Momen Idul Adha identik dengan penyembelihan hewan kurban seperti sapi atau kambing. Mulai dari di daerah perkampungan, pedesaan, masjid, instansi, maupun perusahaan. Nah, hewan kurban yang telah disembelih ini biasanya dagingnya akan dibagikan kepada warga sekitar maupun panitia yang terlibat. Sehingga tidak jarang satu keluarga bisa mendapatkan berkilo-kilo daging kurban dalam sehari. Masalahnya adalah daging kurban sebanyak itu tidak mungkin dihabiskan dalam satu waktu dan akan disimpan di kulkas untuk diolah selanjutnya.

Penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara menyimpan daging kurban di kulkas agar awet dan tidak membusuk. Sayang sekali bukan jika salah penyimpanan malah daging yang kita simpan tidak bisa dinikmati karena telah membusuk. Biasanya daging busuk ditandai dengan perubahan warna disertai bau busuk yang menyengat. Simak ulasan berikut untuk mengetahui cara melakukannya dengan benar!

BACA JUGA : Beberapa Tugas Supervisor Restoran Dalam Manajemen Bisnis F&B

Jangan Cuci Daging yang Akan Disimpan

Hayo siapa yang saat mendapat daging kurban langsung dicuci menggunakan air wastafel atau lainnya? Mungkin mencuci daging adalah proses reflek yang dilakukan agar membuat daging yang disimpan menjadi bersih. Namun demikian justru hal ini bisa mengurangi kualitas daging. Daging kurban yang dicuci kemudian disimpan di dalam kulkas akan membuat bau tak sedapnya semakin kuat. Selain itu, air yang menyerap ke dalam daging membuat kualitasnya menurun. Jadi saat menerima daging kurban, langsung masukkan ke kulkas atau freezer saja ya!

Tempat Kedap Udara

Catatan yang kedua adalah dimasukkan ke wadah atau tempat kedap udara. Ketika disimpan di wadah kedap udara yang memiliki stkamur pangan, maka kualitas dan higienitas daging bisa tetap terjaga. Selain itu langkah ini juga dapat mencegah kulkas kamu menjadi berbau khas daging yang dapat mengganggu cita rasa makanan atau minuman lainnya. Terlebih jika kulkas yang kamu gunakan bukan kulkas khusus daging.

Pindah dari Freezer ke Rak Khusus Daging

Meski akan susah dilakukan jika keterbatasan alat atau fasilitas di rumah, namun cara ini merupakan salah satu upaya cara menyimpan daging kurban di kulkas. Ketika daging yang disimpan di dalam freezer akan diolah, jangan langsung letakkan di udara terbuka. Pindahkan ke rak khusus daging yang biasanya berada di bawah freezer, dan biarkan mencair perlahan.

Sebelum Disimpan, Potong Dahulu

Terkadang karena terlalu banyaknya daging yang diterima dalam satu hari, kita memilih langsung menyimpan daging tanpa memotong-motongnya. Ternyata ini kurang baik lho! Cara menyimpan daging kurban di kulkas adalah sebelum menyimpan daging di wadah kedap udara, terlebih dahulu potong daging dengan porsi yang sudah direncanakan. Selain bisa menghemat tempat, hal ini juga akan memudahkan kamu ketika akan mengolah daging setelah dari freezer.

Suhu Minus 18 Derajat Celcius

cara menyimpan daging kurban di kulkas yang terakhir adalah gunakan suhu dingin agar daging lebih awet. Direkomendasikan untuk menyimpannya di freezer dengan suhu minus 18 derajat Celcius. Suhu ini akan membekukan daging dan menidurkan bakteri di dalam daging, sehingga daging menjadi lebih awet.

Nah, itu dia 5 poin penting bagaimana cara menyimpan daging kurban di kulkas agar daging yang kamu simpan bisa lebih tahan lama dan tidak mudah busuk. Dengan begitu, tak perlu khawatir lagi jika saat momen Idul Adha nantinya kamu menerima daging yang begitu banyak.

Leave a comment