Menjalankan sebuah bisnis memang tidaklah mudah. Baik bisnis restoran ataupun retail, saat membuat rekap orderan tentu menjadi tantangan tersendiri. Di proses rekap orderan itulah kita terkadang menemukan selisih transaksi yang mengakibatkan kerugian. Belum lagi kita harus mengorbankan tenaga, waktu, dan pikiran saat melakukan rekap orderan.

Namun, kini berkat perkembangan teknologi kamu bisa melakukan rekap orderan secara effortless. Kini kamu tidak perlu lagi pusing saat melakukan rekap orderan atau bahkan hingga merasakan stress berlebihan, karena kini sudah banyak vendor yang menawarkan teknologi aplikasi kasir yang bisa membantu operasional bisnis. Aplikasi kasir sendiri bukan hanya membantu dalam rekap orderan, namun juga operasional bisnis lainnya seperti mengelola inventory, membuat laporan keuangan, hingga metode pembayaran non tunai.

Saat ini sudah banyak vendor aplikasi kasir yang bisa membantumu dalam melakukan rekap orderan yang tersedia di pasaran. Lalu bagaimana cara memilih aplikasi rekap orderan yang tepat guna? Berikut 5 tips singkat yang bisa kamu cermati agar tidak salah dalam memilih aplikasi kasir.

BACA JUGA : 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Menjadi Wirausaha Kuliner

1. Sesuai dengan kebutuhan bisnis

Setiap aplikasi tentu menawarkan banyak fitur yang bisa kamu gunakan untuk memudahkan rekap orderan setiap penjualan kamu. Namun kamu perlu cermat dan teliti dalam memilih aplikasi yang benar-benar memiliki fitur yang kamu butuhkan. Kamu harus tentukan dulu kebutuhan dari bisnis kamu apa aja. Nah, dari situ kamu bisa memilih fitur berdasarkan kebutuhan usaha kamu karena tidak semua fitur dibutuhkan oleh setiap usaha. Jangan sampai kamu membayar lebih untuk fitur yang ternyata tidak kamu butuhkan.

2. Mudah dalam pengoperasian 

Secanggih apapun aplikasi jika operasionalnya rumit pasti akan menyulitkan aktivitasmu. Alih-alih memudahkan pekerjaan malah bikin pusing. Kamu harus cari aplikasi yang menyediakan layanan informasi untuk menyediakan berbagai informasi berkaitan dengan penggunaan aplikasi tersebut. Satu lagi yang penting bagi kamu untuk mencari aplikasi yang user friendly, maksudnya aplikasi tersebut bisa digunakan dengan mudah dan kamu bisa mengakses semua fitur dengan mudah dan cepat.

3. Keamanan Terjamin

Dalam menjalankan bisnis, tentu akan begitu banyak data dan informasi penting yang harus dijaga keamanannya. Bukan hanya terkait keamanan informasi, juga tidak kalah penting adalah keamanan aset perusahaan. Kamu bisa memilih aplikasi kasir yang menyediakan fitur pencatatan stok barang dan fitur integrasi ke semua penjualan kamu dengan begitu kamu bisa mengontrol stok barang masuk dan keluar. Selain itu, pilih aplikasi yang menggunakan aplikasi POS berbasis cloud, sehingga kamu bisa merasa aman dan dapat mengontrol keuanganmu kapanpun dan di manapun.

4. Customer Service yang Responsif

Bukan hal yang mustahil jika aplikasi yang kamu pilih bisa mengalami error kapanpun. Maka dari itu kamu bisa memilih aplikasi kasir yang didukung customer service dengan pelayanan yang cepat, tanggap, dan responsif. Tujuannya agar masalah kamu bisa teratasi dengan cepat dan jika ada masalah yang terjadi lagi, kamu dapat dengan cepat melaporkannya dan dengan cepat juga mendapatkan bantuan. Sehingga aktivitas bisnis kamu tidak sampai terganggu secara signifikan.

5. Tersedia berbagai metode pembayaran

Jaman sekarang orang lebih memilih melakukan transaksi secara non tunai atau biasa disebut dengan pembayaran digital. Maka dari itu, pilih aplikasi yang mencakup semua metode pembayaran karena semakin beragam metode pembayaran maka semakin praktis juga konsumen kamu membayar dan dengan cepat mendapatkan produk kamu.

Salah satu aplikasi rekap order yang terbaik adalah POS Lite by ESB. Aplikasi POS yang merupakan bagian dari ESB POS ini dirancang khusus untuk industri F&B.  Sebagai aplikasi kasir, POS Lite by ESB memungkinkan kamu untuk merekap orderan secara instan namun juga rapi dan akurat hanya dengan satu aplikasi.  POS Lite by ESB sudah memiliki teknologi untuk melindungi aset bisnis kamu  dari fraud. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga sudah terhubung dengan Banking API, sehingga proses pembayaran menjadi lebih mudah & aman. Dalam segi metode pembayaran, POS Lite by ESB juga sudah mendukung berbagai digital payment seperti OVO, GoPay, ShopeePay, FasPay, Xendit, Dana, dan sebagainya.

Demikian pemaparan singkat mengenai tips dalam memilih aplikasi rekap orderan yang tepat guna bagi bisnismu. Perhatikan semua tipsnya, cocokkan dengan kebutuhanmu, dan teliti semua vendor penyedia aplikasi sebelum kamu memilih, ya!

Leave a comment