.

5.      Garpu

Jenis garpu juga juga cukup banyak untuk hidangan dalam table setting. Jika terdapat hidangan seperti kerang, maka jenis garpu yang disediakan berbentuk agak melengkung dan mengikuti bentuk cangkang agar mudah dimakan.

Selain itu, ada juga garpu yang digunakan untuk menyantap kue bernama dessert fork. Sedangkan untuk buah-buahan, ada garpu bernama fruit fork yang memiliki dua tusukan panjang dan pipih.

6.      Pisau

Terakhir ada pisau yang pastinya sering ada di dalam table setting. Perlu diperhatikan bahwa jenis pisau yang dipakai pada jamuan resmi sangat berbeda dengan jenis pisau dapur. Sebab, semuanya bergantung pada jenis hidangan yang disajikan.

Contohnya ada butter spreader yang merupakan variasi pisau paling kecil. Fungsi pisau ini adalah menyebarkan mentega di atas roti. Lalu ada dinner knife yang merupakan jenis pisau untuk hidangan utama. Berikutnya ada fish knife yang memiliki ujung runcing dengan lekukan halus serta dessert knife yang ujungnya lebih tumpul.

Demikian pengertian dari table setting dan berbagai alat-alat yang dibutuhkan. Dari ulasan di atas, kita bisa melihat bahwa berbagai alat makan yang selama ini kita temukan di restoran memiliki banyak jenisnya.

Oleh sebab itu, jika kamu berencana membuka usaha restoran, khususnya kelas bintang lima, maka kamu perlu memperhatikan detail-detail kecil. Contohnya seperti table setting dan aturan-aturan di dalamnya. 

Leave a comment