Memulai usaha di masa pandemi memang membutuhkan strategi yang tepat agar bisnis dapat berjalan optimal. Salah satu bisnis yang berpotensi besar dijalankan di masa pandemi adalah usaha kuliner. Ada beragam ide yang bisa kamu coba mulai dari makanan berat, minuman, hingga camilan ringan. Makan dan minum merupakan kebutuhan primer yang dibutuhkan oleh semua orang, tak heran jika usaha kuliner seolah menjadi usaha yang begitu menjanjikan untuk ditekuni. Ulasan kali ini akan memberikan deretan ide usaha kuliner yang menguntungkan untuk kamu coba jalankan di masa pandemi. Apa sajakah itu? Simak selengkapnya yuk!

  1. Katering Makanan Sehat

usaha katering makanan sehat di era pandemisumber: hipwee

Kondisi pandemi menumbuhkan lifestyle hidup sehat di tengah masyarakat kita. Selain olahraga teratur dan istirahat cukup, pola asupan makanan menjadi faktor yang tidak boleh diremehkan. Hal ini membuat makanan sehat sangat diminati masyarakat. Namun sayangnya, tidak semua orang memiliki waktu untuk memasak dan menyiapkan makanan sehat setiap harinya. Kondisi ini yang membuat para pelaku bisnis memanfaatkan kesempatan untuk membuka usaha katering makanan sehat. Tidak sedikit macam katering yang sudah cukup beredar dan dikenal masyarakat. Meski dijual cukup mahal, makanan sehat sangat diminati oleh mereka yang peduli akan kesehatan. Kamu bisa membuka katering makanan sehat dan memasak sesuai pesanan yang ada. Dengan cara pre-order, kamu tidak memerlukan banyak modal dan tidak perlu takut rugi karena makanan tak laku terjual. Jangan lupa melakukan inovasi variasi menu dan kualitas rasa agar bisnis katering kamu bisa bersaing!

BACA JUGA: 5 Aplikasi F&B Service yang memudahkan Operasional Restoran

  1. Frozen Food

usaha frozen food di era pandemisumber: kompas

Sudah hal yang umum di era seperti ini masyarakat menyukai hal-hal yang praktis dan instan. Di tengah segudang aktivitas dan kesibukan, kebutuhan makan tetap harus dipenuhi. Berangkat dari hal ini bisnis frozen food melaju dengan pesat. Mereka yang berbisnis di frozen food pada masa pandemi mengaku mengalami peningkatan penjualan. Sistem yang digunakan ada pengusaha ke pengusaha (reseller) atau menjual langsung ke konsumen. Frozen food yang bisa kamu jual dapat berupa olahan daging ayam ataupun sapi seperti nugget, sosis, dan kornet. Bisa juga makanan ringan seperti batagor, seblak, cuanki, dan aneka olahan aci lainnya. Bisnis frozen food juga sangat mudah dipasarkan karena peminatnya yang cukup banyak dan menyebar di berbagai daerah. Kamu bisa membuat strategi marketing yang mumpuni untuk menarik minat masyarakat.

  1. Minuman Kesehatan

usaha minuman kesehatan di era pandemisumber: timesnownews

Tidak hanya makanan, usaha minuman kesehatan juga sangat diminati masyarakat di tengah Pandemi. Beberapa minuman kesehatan, seperti jamu dan minuman herbal lainnya dalam kemasan botol cukup banyak menarik pembeli. Pasalnya, selain sehat minuman-minuman tersebut juga tidak banyak orang yang mau membuat sendiri di rumah. Jadi, hidup sehat pun bisa menjadi lebih praktis dengan minuman kesehatan siap minum. Jangan lupa untuk kreatif dalam mengolah menu, sehingga meskipun minuman sehat tetap memiliki cita rasa yang enak dan menyegarkan. Dengan begitu pelanggan kamu akan semakin setia deh!

  1. Camilan Ringan

usaha cemilan ringan di era pandemisumber: healthdigest

Wah kerja seharian rasanya mulut tidak enak jika tidak mengunyah. Makan terus juga tidak mungkin, maka camilan ringan jadi solusinya. Tren hidup seperti ini menjadi kesempatan emas untuk menjual bisnis camilan ringan. Pasalnya, aneka camilan seperti makaroni, kue kering, kacang-kacangan cukup banyak digemari. Tak perlu repot-repot belajar memproduksi camilan. Kamu bisa membeli campilan kiloan yang banyak dijual di pasaran, kemudian mengemas ulang dan menjualnya. Kemasan bisa kamu variasikan sekreatif dan semenarik mungkin. Kemasan premium bahkan dinilai bisa meningkatkan harga jual produkmu! Untuk usaha ini tidak perlu memiliki modal besar, tapi jualan dijamin untung banyak. Dengan begitu, tidak heran kan usaha ini masuk ke dalam daftar usaha kuliner yang menguntungkan di era pandemi ini.

  1. Kopi Kekinian

usaha kopi kekinian di era pandemisumber: TREATT

Banyak masyarakat yang memilih kopi sebagai teman kerja atau belajar di rumah. Tidak hanya di rumah, di kantor pun tidak jarang mereka membawa kopi untuk dinikmati selagi menyelesaikan tumpukan pekerjaan. Belum lagi jika harus begadang mengejar deadline. Inilah alasan mengapa kopi kekinian banyak diminati masyarakat belakangan ini dan menjadi ide bisnis makanan yang menjanjikan. Pasalnya, kopi kekinian yang cenderung manis bukan pahit cocok dijadikan teman bersantai maupun bekerja dimanapun. Dalam rangka memenuhi selera lidah pecinta non-kopi, variasi menu selain kopi seperti coklat ataupun green tea juga bisa menjadi tambahan dalam menu bisnis kamu.

Nah, lalu bisnis manakah yang akan kamu pilih? Tentunya sebelum memulai bisnis kamu harus melihat potensi dan peluang manakah yang paling besar. Termasuk dalam menyesuaikan kemampuan ekonomi pasar dan harga jual produk yang akan kamu jual. Jangan lupa juga untuk kreatif dalam menyusun dan melakukan strategi marketing, agar bisnis kamu dapat berekspansi seluas mungkin menjangkau berbagai lini. Jika bukan sekarang, kapan lagi? Selamat mencoba!

 

Leave a comment