Resep Ayam Betutu merupakan salah satu masakan andalan dari daerah Bali. Provinsi Bali ini termasuk dalam salah satu dari banyaknya pulau di Indonesia yang sering kali dikunjungi oleh para wisatawan, baik dari dalam maupun dari luar negeri.

Bali menjadi tempat yang memiliki kebudayaan masih cukup kental sekali, banyak pula terdapat tempat wisata asri. Selain itu juga, bali memiliki beragam jenis makanan kuliner yang menggugah selera.

Masakan ayam betutu ini merupakan salah satu dari jenis makanan khas dari pulau dewata Bali yang sangat terkenal karena perpaduan rempah – rempah dan bumbu begitu meresap ke dalam masakan. Hasilnya adalah cita rasa dari masakan ayam betutu ini sangat lezat.

Resep Ayam Betutu Khas Pulau Dewata Kaya Akan Rempah – Rempah

Ayam Betutu Khas Pulau Dewata

sumber : freepic

Resep ayam betutu ini memiliki ciri khas tersendiri yaitu bumbu atau pun rempah – rempah yang digunakan ini banyak sekali jenisnya.

BACA JUGA : Diet Defisit Kalori, Cara Ampuh Turunkan Berat Badan

Hal tersebut yang akan membuat masakan ayam betutu ini memiliki cita rasa yang begitu lezat karena bumbu akan masuk dan meresap ke dalam daging ayam yang sudah Anda gunakan.

Bumbu dari masakan ayam betutu ini terdiri dari dua jenis yang bisa Anda pilih dan digunakan, seperti bumbu wewangenan dan juga bumbu genep.

Untuk jenis bumbu wewangenan ini terdiri dari merica putih dan merica hitam, cengkeh, pala, kemiri, menyan, ketumbar, tabia bun, kulit jeruk purut, bangle dan juga jangu.

Sedangkan untuk jenis bumbu genep sendiri terdiri dari kemiri, kencur, bawang merah dan bawang putih, lengkuas, jahe, kunyit, cabai rawit, jahe, gula merah, serai, daun salam, daun limau dan juga minyak kelapa.

Bumbu – bumbu di atas ini terlebih dahulu akan dihaluskan, kemudian ditumis dan dilumuri ke bagian kulit ayam dan juga bagian dalam ayam yang sudah Anda pilih.

Sesuai dengan namanya betutu karena dalam bahasa Bali memiliki arti yaitu pencampuran antara rempah – rempah tertentu.

Begini Cara Memasak Ayam Betutu Mudah Dilakukan

Resep ayam betutu

sumber : idn times 

Selain memiliki berbagai jenis rempah – rempah dalam resep ayam betutu, cara memasak dari kuliner khas Bali ini mempunyai keunikan tersendiri.

Untuk bisa menikmati masakan dari ayam betutu, olahan daging ayam segar bisa Anda buat dengan cara digoreng, dikukus ataupun dipanggang, menyesuaikan dengan kesukaan Anda saja.

Olahan daging ayam yang akan digunakan ini nantinya bisa Anda letakkan dalam sebuah sekam dan langsung ditutup dengan memakai bara api.

Selanjutnya, seluruh bumbu akan ditaburkan dan dimasukkan ke dalam perut ayam. Lalu, ayam nanti dibungkus menggunakan daun pisang lengkap beserta dengan pelepahnya.

Ayam yang sudah Anda bungkus ini lalu ditanam ke dalam tanah dan ditutup dengan bara api dan juga sekam. Untuk proses pembuatan ayam betutu ini memakan waktu yang relatif lama.

Resep ayam betutu memang menjadi salah satu kuliner andalan di pulau dewata, bagi Anda yang ingin mencoba pun bisa langsung menerapkannya di rumah. 

Leave a comment