Makan enak tidak harus mahal, lho. Street food atau makanan pinggir jalan juga tak kalah nikmat dan harganya sangat nyaman di dompet.

Rasanya lezat, kaya, dan harga murah selalu membuat orang ketagihan.

Street food juga tidak hanya terkenal di Indonesia, di berbagai negara lain, street food juga tidak kalah penggemarnya, bahkan ada beberapa street food yang terkenal di luar negara tersebut.

Berikut Ini Adalah Makanan – Makanan Pinggir Jalan Yang Dijamin Bikin Kamu Ketagihan

1. Cilok

Makanan Pinggir Jalansumber : pinterest

Cilok adalah kependekan dari aci dicolok. Disebut demikian karena dibuat dari aci alias tepung yang dicolok dengan tusuk sate.

Cilok bisa ditemukan di manapun dan banyak orang yang menggemari cemilan asal Bandung ini.

2. Sempol

Makanan Pinggir Jalansumber : cookpad

Sempol sangat populer di Malang. Sempol terbuat dari campuran ayam giling dengan tepung tapioka dan bumbu-bumbu lain, kemudian dibentuk bulat memanjang lalu ditusuk dengan batang bambu sate. Kemudian, adonan dicelup telur dan digoreng.

3. Timpan

Makanan Pinggir Jalansumber : nusadaily

Makanan yang berasal dari Aceh ini terbuat dari pisang dan ketan sebagai bahan utama, kemudian dibungkus dengan daun pisang. Dari dua bahan utama tersebut, rasa gurih dan manis bercampur menghasilkan rasa yang lezat.

4. Rujak Natsepa

Makanan Pinggir Jalansumber : kumparan

Yang unik dari makanan ala daerah Ambon ini yaitu bahannya didapat dari buah-buahan seperti mangga, kedondong, belimbing, jambu air, dan bisa juga nanas.

Bumbunya terbuat dari kacang goreng, gula aren, asam, dan garam yang dihaluskan. Adanya ubi jalar juga menjadi keunikan dari rujak natsepa.

5. Okonomiyaki

Makanan Pinggir Jalansumber : whereismyspoon

Beralih ke Jepang, makanan yang disebut sebagai ‘pancake Jepang’ ini terbuat dari adonan tepung terigu yang digoreng di atas teppan, ditambah irisan kol, olahan laut, ikan, telur ayam, daging sapi, atau daging babi.

6. Onigiri

Makanan Pinggir Jalansumber : kompas

Street food lain dari negeri Sakura yaitu onigiri adalah nasi kepal berbentuk segitiga dan dibungkus rumput laut atau nori. Onigiri berisi macam-macam, mulai dari ayam, ikan, daging, dan sayur-sayuran.

Onigiri juga mudah ditemukan di Indonesia, seperti di minimarket pinggir jalan.

BACA JUGA : Daftar Kuliner Online untuk Solusi Pandemi

7. Tteokbokki

Makanan Pinggir Jalansumber : kompas

Pindah ke Korea, tteokbokki merupakan kue beras dengan saus bumbu pedas. Ada juga tteokbokki yang disajikan dengan bumbu kecap yang manis.

Tteokbokki juga bisa disajikan bersama ramen, mi instan ala Korea. Kamu sudah pernah coba?

8. Hotteok

Makanan Pinggir Jalansumber : pinterest

Masih camilan khas negeri ginseng, hotteok sering disebut-sebut dalam drama Korea. Hotteok mirip dengan roti goreng, berbentuk bulat pipih.

Kue khas Korea ini terbuat dari adonan pancake dan diisi dengan campuran gula coklat, madu, dan kacang-kacangan.

9. Cimol

Cimol Makanan Pinggir Jalan Favoritsumber : theAsianparent

Siapa yang tidak tahu cimol? Pasti tidak banyak dari kalian. Cimol merupakan salah satu jajanan yang paling digemari di Indonesia. Jajanan yang berasal dari Bandung ini merupakan perpaduan antara tepung kanji dan terigu yang kemudian dibentuk bulat, lalu digoreng. Tekstur yang kenyal beserta tambahan bumbu yang gurih membuat jajanan yang satu ini begitu digemari oleh semua kalangan!

Tidak hanya kelezatannya yang membuat cimol begitu populer, namun juga mudahnya jajanan ini didapatkan di jalanan. Tingginya minat dan permintaan masyarakat terhadap cimol membuat kuantitas penawarannya pun tinggi.

10. Lumpia

lumpia Makanan Pinggir Jalan Favoritsumber : Resep Istimewa

Makanan yang satu ini merupakan jajanan tradisional khas Tionghoa dan merupakan kuliner khas dari Semarang. Selain rasanya yang enak dan murah, makanan pinggir jalan yang satu ini juga memiliki isian yang sehat.

Itulah makanan pinggir jalan atau street food yang enak, murah, dan wajib dicoba.

Harga makanan pinggir jalan memang murah, tetapi terkadang disitulah letak ciri khas makanan dari suatu negara.

Era globalisasi membuat makanan dari luar mudah masuk ke Indonesia, juga makanan Indonesia dikenal di berbagai negara lain, seperti onigiri dari Jepang yang kini pastinya tidak asing di telinga kita orang Indonesia.

Meskipun demikian, tetap cintai produk asli Indonesia ya!

Leave a comment