Berpuasa seharian seringkali membuat orang kalap menyantap makanan berlebihan saat berbuka. Alih-alih jam makan berkurang, justru berat badan menjadi semakin tak terkontrol karena asupan makanan yang tidak terkendali.

Meski sedang berpuasa, kamu tetap bisa menjalankan program diet dengan sehat dan aman lho! Salah satu upaya yang bisa kamu lakukan adalah mengonsumsi menu yang rendah kalori namun tetap kaya akan gizi untuk memenuhi kebutuhan tubuhmu. Berikut adalah beberapa menu diet saat puasa yang bisa kamu konsumsi untuk sahur maupun berbuka ketika berpuasa!

1. Steak Sehat

Steak diet untuk buka puasasumber : Hungry Girl

Menu steak bisa kamu pilih sebagai menu sahur, kandungan kaya protein dari steak bisa bermanfaat sebagai sumber energi di siang hari ketika berpuasa. Usahakan daging yang kamu olah tersebut sekitar 60 gram atau setara dengan 200 kalori. Bumbunya bisa kamu buat sendiri atau menggunakan bumbu steak kemasan yang bisa dibeli di swalayan.

Sebagai pelengkap, kamu bisa mengonsumsinya dengan kentang yang direbus atau dipanggang bersama dengan kulitnya. Tambahan sayur rebus seperti wortel, jagung, dan juga buncis bisa dipilih untuk memperkaya gizi menu sahurmu.

2. Oatmeal 

Oatmeal untuk buka puasasumber : Alodokter

Salah satu kunci dalam memilih menu diet saat puasa adalah mengganti karbohidrat dari nasi dengan sumber lainnya. Salah satunya adalah dengan oatmeal yang merupakan makanan berasal dari tumbuhan serealia yang cukup mengenyangkan. Oatmeal biasanya dicampurkan dengan buah-buahan atau kacang-kacangan sebagai topping pelengkap.

Sebagai menu saat berpuasa, kamu bisa menyajikan menu oatmeal daging. Dagingnya bisa berasal dari daging panggang atau rebus untuk menghindari minyak. Lengkapi juga dengan telur dadar yang dimasak bersama bayam merah dan kacang merah yang direbus. Agar proses pencernaan tetap berjalan baik, mengonsumsi buah apel dan pisang akan sangat berguna.

3. Ayam Panggang dan Pepes Tahu

ayam panggang sebagai menu diet saat puasasumber : Reseppedia

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa menu diet saat puasa sebaiknya menghindari penggunaan minyak goreng. Ayam panggang bisa kamu pilih untuk dikonsumsi sebagai makanan berbuka. Kamu bisa menggunakan bagian daging ayam tanpa kulit, hal ini untuk mengurangi kandungan kalori di dalamnya namun tetap dapat melengkapi kebutuhan nutrisi tubuhmu.

Selain ayam panggang, kamu bisa mengonsumsinya bersamaan dengan pepes tahu. Jangan lupa memilih nasi merah sebagai pengganti nasi putih. Konsumsi buah dan sayur juga akan semakin menyehatkan dietmu.

4. Pindang Bacem

menu saat puasa telur pindang bacemsumber : Resep Kue Renyah

Setelah berpuasa sehari penuh, rasanya butuh asupan yang lengkap dan nikmat. Tapi jangan berlebihan karena bisa menggagalkan program diet puasa yang kamu jalani. Ingat, porsi yang kamu makan harus disesuaikan dengan usaha dietmu.

Lauk yang bisa dipilih misalnya ikan pindang dan tempe bacem, masing-masing sekitar 50 gram. Jangan lupa menambahkan sayuran sebagai pelengkap, misalnya tumis buncis tauge tahu. Lalu lengkapi dengan nasi merah. Agar lebih menyehatkan, konsumsi satu buah apel sebelum menyantap makanan utama.

5. Pecel

nasi pecel untuk buka puasasumber : Detik Food

Ada salah satu makanan tradisional yang bisa dijadikan sebagai menu berbuka puasa. Rasanya enak tapi cocok untuk orang yang sedang menjalani diet. Makanan yang dimaksud adalah pecel.

Pecel adalah campuran sayur yang disajikan dengan bumbu kacang. Sayuran yang biasa digunakan berupa kacang panjang, bayam, tauge, wortel, sawi, timun, labu siam, dan toge yang dipotong-potong dan direbus. Biasanya dilengkapi juga dengan telur dan tahu-tempe. Sayuran yang beragam ini diolah seperti salad namun menggunakan bumbu kacang. Satu porsi pecel sudah cukup dijadikan makanan yang mengenyangkan namun menyehatkan.

Menu-menu di atas bisa kamu sesuaikan dengan selera, kamu bisa mevariasikan dengan menu tambahan lainnya agar hidangan kamu semakin lezat. Tapi jangan lupa untuk memperhatikan kalori yang kamu konsumsi agar dietmu berjalan lancar. Meski berpuasa, asupan yang masuk dalam tubuh kita harus tetap diperhatikan agar kamu tetap bisa beraktivitas normal dan tetap  sehat.

Leave a comment